Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga Terbaru

Beberapa kali meraih penghargaan mobil terbaik jadi bukti Suzuki Ertiga layak untuk dimiliki. Mobil ini menawarkan akomodasi 7 penumpang dengan kenyamanan yang sangat diakui. Lantas, apa kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga terbaru?

Sekilas Suzuki Ertiga

kelebihan dan kekurangan suzuki ertiga

Dibanding Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, usia Suzuki Ertiga jauh lebih muda. Ertiga diluncurkan tahun 2012, sedangkan Avanza – Xenia diluncurkan akhir 2003. Meski demikian Ertiga berhasil mengambil hati konsumen. Mobil ini salah jadi model Suzuki dan mobil keluarga terlaris di tanah air.

Tahun 2018 rombakan total dilakukan. Suzuki Ertiga generasi kedua atau All New Ertiga hadir dengan body lebih besar, desain eksterior interior lebih kekinian, serta mesin lebih bertenaga. Soal kenyamanan tetap dipertahankan. Suzuki Ertiga masih diakui sebagai mobil ternyaman di kelasnya, baik untuk penumpang dewasa maupun anak-anak. 
Ada 3 varian utama yang saat ini ditawarkan kepada konsumen dengan GX sebagai yang tertinggi. Apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga terbaru tersebut? Simak ulasannya berikut! Silakan lihat artikelnya kelebihan dan kekurangan suzuki ertiga

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Terbaru

kelebihan dan kekurangan ertiga

Kelebihan Suzuki Ertiga

Desain kekinian

Urusan selera memang subjektif. Dan untuk Suzuki Ertiga terbaru diakui atau tidak, lebih kekinian dibanding model lama. Dibanding model lain di kelasnya juga tak kalah menarik. Tampilan depannya terlihat premium dan dari belakang terlihat sporty.
Dibanding model lama Ertiga sekarang punya postur lebih besar. Dimensinya 4.395 x 1.735 x 1.690. lebih panjang 13 cm lebih lebar 4 cm dan lebih tinggi 5 mm. Jarak sumbu rodanya sama, yaitu 2.740 mm dan ground clearancenya turun 5 mm menjadi 180 mm.
Grill depannya warna chrome terlihat premium. Desain lampunya tak lagi besar bertepi lengkung, tapi lebih pipih. Lampu utamanyanya projector yang lebih terang, lebih fokus, namun tidak menyilaukan. Desain bumpernya sporty dengan foglamp berbalut bezel kombinasi warna doff dan sewarna bodi.
Dari samping desain sportynya lebih terlihat dengan model velg dual tone yang keren. Pilar B, dan C diblackout. Bagian atas pilar D juga dibikin warna hitam sehingga terlihat menyambung dengan jendela belakang. Atap jadi terlihat floating.
Di bagian belakang lampu utamanya membentuk huruf L dengan garis ke atas. Di atas ada spoiler dengan high mount stop lamp. Jendela terdapat garis-garis defogger dengan tepian dibikin warna hitam.

Mobil ternyaman

Salah satu penghargaan yang diterima Suzuki Ertiga yaitu Best Cabin Insulation 2018 atau mobil dengan kabin ternyaman. Bukan tanpa alasan, mobil ini memiliki posisi mengemudi yang pas meskipun setir belum memiliki pengaturan teleskopik. Desain dashboardnya juga enak dilihat. Ada aksen-aksen kayu yang membuatnya tampak mewah.
Di bagian tengah konsol depan terdapat cup holder dengan ventilasi AC. Ini istimewa untuk karena bisa menjaga minuman tetap dingin selama berkendara.
Ruang penumpang baris kedua lapang dengan pengaturan kursi maju mundur. Sandaran bagian tengah bisa diturunkan dan difungsikan sebagai armrest saat tidak dipakai duduk. Kursi paling belakang meski tidak bisa dimaju mundurkan, namun masih nyaman untuk penumpang berpostur tinggi. Di baris ketiga ini sudah dilengkapi cup holder sisi kiri dan kanan.
Untuk memuat barang bawaan ada bagasi berukuran cukup luas. Jika masih kurang bisa ditambah dengan melipat kursi baris ketiga sehingga lantai terlihat rata.

