Beragam Modifikasi Baleno Keren

Bosan dengan penampilan asli Suzuki Baleno, Anda bisa melakukan ubahan-ubahan kecil biar lebih menarik. Berikut beberapa modifikasi Baleno buat jadi referensi.

Bosan dengan penampilan asli Suzuki Baleno, Anda bisa melakukan ubahan-ubahan kecil biar lebih menarik. Berikut beberapa modifikasi Baleno buat jadi referensi.
Modifikasi mobil seperti tak ada matinya. Dari yang kecil-kecil hingga berskala besar. Seperti modifikasi Baleno. Beberapa pemilik memilih mendandani mobil legendaris Suzuki itu hingga penampilannya jadi berbeda.
Apakah modifikasi bisa bikin Suzuki Baleno tambah menarik? Jawabannya bisa. Tapi tergantung juga konsep ubahannya seperti apa, siapa yang mengerjakan, dan siapa pula yang menilai.

Sekilas Tentang Suzuki Baleno

Suzuki Baleno sudah ada di Indonesia sejak 1996. Kala itu masih berupa sedan. Bentuknya minimalis dan terlihat manis. Tahun 2000 Baleno diupdate. Versi facelift diluncurkan dengan ubahan utama bagian depan jadi lebih membulat dan lancip. Lampu utama diubah dari persegi panjang menjadi bentuk oval.
Tahun 2003 lahir Suzuki Baleno generasi kedua dengan sebutan Next-G. Desain luarnya makin cantik dengan lampu utama mengadopsi Suzuki Aerio. Fitur keselamatan mulai disematkan berupa sistem pengereman ABS dan EBD serta airbags.
Tahun 2008 lahir Suzuki Baleno generasi ketiga yang disebut Neo Baleno. Tampilan depannya mirip dengan SUV Suzuki SX4. Sayang, Neo Baleno tidak berumur panjang. Pada 2010 penjualan Baleno di tanah air resmi berakhir. Meski tidak lagi dijual versi barunya, Suzuki Baleno sedan masih jadi idola para pecintanya. Versi bekasnya masih banyak dicari untuk berbagai keperluan. Dari dipakai sehari-hari, hingga buat modifikasi.
Tahun 2017 Suzuki Baleno generasi keempat lahir. Bentuknya bukan lagi sedan, melainkan hatchback yang bukaan pintu bagasinya ikut mengangkat kaca bagian belakang.

Tampilan Suzuki New Baleno lebih cantik dari sebelumnya 

Secara keseluruhan Baleno versi ini berbeda dibanding Baleno sedan. Mulai dari dimensi, desain, fitur, mesin. Kecuali satu, yaitu nama Baleno itu sendiri.
Untuk Baleno hatchback mesin bensin 1373 cc, K14B, DOHC, VVT.  Tenaga yang dihasilkan mencapai 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada 4.200 rpm. Untuk transmisi tersedia manual 5 speed dan otomatis 4 speed.

Beragam Modifikasi Baleno

Sebenarnya Suzuki Baleno sudah dibikin semenarik mungkin pabrikan. Tapi ya kembali ke soal selera, beberapa pemilik memilih melakukan modifikasi agar tak seperti aslinya. Berikut ini beberapa contoh modifikasi Baleno yang terekspos di medsos.

1. Baleno Hellaflush 

Suzuki Baleno tampil dengan modifikasi Hellaflush

Suzuki Baleno tampil dengan modifikasi Hellaflush

Modifikasi terpopuler di Amerika ini juga bisa diaplikasikan pada Suzuki Baleno. Namanya Hell a Flush (dibaca: Hellaflush) dimana ban dibikin amblas masuk ke spakbor. Dari foto yang tersebar terlihat roda Baleno merah asal India amblas ke spakbor hingga batas velg. Walhasil bodi mobil jadi semakin dan hampir gasruk tanah.

