Kelebihan Dan Kekurangan Honda Mobilio Type S M/T

Mobil ini paling bertenaga di kelasnya, namun hemat BBM. Inilah kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio Type S M/T, satu-satunya model Honda di segmen low MPV 7 seater.

Diantara alasan orang membeli mobil adalah mesinnya yang bertenaga serta konsumsi bahan bakarnya yang irit. Seperti Honda Mobilio Type S M/T yang harganya Rp 200 jutaan. Berkat kelebihannya itu Mobilio diminati konsumen perorangan hingga perusahaan taksi.

Namun tak melulu soal mesin dan konsumsi BBM. Masih banyak kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio Type S M/T lainnya yang penting diketahui. Terutama jika Anda tertarik untuk membeli.

Sekilas Honda Mobilio

Honda Mobilio turut meramaikan segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang sudah dihuni Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga. Kehadirannya sedikit terlambat karena Mobilio baru dipasarkan awal 2014. Sementara Avanza - Xenia sudah dijual sejak 2004 dan Ertiga sudah mengaspal sejak 2012.

Kelebihan Dan Kekurangan Honda Mobilio

Honda Mobilio, satu-satunya model Honda di segmen Low MPV

Sebenarnya nama Mobilio sudah dipakai pada salah satu model Honda di Jepang pada 2001-2008. Hanya saja bentuknya beda, saat itu bentuknya boxy yang kemudian jadi cikal bakal Honda Freed. Sedangkan Mobilio Indonesia seperti yang sering kita lihat, bentuknya minibus dengan bonet karena mengusung desain mesin depan.

Model pertama bertahan hingga facelift pertama dilakukan Januari 2017. Pada waktu yang sama hadir varian baru yaitu RS MT dan RS CVT melengkapi varian S M/T, E M/T, dan E CVT yang telah ada sebelumnya. Facelift kedua dilakukan bulan Februari 2019 dan bertahan hingga sekarang.

Saat ini (Juni 2022) tinggal tipe S M/T yang dipasarkan. Sedangkan yang lain dihentikan karena alasan internal perusahaan. Dan berikut kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio Type S M/T. Baca juga mobil Honda Mobilio bekas

Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio Type S M/T

Kelebihan Honda Mobilio 

  • Harga Murah

Honda Mobilio Type S M/T adalah varian termurah dari Mobilio. Harganya hanya Rp 229.900.000. Selain itu Mobilio Type S M/T juga jadi jadi salah satu mobil keluarga paling terjangkau. Lebih murah dari Toyota Avanza yang dijual mulai Rp 233.100.000, Toyota Veloz mulai Rp 286.000.000 atau Mitsubishi Xpander mulai Rp 253.400.000.

Jika ada yang lebih murah dan sejajar (sama-sama 1500 cc), itu adalah semua tipe Wuling Confero S yang dijual dengan harga termahal Rp 220.300.000.

>>> Baca juga Kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga

  • Tampilan Cantik

Meski harganya murah, penampilan Honda Mobilio Type S M/T tetap menarik. Mobil ini satu platform dengan Honda Brio dan Honda BR-V sebelum All New sehingga tampilan ketiganya sangat mirip. Yang berbeda untuk Brio panjang bodinya dibuat lebih pendek, sedangkan BR-V bodinya lebih tinggi karena masuk segmen SUV.

Bagian depan Mobilio Type S M/T  menggunakan bahasa desain Solid Wing Face khasnya Honda dimana grill tersambung ke lampu utama kiri dan kanan. Di bagian kiri kanan bumper terdapat bezel warna hitam doff berukuran cukup besar. Bezel ini untuk dudukan fog lamp pada Mobilio Type E dan RS.

Dari samping tampilannya masih sama dengan Mobilio generasi pertama. Pilar B dibikin sewarna bodi. Sedangkan pilar C warna hitam doff, pilar paling belakang blackout yang membuat penampilannya berkesan floating roof.

Interior Honda Mobilio Type S M/T juga tak kalah menarik. Seluruh bagian dari dashboard, kursi, hingga trim pintu didominasi warna hitam. Kesannya jadi lebih sporty.

  • Akomodasi besar

Kapasitas Honda Mobilio 7 seater

Kapasitas Honda Mobilio 7 seater

Sebagai low MPV Honda Mobilio Type S M/T menawarkan akomodasi besar baik untuk penumpang maupun barang. Kapasitas kursinya 7 seater dengan konfigurasi 2-3-2. Seluruh kursi sudah dilengkapi dengan headrest adjustable yang bisa diatur tinggi rendahnya.

