Konsumsi BBM Mobilio, Low MPV Paling Bertenaga di Indonesia

Honda Mobilio dibekali mesin 1500 cc sebagaimana Low MPV lain. Namun demikian tenaga yang dihasilkan paling besar. Lantas berapa konsumsi BBM Mobilio ini?

Konsumsi BBM Mobilio berperan penting terhadap kesuksesan Honda Mobilio di pasaran. Bahkan hal yang satu ini sering kali dilombakan, baik oleh perusahaan maupun komunitas. Tujuan agar semua orang tahu bahwa Mobilio tidak hanya nyaman dikendarai, tapi juga nyaman di kantong karena punya efisiensi BBM yang baik.

Irit BBM memang bukan alasan utama orang membeli mobil. Tapi menjadi pertimbangan penting dalam memutuskan model yang akan dibeli. Mobil irit BBM bakal sangat menguntungkan karena biaya pembelian bahan bakar bisa ditekan. Terlebih untuk mobil keluarga seperti Honda Mobilio yang dipakai sehari-hari.

konsumsi bbm mobilio

Adu irit agar semua orang tahu biaya operasional Honda Mobilio ramah di kantong

Konsumsi BBM Mobilio

Beberapa kali lomba adu irit bahan bakar (Battle of Efficiency) diselenggarakan secara resmi oleh Honda Prospect Motor (HPM) untuk Mobilio. Hasilnya rekor-rekor baru bermunculan dengan angka yang cukup menakjubkan.

Seperti Battle of Efficiency 16 November 209, salah satu anggota komunitas Mobilio Community (Mobility) mencatatkan hasil 28 km/liter. Anggota lain dari Komunitas Mobilio Indonesia (MOI) mencatatkan angka pemakaian BBM 27,2 km/liter. Kalangan media yang ikut pertandingan tak kalah luar biasa. Bisa mencapai angka 23,4 km/liter dan 23,3 km/liter.

Bisa dibayangkan, dengan efisiensi tersebut Honda Mobilio yang memiliki kapasitas tangki BBM 42 liter bisa menempuh jarak yang luar biasa jauh dengan sekali pengisian penuh. Atau jika dipakai dalam kota, satu tangki penuh bisa dipakai berhari-hari.

Sebenarnya cukup sulit mendapatkan hasil seperti itu untuk pemakaian sehari-hari. Dalam berbagai pengetesan dengan rute kombinasi, angka konsumsi BBM Mobilio masih terbilang sangat baik berkisar antara 12,5 km/liter hingga lebih dari 20 km/liter.

>>> Baca juga Jual mobil Honda Mobilio bekas

Mesin Honda Mobilio

Konsumsi BBM Mobilio yang irit tidak lepas dari mesin dan teknologi yang disuguhkan. Honda Mobilio dibekali mesin 1,5 L, SOHC 4 silinder, 16 katup, i-VTEC + DBW.

Teknologi i-VTEC (Intelligent Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) mengatur bukaan katup pada bagian mesin sesuai kebutuhan. Katup bakal membuka maksimal saat mobil butuh putaran mesin (rpm) maksimal untuk akselerasi. Sebaliknya katup bakal membuka seperlunya bila mobil melaju pelan saat lalu lintas padat merayap.

Sedangkan teknologi Drive by Wire (DBW) mengganti kinerja throttle yang semula menggunakan kabel diganti dengan sensor sehingga lebih akurat, menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, menurunkan emisi, serta meningkatkan tenaga mesin.

Mesin Honda Mobilio paling bertenaga di kelasnya

Mesin Honda Mobilio paling bertenaga di kelasnya

Terbukti Honda Mobilio paling bertenaga dibanding model lain di kelasnya. Mesinnya yang 1.500 cc menghasilkan tenaga maksimum 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Low MPV lain seperti Mitsubishi Xpander tenaga maksimumnya hanya 105 PS @ 6.000 rpm, Toyota Veloz 106 PS @ 6.000 rpm, Daihatsu Xenia 104 PS @ 6.000 rpm, Suzuki Ertiga 104,7 PS @ 6.000 rpm, dan Wuling Confero S 98 PS @ 5.800 rpm.

