Tips dan Cara Membersihkan Jok Mobil

Jok mobil harus bersih dari berbagai noda dan kotoran jika ingin berkendara dengan nyaman. Berikut cara membersihkan jok mobil dengan mudah dan biaya murah.

Kenyamanan berkendara dipengaruhi beragam faktor. Salah satunya interior yang terawat kebersihannya. Mulai dari dashboard, trim pintu, lantai, hingga jok. Seluruhnya harus bebas dari noda dan kotoran.

Untuk semua itu harus diupayakan dengan seksama. Bagaimanapun juga, seiring dengan pemakaian, beragam kotoran bakal muncul. Baik itu yang jelas terlihat mata seperti remah-remah makanan, bungkus makanan serta kotoran yang terbawa sandal atau sepatu dari luar. Maupun kotoran yang bersifat lembut seperti debu-debu, asap rokok (buat penumpang yang merokok) serta noda-noda.

Tips dan Cara Membersihkan Jok Mobil

Interior mobil yang bersih membuat nyaman saat dikendarai

Cara membersihkan jok mobil secara umum

Ada dua cara membersihkan jok mobil, dilakukan sendiri atau menggunakan jasa orang lain. Untuk kepraktisan Anda bisa memilih cara kedua. Bawa mobil ke salon atau detailing, teknisi akan menangani hingga selesai. Setelahnya Anda bakal mendapati jok mobil dan seluruh bagian interior bersih seperti baru serta wangi.

Sebagai konsekuensi, Anda harus mengeluarkan biaya sesuai tarif yang ditetapkan. Nominalnya mulai Rp 300 ribuan hingga jutaan rupiah.

Kalau tak ingin keluar biaya besar, Anda bisa melakukan sendiri cara membersihkan jok mobil di rumah. Persiapkan peralatan yang diperlukan, seperti vacum cleaner, kain lap, dan bahan pembersih seperti STP Tuff Stuff, Sonax Xtreme Interior Cleaner, Meguiars Quick Interior Detailer Cleaner, dan Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant.

Kemudian cara membersihkannya paling umum adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan kotoran

Jika peralatan telah siap, tahap pertama adalah membersihkan kotoran. Keluarkan dulu karpet lantainya agar lebih mudah dalam pembersihan. Buang sampah-sampah jika ada. Sedot debu dan remah makanan menggunakan vakum. Tidak hanya di jok saja, tapi  juga seluruh kabin agar sekalian bersih.

2. Mengaplikasikan cairan pembersih

Setelah kotoran dan debu hilang, berikutnya yaitu mengaplikasikan cairan pembersih agar jok yang sudah bersih bertambah bersih. Cukup gunakan lap atau kain halus untuk menggosok ke permukaan jok.

Sebelum mulai membersihkan, ketahui dulu bahan pelapis yang digunakan pada jok. Apakah dari kulit, vinyl, atau dari kain (fabric). Bahan-bahan tersebut berbeda-beda cara membersihkannya. Bahan dari vinyl lebih mudah dibanding dari kulit yang butuh kehati-hatian ekstra. Berikut cara membersihkan jok mobil dari bahan-bahan tersebut:

Baca juga: Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit

Interior mobil yang kotor bisa jadi sumber penyakit

Interior mobil yang kotor bisa jadi sumber penyakit

Sebagai pelapis terbaik, jok kulit memerlukan perhatian lebih dalam perawatan. Untuk membersihkannya tidak asal sikat dan gosok. Pertama singkirkan dulu kotoran-kotoran kasar seperti sampah, debu-debu, sisa makanan dan yang lain. Gunakan vakum agar lebih mudah.

Usapkan atau semprotkan cairan pembersih yang telah disiapkan, misalnya Astonish Leather Cleaner, Turtle Waxe Luxe Leather Cleaner & Conditioner dan yang lain. Gosok dengan pelan menggunakan kain halus sampai kering dan tidak ada noda lagi.

Terakhir aplikasikan bahan poles agar jok terlihat lebih mengkilap. Bahan ini bisa dibeli secara online atau di toko aksesoris dan perawatan mobil.

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Vinyl

Dibanding jok kulit pelapis jok berbahan vinyl atau kulit sintetis lebih mudah dibersihkan. Setelah dibersihkan semua kotoran kasarnya, Anda bisa langsung membersihkan menggunakan air sabun biasa. Gunakan kain halus atau spone yang telah dibasahi lalu gosokkan pada permukaan jok hingga merata. Setelah itu dilap menggunakan handuk sampai benar-benar kering.

Anda juga bisa membersihkan jok berbahan vinyl sebagaimana membersihkan jok berbahan kulit.

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kain

Jok berbahan kain memang lebih murah dibanding jok kulit. Namun perlu hati-hati dalam membersihkannya karena bahan kain lebih mudah rusak. Untuk membersihkan noda cukup menggunakan air sabun. Semprotkan menggunakan spray agar tidak terlalu membasahi kabin. Lalu gosok dengan sikat lembut atau kain halus sampai noda hilang. Setelah itu dilap menggunakan handuk hingga benar-benar kering.

Khusus untuk kain beludru sebaiknya dilepas dulu. Rendam dengan air sabun atau detergen yang hangat beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dingin dan keringkan. Setelah benar-benar kering baru dipasang kembali seperti sedia kala.

Membersihkan jok mobil dari noda minyak dan lem

Noda minyak bisa membuat warna jok mobil berubah jika tidak segera dibersihkan. Selain itu bisa memunculkan bau tidak sedap. Sedangkan sisa lem stiker atau lainnya yang menempel membuatnya jadi tidak elok dan terlihat kotor.

Untuk membersihkan keduanya bisa menggunakan bantuan aseton. Yaitu cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan kutek atau cat kuku. Aseton bisa Anda beli di toko online dengan kemasan beragam, mulai dari 100 ml hingga lebih dari 1 liter. Gosokkan secara perlahan pada bagian yang kena noda menggunakan kain.

Menggunakan cairan khusus memudahkan dalam membersihkan jok mobil

Menggunakan cairan khusus memudahkan dalam membersihkan jok mobil

Membersihkan jok mobil dari jamur

Kotoran lain yang kerap muncul pada jok mobil adalah jamur. Warnanya bisa putih atau hitam bintik-bintik, terkadang juga berbulu halus.

Membersihkan jok mobil yang berjamur bisa menggunakan beberapa cara. Bisa menggunakan cairan pemutih dan sabun cuci piring dicampur dalam satu wadah. Perbandingannya 1:1. Lalu usapkan menggunakan spon halus. Namun hati-hati dalam menggosokkannya karena cairan pemutih memiliki reaksi cukup keras. Mungkin saja bisa merusak warna asli jok.

Untuk cara lebih aman cukup gunakan air hangat. Seka pada bagian yang berjamur setiap hari secara rutin. Jamur lama kelamaan bakal hilang dengan sendirinya.

>>> Baca juga Tips trick mobil di otomurah.com