Kalau Anda suka, Anda juga bisa menirunya. Pendekkan suspensi, ganti ban dengan tapak lebar, lalu ganti velg dengan yang lebih sporty. Biar makin eye catching tempelkan stiker yang matching dengan warna mobil. 

>>> Baca juga Ide modifikasi mobil apv

2. Baleno Off Road

Channel Youtuber asal India Santik Automotive pernah membuat render modifikasi Suzuki Baleno ala mobil off road menggunakan Photoshop. Bagian depan ditambahkan bumper offroad. Ban standar juga diganti ban Mud Terrain (MT) berukuran besar. Kemudian di bagian atap ditambahkan roof box untuk menyimpan barang bawaan ringan. Hasilnya menarik, tampilan Baleno jadi lebih gagah.

By the way, buat Anda yang ingin memodifikasi Baleno jadi mobil off road mesti memikirkan juga drivetrain-nya. Sebagai informasi Suzuki Baleno menggunakan sistem penggerak roda depan / Front Wheel Drive (FWD). Sistem ini punya kelemahan dalam menjelajah medan ekstrem seperti tanjakan tajam dan jalan berlumpur.

3. Baleno Full Black

Suzuki Baleno tampil serba hitam

Tidak ingin mengubah part, Anda bisa memainkan warna pada Suzuki Baleno Anda. Seperti akun Twitter @koseiHENTAIbot yang mengunggah modifikasi Baleno menjadi full black. 

Seluruh bagian kendaraan dibikin jadi hitam doff. Dari grill, velg, hingga kaca yang difilm hitam. Modifikasi ini membuat penampilan anggun Baleno berubah menjadi sangar dan galak.

>>> Baca juga mobil Suzuki Baleno bekas

4. Baleno Scissor Doors

Suzuki Baleno dengan pintu mirip Lamborghini

Suzuki Baleno dengan pintu mirip Lamborghini

Scissor Doors sudah menjadi ciri khas mobil Lamborghini. Ternyata bisa juga diaplikasikan pada Suzuki Baleno. Seperti Baleno merah ini yang langsung terlihat beda dengan pintu angkat tersebut. 

Agar tampilannya makin sporty ban standar pabrik diganti dengan dengan profil lebih besar. Velgnya juga diganti dengan velg aftermarket jari 10 warna black chrome.

5. Baleno Berotot

Modifikasi digital Suzuki Baleno jadi mirip sport car

Melalui akun Instagram @zephyr_designz, seniman otomotif asal India, Vishnu Suresh membuat modifikasi digital Suzuki Baleno. Bodinya masih bisa dikenali sebagai Suzuki Baleno dengan logo S dan grill yang dipertahankan. Namun untuk bagian bawah perubahannya sangat drastis. Bumper dibikin lebih ceper lengkap dengan splitter plus canard.
Dari samping ubahan besar ada di bagian fender dan ban. Suresh membuat over fender ukuran besar dengan profil ban besar pula yang membuat tampilan mobil lebih gambot. Bagian samping juga sama cepernya dengan bagian depan. So, mobil ini pasti gasruk jika melewati polisi tidur.

6. Baleno Ceper

Modifikasi lokal Suzuki Baleno ceper

Modifikasi Baleno tahun 2000-an ini tidak terlalu neko-neko, namun cukup eksotis. Menganut aliran Hellaflush profil bannya diganti dengan ban donat yang lebih besar dan amblas ke spakbor.
Untuk bodi terlihat bersih dengan warna kuning. Tidak banyak lekukan tajam, hanya bagian bawahnya dibikin ceper menyisakan beberapa sentimeter dari tanah.
Sejatinya masih banyak contoh modifikasi Baleno untuk Anda jadikan referensi, baik yang sedan maupun hatchback. Anda bisa mencarinya di internet.
Untuk melakukan modifikasi, Anda perlu menyesuaikan dengan tujuan Anda. Selain ongkos modifikasi tidak murah, ubahan yang kelewat jauh dari standarnya juga bisa menurunkan nilai jual kendaraan.

 >>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya di Otomurah