Karena tenaganya besar putaran mesinnya relatif rendah. Pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam untuk membuatnya berlari. Inilah salah satu yang bikin konsumsi BBM Mobilio sangat irit.

Tips Agar Konsumsi BBM Mobilio Lebih Irit

Meski struktur mesin dan teknologinya sangat mendukung, efisiensi bahan bakar juga dipengaruhi berbagai faktor. Terutama gaya mengemudi yang mengedepankan eco driving. Lebih jelasnya berikut tips agar konsumsi BBM Honda Mobilio lebih irit dan optimal.

1. Stabilkan kecepatan mobil

Berapapun kecepatan saat di jalan raya, usahakan stabil dan konstan. Pemakaian BBM bakal lebih besar jika kecepatan kendaraan berubah-ubah secara drastis.

2. Jaga putaran mesin pada rpm rendah

Putaran mesin mempengaruhi pemakaian BBM. Semakin tinggi putarannya, semakin besar pula pemakaian BBM. Jadi, usahakan putaran mesin tidak lebih dari 2000 rpm.

3. Hindari akselerasi dan pengereman mendadak

Akselerasi dan pengereman mendadak membuat mesin bekerja ekstra menaikturunkan putarannya. Hal ini bisa sangat meningkatkan konsumsi BBM. Cara menghindari akselerasi dan pengereman mendadak diantaranya menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, melakukan pengereman halus dari jarak jauh, serta memanfaatkan pengereman mesin (engine brake).

4. Gunakan gigi yang tepat

Penggunaan gigi yang tepat juga membantu efisiensi konsumsi BBM Mobilio. Gigi rendah untuk kecepatan rendah, gigi tinggi untuk kecepatan tinggi. Jika gigi rendah untuk kecepatan tinggi mesin bakal menderu karena menahan laju kendaraan. Begitupun jika gigi tinggi pada kecepatan rendah mesin juga bakal menderu untuk meningkatkan laju kendaraan.

konsumsi bbm mobilio 2

Tampilan Honda Mobilio S terlihat cantik meski varian paling rendah

5. Gunakan tekanan ban yang tepat

Penggunaan ban dengan tekanan yang kurang tepat memicu pemborosan BBM. Karena sebagian besar permukaan ban menapak ke aspal putarannya menjadi lebih berat dan mesin harus bekerja lebih keras.

6. Bawa barang bawaan seperlunya

Beban angkutan juga mempengaruhi konsumsi BBM Mobilio, karena semakin berat angkutan yang dibawa semakin besar pula kinerja mesin. Dampaknya pemakaian BBM juga semakin besar. Jadi, kalau tidak benar-benar dibutuhkan lebih baik kurangi barang bawaan.

Demikian ulasan seputar konsumsi BBM Mobilio, low MPV paling bertenaga di Indonesia. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Kalau Anda tertarik, Honda Mobilio saat ini (Juli 2022) hanya tersedia satu varian, yaitu S M/T dengan harga Rp 229,9 juta.

Sedangkan varian E dan RS tidak lagi tersedia versi barunya. Adapun versi bekasnya bisa ditemukan di dealer-dealer mobil bekas atau di situs jual beli mobil dengan harga bervariasi.

Spesifikasi Honda Mobilio 2022

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.386 x 1.683 x 1.603

Jarak Sumbu Roda (mm)

2.659

Ground Clearance (mm)

189

Mesin

Tipe Mesin

1,5 L, SOHC 4 silinder, 16 katup, i-VTEC + DBW

Isi Silinder

1.496 cc

Tenaga Maksimal/rpm

118 PS / 6.600 rpm

Torsi Maksimal/rpm

145 Nm / 4.600 rpm

Transmisi

Manual 5 Speed

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)

Handling

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Cakram ventilasi

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban

185/65 R15

>>> Baca juga Tips trik mobil di otomurah.com