Rekomendasi 5 Mobil Bekas Irit BBM Dan Murah Perawatan

Banyak model mobil di pasaran membuat pilihan semakin beragam. Dan berikut 5 model mobil bekas irit BBM dan murah perawatan paling recommended buat Anda.

Ada banyak kriteria orang menjatuhkan pilihan saat membeli mobil baru maupun mobil bekas. Misalnya kapasitas besar hingga 7 penumpang sehingga bisa bersama-sama satu keluarga saat bepergian. Atau karena harga mobilnya terjangkau bisa dibeli dengan dana minim.

Ada lagi yang karena irit BBM agar bisa berhemat. Uangnya bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Yang lain membeli mobil karena alasan biaya perawatannya murah tidak menguras kantong dan suku cadangnya mudah ditemukan.

Dua kriteria terakhir ini yang biasanya ditonjolkan para sales. Mereka tahu bahwa itu dua alasan itu paling banyak disukai konsumen. Karenanya semua model yang ditawarkan diklaim irit BBM dan biaya perawatannya murah. Benarkah demikian?

Sebenarnya memang ada mobil hemat bahan bakar dan hemat biaya perawatan. Namun tidak semuanya demikian. Mobil baru atau mobil bekas ada yang hemat BBM juga ada yang boros. Ada yang biaya perawatannya murah juga ada yang mahal.

5 Mobil Bekas Irit BBM Dan Murah Perawatan

Berikut adalah 5 model mobil bekas irit BBM, murah perawatan dan layak dimiliki. Semuanya recommended dan masih layak dimiliki. Selain itu harganya juga cukup terjangkau.

1. Karimun Wagon R : 25 km / liter

Mobil Bekas Irit BBM Dan Murah Perawatan

Suzuki Karimun Wagon R, mobil murah paling irit BBM

Ada di peringkat pertama yaitu Suzuki Karimun Wagon R. Mobil ini masuk kategori Low Cost Green Car (LCGC) yang pastinya irit BBM. Yang berbeda Karimun Wagon R hanya dibekali mesin 1000 cc saja. Sedangkan model LCGC lain mayoritas bermesin 1.200 cc.

Dengan kapasitas mesin yang lebih rendah konsumsi BBM-nya juga paling irit, yakni 25 km per liter. Sebagai konsekuensi, mesin yang kecil menghasilkan tenaga yang kecil pula. Tenaga Karimun Wagon R maksimum 68 PS @6.200 rpm dan torsi 90 Nm @3.500 rpm.

Adapun biaya perawatannya cukup murah dengan spare part-nya mudah ditemukan. Untuk biaya servis berkala termahal adalah Rp 900 ribuan, yaitu di km 40.000.

Kalau Anda suka dengan versi bekasnya, harganya cukup terjangkau jauh di bawah Rp 100 juta. Namun Anda harus bersabar agar mendapatkan unit terbaik.

Baca juga mobil Suzuki Karimun Wagon R bekas

2. Agya / Ayla : 23 km / liter

5 Mobil Bekas Irit BBM Dan Murah Perawatan

Si Kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sama-sama irit BBM

 

Duet Toyota Agya dan Daihatsu Ayla juga masuk kategori LCGC yang irit BBM. Agya dibekali mesin 1.200 cc. Sedangkan Ayla dibekali mesin 1.200 cc dan 1.000 cc.

Tenaga dihasilkan untuk Toyota Agya 1.200 cc dan Daihatsu Ayla 1.200 cc sama, yaitu 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan tenaga Ayla 1.000 cc maksimum 65 PS pada 6.000 rpm dan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm.

Di beberapa pengetesan konsumsi BBM keduanya mencapai 23 km per liter. Sedangkan di pengetesan yang lain di bawah itu, namun masih di kisaran 20 km-an per liter. Biaya servis-nya juga murah. Paling mahal Rp 900 ribuan, yaitu servis 40.000 km.

