Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Buram

Otomuah.com - Buram pada lampu selain mengurangi penampilan kendaraan juga mengganggu visibilitas saat mengemudi. Berikut cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram.

Kaca lampu buram merupakan satu masalah pada mobil yang harus segera diatasi. Masalah ini berhubungan dengan faktor estetika. Mobil dengan lampu buram menjadi tidak eksotik dan tidak enak dipandang. Selain itu juga bisa menurunkan prestige dan menurunkan nilai jual dibanding saat lampu dalam kondisi kinclong.

Efek lainnya berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan. Kaca mobil yang buram membuat cahaya lampu kurang maksimal sehingga mengurangi visibilitas. Tidak menutup kemungkinan jika buram sudah terlalu parah, objek di sekitar menjadi tidak jelas dan itu sangat berbahaya. Baca juga Cara membersihkan kaca lampu monil yang buram

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram

Buram sendiri disebabkan banyak hal. Diantaranya jamur yang disebabkan embun, panas lampu, atau karena usia pemakaian yang membuat kaca jadi menguning. Apapun penyebabnya sebaiknya segera diatasi.

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram

Lampu mobil buram mengurangi penampilan dan visibilitas

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram bermacam-macam. Bisa dilakukan sendiri maupun menggunakan jasa. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalau Anda ingin praktis, Anda bisa memilih cara kedua. Anda tinggal datang ke bengkel khusus perawatan lampu mobil dan tunggu sampai mobil selesai ditangani.

Namun cara ini butuh biaya lebih besar dari yang pertama. Sebab ada biaya jasa yang harus dikeluarkan. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa melakukannya sendiri. Anda hanya butuh biaya untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan. Berikut bahan dan cara melakukan membersihkan kaca lampu mobil yang buram.

1. Menggunakan compound

Compound terkenal untuk menghilangkan goresan pada bodi mobil maupun pada kaca. Bahannya bersifat abrasif atau mengikis. Goresan-goresan pada bodi pun bisa dihilangkan asalkan tidak terlalu dalam. Untuk membersihkan buram pada kaca lampu mobil tentu lebih mudah. Namun harus dilakukan dengan hati-hati.

Perhatikan dulu bagian yang buram, di dalam atau di luar kaca. Jika buramnya ada di bagian dalam lepaskan dulu kaca atau mikanya. Lalu dibersihkan bagian dalamnya menggunakan kain halus atau microfiber. Lalu pindah ke bagian luar. Oleskan compound lalu gosok menggunakan kain halus atau microfiber sampai kembali bening mengkilap.

Bisa juga menggosok dengan mesin poles. Pilih pad dengan permukaan halus agar tidak menimbulkan baret. Sedangkan untuk compound bisa Anda beli di toko-toko perawatan mobil atau melalui toko online. Harganya sekitar Rp 15-20 ribuan.

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram

Pilih cairan poles yang juga melindungi dari sinar UV

2. Menggunakan pasta gigi

Jika tak ada compound cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram bisa menggunakan pasta gigi atau odol. Bahan yang satu ini paling mudah ditemukan mengingat setiap rumah pasti memiliki. Jika tidak ada bisa dibeli di warung-warung dengan harga sekitar Rp 10 ribuan.

Cara penggunaannya oleskan pasta gigi pada bagian yang buram sampai merata bagian yang buram secara merata. Gosok dengan kain halus atau microfiber sampai beberapa saat atau sampai kaca kembali mengkilap. Setelah itu cuci dengan air bersih dan keringkan.

>>> Baca juga: Cara menghilangkan jamur di kaca mobil

3. Menggunakan amplas

Anda juga bisa menggunakan amplas untuk menghilangkan buram pada kaca lampu mobil. Pilih amplas yang paling halus dan gosokkan pada bagian permukaan yang buram. Gunakan air atau alkohol untuk mempercepat hilangnya kotoran atau baret baret.

Jika sudah terlihat mengkilap, Anda bisa menghentikan penggosokan. Oleskan compound dan gosok menggunakan kain halus atau microfiber.

4. Menggunakan cuka dapur

Bahan berikutnya untuk membersihkan buram pada kaca lampu mobil yaitu cuka dapur. Campurkan 3 sendok makan dengan satu liter air lalu aduk hingga merata. Basahi kain lembut atau microfiber dengan air cuka tersebut, lalu gosokkan pada permukaan kaca lampu yang menguning atau buram.

Lakukan sampai kaca lampu terlihat lebih mengkilap. Jika sudah cukup segera keringkan dengan kain halus yang masih kering.

Peralatan yang dibutuhkan

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram di atas membutuhkan peralatan-peralatan sebagai berikut:

1. Kain microfiber

Untuk membersihkan debu dan kotoran yang masih menempel digunakan kain microfiber atau kain berbahan halus. Bukan kain biasa yang kasar karena dikhawatirkan menimbulkan baret baru.

Kain ini mudah ditemukan di toko-toko perawatan mobil atau di toko online. Harganya dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah.

2. Spons bersih

Spons digunakan untuk menggosokkan cairan pembersih pada permukaan kaca mobil yang buram. Sekaligus jadi alternatif jika tidak menggunakan mesin poles. Bahannya yang lembut serta lentur memudahkan Anda menjangkau kotoran pada bagian yang sulit.

Untuk harga juga beragam. Spons dijual dari ribuan rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Menjaga agar kaca lampu mobil tidak cepat buram

Kualitas kaca lampu mobil memang bakal menurun seiring usia pemakaian. Seperti muncul garis-garis serabut atau menjadi buram. Meski demikian Anda bisa mengupayakan agar penurunan tidak terjadi dalam jangka pendek.

Jika cara membersihkan lampu kaca mobil yang buram di atas berhasil dilakukan dan kaca menjadi kinclong, selanjutnya yaitu melakukan perawatan. Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

1. Parkir di tempat teduh

Parkir di tempat teduh menjaga mobil tetap adem

Parkir di tempat teduh menjaga mobil tetap adem

Biasakan untuk tidak parkir di bawah sinar matahari langsung. Selain menimbulkan hawa panas dalam kabin, sinar matahari berefek pada eksterior mobil. Termasuk kaca lampu mobil yang lambat laun bakal cepat memudar kecemerlangannya.

2. Gunakan cairan anti sinar UV

Sesekali waktu gunakan cairan pembersih yang mengandung pelindung sinar Ultraviolet (UV). Misalnya Turtle Wax Headlight Cleaner & Sealant, 3M Quick Headlight Clear Coat, dan yang sejenisnya.

3. Cuci setelah kehujanan

Perlu diketahui bahwa air hujan mengandung zat asam yang berefek kurang baik pada logam, termasuk bodi dan kaca lampu mobil. Mencuci dengan air bersih setelah kehujanan sangat dianjurkan untuk meminimalisir penurunan kualitas kaca lampu.

>>> Baca juga Tips trik mobil di Otomurah.com