Bagasinya juga sangat lega untuk memuat barang bawaan penumpang. Kapasitasnya bisa ditambah dengan melipat kursi baris ketiga 50:50.

  • Dilengkapi sejumlah fitur oke

Honda Prospect Motor (HPM) melengkapi Mobilio Type S M/T dengan sejumlah fitur-fitur penting. Seperti sistem pengereman ABS + EBD, tilt steering untuk mengatur tinggi rendah setir, wiper belakang, LED high mount stop lamp, AC double blower, dual SRS airbag, sensor parkir, Isofix, Immobilizer, dan Auto Door Lock by Speed atau penguncian pintu otomatis jika mencapai kecepatan tertentu.

>>> Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra

  • Mesin paling bertenaga

Membahas kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio Type S M/T  inilah keunggulan terbesar yang dimiliki dibanding model lain. Mesinnya paling bertenaga bahkan dengan selisih cukup jauh. Mobilio dibekali mesin 1.500 cc bertenaga 118 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Bandingkan dengan Mitsubishi Xpander yang tenaga maksimumnya hanya 105 PS @ 6.000 rpm, Toyota Veloz 106 PS @ 6.000 rpm, Daihatsu Xenia 104 PS @ 6.000 rpm, Suzuki Ertiga 104,7 PS @ 6.000 rpm, atau Wuling Confero S 98 PS @ 5.800 rpm.

  • Hemat BBM

Selain bertenaga besar, Honda Mobilio dikenal irit BBM termasuk Mobilio Type S M/T. Dalam berbagai pengetesan menghasilkan angka yang berbeda-beda, dari 12 km/liter hingga lebih dari 20 km/liter.

Kekurangan Mobil Honda Mobilio

  • Fitur terbatas

Kekurangan Mobil Honda Mobilio

Honda Mobilio tipe termurah tidak dilengkapi dengan Fog Lamp

Beberapa fitur tidak ada pada Honda Mobilio Type S M/T, namun tidak terlalu signifikan. Diantaranya tidak ada fog lamp, tidak memiliki head unit layar sentuh untuk mendisplay hiburan, tidak memiliki kamera parkir atau kamera mundur, tidak dilengkapi lampu sein pada spion, tidak memiliki audio steering switch.

Untuk kursi baris kedua peletakannya fix atau tidak bisa sliding maju mundur. Hanya bisa reclining. Setir juga belum teleskopik sehingga tidak bisa diatur maju mundur.

  • Kabin kurang kedap

Kabin kurang kedap jadi kekurangan beberapa model Honda, termasuk Mobilio Type S M/T. Di dalam masih sangat terdengar berbagai suara luar seperti suara angin dan artikulasi ban. Suara mesin juga terdengar karena kap penutup tidak dilengkapi peredam.

  • Suspensi keras

Honda Mobilio Type S M/T memiliki suspensi yang cukup keras. Selain menjaga kestabilan saat melaju di kecepatan tinggi, juga mencegah ambles saat penumpang penuh. Namun efeknya bantingan jadi keras saat melewati jalan berlobang, rusak, sampai melewati polisi tidur dan speed trap.

  • Minim lampu indikator

Tidak banyak lampu indikator pada Mobilio Type S M/T. Black light tombol pun minim sehingga menyulitkan pengemudi saat mengoperasikan di malam hari karena harus mengandalkan daya ingat.

  • Minim socket charger

Selain minim lampu indikator juga minim socket charger. Hanya ada satu yaitu power outlet di bagian tengah dashboard. Jadi harus bergantian jika semua penumpang ingin menggunakannya.

Kesimpulan

Mobilio Type S M/T memang tak semewah varian di atasnya. Namun demikian Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio Type S M/T di atas, apakah mobil ini layak dimiliki atau lebih baik pilih yang lain.

> Baca juga Tips trik mobil di Kami

Spesifikasi Honda Mobilio Type S M/T

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.386 x 1.683 x 1.603

Jarak Sumbu Roda (mm)

2.659

Ground Clearance (mm)

189

Mesin

Tipe Mesin

1,5 L, SOHC 4 silinder, 16 katup, i-VTEC + DBW

Isi Silinder

1.496 cc

Tenaga Maksimal/rpm

118 PS / 6.600 rpm

Torsi Maksimal/rpm

145 Nm / 4.600 rpm

Transmisi

Manual 5 Speed

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)

Handling

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Cakram ventilasi

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban

185/65 R15

>>> Baca juga Jual mobil Honda bekas