Kabin senyap

Kabin Suzuki Ertiga cukup kedap suara, dalam artian suara maupun getaran suara mesin sangat minim. Begitupun dengan road noise maupun suara atap saat hujan juga minimalis.

Mesin bertenaga dan irit

Suzuki Ertiga terbaru dibekali mesin bensin K15B  1500 cc, 4 silinder, 16 katup, DOHC, VVT dengan tenaga maksimum 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm. 
Mesin ini lebih bertenaga dibanding Ertiga lama yang bermesin K14B 1400 cc yang bertenaga maksimum 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada 1.400 rpm. Selain bertenaga mesin juga irit BBM serta sudah sesuai dengan standar Euro 4. 

Harga sangat terjangkau

Harga Suzuki Ertiga cukup terjangkau di kelasnya. Harga termahalnya hanya Rp 269.800.000. Lebih rendah dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Mitsubishi Xpander. Namun lebih tinggi dari Honda Mobilio dan Wuling Confero S.
Toyota Avanza harga tertingginya Rp 295.800.000, Mitsubishi Xpander Rp 303.100.000, Daihatsu Xenia Rp 274.100.000, Honda Mobilio Rp 229.900.000, dan Wuling Confero S Rp 220.300.000. 
Suzuki Ertiga sendiri punya 5 varian di tanah air, yaitu:

Varian 

Harga 

All New Ertiga GA – MT

Rp 224.100.000

All New Ertiga GL – MT

Rp 244.500.000

All New Ertiga GL – AT

Rp 255.100.000

All New Ertiga GX – MT

Rp 258.800.000

All New Ertiga GX – AT

Rp 269.800.000

>>> Baca juga Harga Suzuki Ertiga bekas

Kekurangan mobil Ertiga

Bentuk head unit kurang menarik

Secara mayoritas desain dashboardnya terlihat mewah. Kecuali head unitnya yang kurang menarik. Bingkainya terlihat besar serta terlalu menonjol dari dashboard. Banyak yang bilang seperti head unit jadul. Namun, buat Anda yang lebih mengutamakan fungsi dibanding fisik, hal ini tidak jadi masalah. Terlebih head unitnya sudah layar sentuh dan cukup responsif. 

Belum dilengkapi Apple CarPlay dan Android Auto

Sayang juga head unit Suzuki Ertiga belum dilengkapi Apple CarPlay dan Android Auto. Padahal fitur tersebut sudah sangat umum untuk mobil-mobil jaman now. 
Bagian tengah kursi baris kedua tanpa headrest
Dari 7 kursi yang disediakan, kursi baris kedua bagian tengah belum dilengkapi headrest. Jadi khusus penumpang yang duduk di situ berkurang sisi kenyamanan dan lebih berisiko keselamatannya. 

Kesimpulan

Itulah diantara kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga terbaru (GX). Silahkan menentukan, apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhan dan selera sehingga layak Anda miliki.

>>> Baca juga: kelebihan dan kekurangan toyota calya

Spesifikasi All New Suzuki Ertiga 2022

kelebihan ertiga

interior Suzuki Ertiga 2022

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.395 x 1.735 x 1.690

Jarak Sumbu Roda (mm)

2.740

Ground Clearance (mm)

180

Mesin

Tipe Mesin

K15B, 4 silinder, 16 katup, DOHC, VVT

Isi Silinder

1.462 cc

Tenaga Maksimal/rpm

104,7 PS / 6.000 rpm

Torsi Maksimal/rpm

138 Nm / 4.400 rpm

Transmisi

Manual 5 speed / Otomatis 4 speed

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)

Handling

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Suspensi Depan

MacPherson strut with coil spring

Suspensi Belakang

Torsion beam with coil spring

Rem Depan

Cakram ventilasi

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban

185/65 R15

>>>  Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya di otomurah