6 Tips Membeli Mobil Bekas Di Dealer Agar Dapat Pilihan Terbaik

Pilihan mobil bekas di dealer lebih beragam dibanding penjual individu. Namun Anda harus jeli, berikut 6 tips membeli mobil bekas di dealer agar mendapat pilihan terbaik!

Dari sisi manapun mobil baru lebih banyak kelebihannya dibanding mobil bekas. Selain lebih nyaman dikendarai perawatannya juga cenderung lebih murah dengan adanya promo gratis biaya jasa servis. Jika ada yang memberatkan adalah harganya lebih mahal. Karenanya masyarakat yang tidak mampu membeli karena dana terbatas lebih memilih membeli mobil bekas.

Anda yang mengalami hal demikian tidak perlu kecil hati. Alternatif ini sudah umum dan bukan sesuatu yang buruk.

Tips membeli mobil bekas di dealer

Tips Membeli Mobil Bekas

Jika mobil baru tidak terjangkau, mobil bekas bisa jadi alternatif

Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas di dealer. Diantaranya merek dan model bisa dipesan sesuai keinginan, seperti model tahun tertentu, serta memiliki jarak tempuh tertentu.

Unit biasanya juga telah disiapkan dalam kondisi terbaik. Eksteriornya dibikin bersih dan kinclong. Interiornya juga demikian dibikin bersih, bila ada yang kurang rapi bakal dirapikan dan dikembalikan seperti sedia kala.

Surat-surat kendaraan lengkap, serta pembayaran tidak harus tunai. Sebagian besar dealer mobil bekas kini menerima pembayaran secara kredit.

Meski demikian Anda harus jeli sebelum memutuskan membeli agar mendapat pilihan terbaik dengan harga yang terbaik pula. Berikut 6 tips membeli mobil bekas di dealer yang perlu diperhatikan.

1. Bekali diri dengan informasi

Sebelum ke dealer mobil bekas sebaiknya Anda bekali diri dengan informasi-informasi penting. Seperti model yang dibutuhkan, dealer tempat membeli, hingga harga pasaran model yang dipilih.

Dengan bekal informasi, Anda memiliki sedikit gambaran sehingga tidak mudah tergoda oleh rayuan sales serta bisa mempersiapkan budget yang dibutuhkan. Atau paling tidak Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang telah disiapkan.

>>> Baca juga: 7 Model Rekomendasi Mobil Bekas 100 Jutaan

2. Pilih dealer dengan reputasi baik

Ada banyak dealer mobil bekas menawarkan dagangannya. Sebaiknya pilih yang memiliki reputasi baik, dalam hal pelayanan maupun model yang dijual. Anda bisa memilih dealer yang berada di bawah naungan dealer resmi, seperti Toyota Trust, Suzuki Autovalue, Mobil88, dan yang lain. Dealer-dealer tersebut punya standar tinggi untuk mobil bekas yang dipasarkan.

Tips Membeli Mobil Bekas Di Dealer Agar Dapat Pilihan Terbaik

Pilih dealer mobil bekas dengan reputasi baik

3. Jangan tergoda harga murah

Harga murah memang menggoda. Namun jangan sampai tergoda pada saat membeli mobil bekas. Idealnya mobil bekas dijual sesuai harga pasarannya. Jika ada yang dijual jauh di bawah harga pasaran, Anda perlu berhati-hati dan teliti. Bisa saja mobil tersebut bekas kecelakaan berat atau terendam banjir.

Sebaliknya, jika mobil bekas dijual di atas harga pasaran Anda juga tidak perlu curiga. Dalam kondisi tertentu mobil bekas memang bernilai  jual tinggi. Misalnya usianya masih sangat muda, jarak tempuhnya masih rendah, serta kondisi fisiknya benar-benar ori dan terawat.

>>> Baca juga mobil bekas murah

4. Cek kondisi fisik mobil

Meski tampak bersih seperti baru, Anda perlu melakukan pengecekan ulang kondisi fisik mobil. Periksa keutuhan bodi secara menyeluruh seperti kap mesin, panel pintu, kaca samping depan belakang, wiper, hingga ban. Periksa juga cat mobil apakah sudah rombakan atau masih ori. Biasanya kalau rombakan akan terlihat ada perbedaan dengan bagian lain.

Periksa juga interior mobil dari dashboard, karpet, lampu kabin, dan yang lain. Fitur-fitur juga perlu dipastikan masih berfungsi. Seperti hazard, tombol naik turun jendela, AC masih dingin atau tidak dan yang lain.

Tak boleh dilupakan juga periksa kondisi mesin mengingat bagian ini paling vital. Buka dan nyalakan mesin. Apakah suaranya masih wajar atau ada suara aneh-aneh. Bisa jadi ada yang bermasalah di bagian dalam mesin.

Untuk pengecekan mesin pastinya sulit Anda lakukan jika tidak memiliki pengetahuan soal mesin. Untuk itu sebaiknya ajak teman atau mekanik yang Anda kenal. Jika tidak Anda bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas profesional untuk melakukan pengecekan. Tarifnya sekitar Rp 500 ribuan. Cukup murah dibanding Anda tidak tahu kondisi mobil yang sebenarnya lalu terjadi berbagai masalah di kemudian hari.

5. Cek surat-surat kendaraan

Pastikan surat-surat asli dan sesuai dengan kendaraannya

Pastikan surat-surat asli dan sesuai dengan kendaraannya

Tips membeli mobil bekas berikutnya adalah memeriksa seluruh dokumen mobil. Mintalah STNK dan BPKB untuk Anda cocokkan dengan nomor rangka dan nomor mesinnya. Periksa juga keaslian keduanya. Jangan sampai terjerumus dealer nakal yang suka memalsukan dokumen kendaraan.

Periksa juga status pajaknya. Anda bisa mengecek melalui aplikasi perpajakan yang bisa didownload di play store atau app store. Jika belum dipajaki, Anda bisa negosiasi dengan pihak dealer.

6. Lakukan test drive

Yang terakhir melakukan test drive. Jika sudah mantap dengan model yang dipilih, harganya sudah setuju, dan surat-suratnya juga lengkap, Anda lakukan test drive untuk mengetahui rasa kendaraan tersebut. Juga untuk mengetahui apakah performanya masih oke sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tips di atas tidak hanya berlaku saat membeli di dealer. Tapi juga saat membeli mobil bekas perorangan. Anda harus memastikan kondisi fisik dan mesinnya baik, memastikan harganya masuk akal, surat-suratnya lengkap, dan melakukan pengetesan.

Jika membeli secara online lewat sosial media atau situs jual beli, pastikan Anda melihat unit yang ditawarkan sebelum melakukan pembayaran. Kemudian lakukan langkah-langkah sebagaimana tips membeli mobil bekas di dealer.

Sebisa mungkin tidak melakukan pembayaran sebelum unit dan kelengkapannya siap dibawa, alias ada uang ada barang. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa merepotkan di kemudian hari.

>>>  Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya di otomurah