Mobil bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla cenderung lebih mudah ditemukan dibanding Karimun Wagon R. Ini karena unit yang beredar lebih banyak. Adapun harganya di bawah Rp 100 jutaan.

3. Honda Brio Satya: 21 km / liter

Buat Anda yang suka dengan merek Honda, Anda bisa memilih Brio Satya generasi pertama. City car berkaca besar di belakang ini juga termasuk LCGC. Mesinnya hanya 1.200 cc namun tenaganya cukup besar, yaitu 88 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 109 Nm pada 4.500 rpm.

Soal efisiensi BBM tak perlu diragukan. Mesin Honda Brio sudah menggunakan teknologi Drive By Wire (DBW) yang berfungsi meningkatkan efisiensi bahan bakar, menurunkan emisi, meningkatkan tenaga mesin dan safety driving. Konsumsi BBM Brio Satya bisa mencapai 21 km per liter.

Untuk biaya perawatan juga standar. Estimasinya untuk Brio Satya 2015 biaya servis KM 40.000 sekitar Rp 950 ribuan (sudah termasuk jasa dan PPN).

Honda Brio satya lcgc paling laris di indonesia

Honda Brio Satya, LCGC paling laris di Indonesia

>>> Baca juga Honda Brio bekas 

4. Calya/Sigra: 17 km/liter

Berikutnya mobil bekas irit BBM dan murah perawatan yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Si kembar itu sama-sama dibekali mesin 1.200 cc dengan tenaga maksimum 88 PS pada @ 6000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm.

Untuk Daihatsu Sigra juga tersedia pilihan mesin 1000 cc dengan tenaga 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.

Konsumsi BBM Calya / Sigra mencapai 17 km per liter. Sudah tentu sangat irit mengingat mobil ini berkapasitas 7 penumpang. Namun tentu saja tenaganya tidak sekuat mobil 7 penumpang di kelas 1.500 cc. Lalu bagaimana dengan perawatannya?

Perawatannya relatif mudah dan sparepartnya mudah ditemukan mengingat keduanya beredar cukup banyak. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra jadi LCGC 7 penumpang terlaris di Indonesia.

5 Mobil Bekas Irit BBM Dan Murah Perawatan

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, LCGC berkapasitas 7 seater

Anda bisa memilih Toyota Calya bekas keluaran awal, yaitu tahun 2016 atau 2017. Harga pasarannya sekitar Rp 85 jutaan. Sedangkan untuk Sigra harga pasarannya sekitar Rp 80 jutaan.

5. Honda Mobilio: 17 km/liter

Honda Mobilio bekas masih layak dimiliki

Honda Mobilio bekas masih layak dimiliki

Honda Mobilio meski kapasitas mesinnya 1500 cc, konsumsi BBM-nya cukup irit mencapai 17 km per liter. Selain itu tenaganya juga besar, yaitu 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 14,6 Nm pada 4.800 rpm.

Biaya perawatan berkala setelah KM 50.000 sekitar Rp 1 jutaan. Tidak bisa dibilang murah, tapi juga tidak terlalu mahal. Untuk mobil kelas low MPV standarnya memang segitu. By the way, Anda tetap mendapatkan keuntungan dari konsumsi BBM-nya yang sangat hemat.

Untuk harga pasarannya Honda Mobilio bekas keluaran 2014 sekitar Rp 100 jutaan. Jauh lebih murah dibanding versi barunya saat ini yang dijual dengan harga Rp 229,9 juta.

Kesimpulan

Dari banyak model mobil bekas di pasaran, mayoritas mobil bekas irit bbm dan murah perawatan adalah segmen LCGC. Memang segmen tersebut dirancang sebagai mobil yang ramah lingkungan. Kapasitas mesinnya dibatasi maksimal 1200 cc, BBM-disarankan minimal RON 92, emisinya juga kecil. Untuk harga juga lebih murah dibanding segmen lain seperti MPV, SUV, maupun sedan.

Jika Anda memang menghendaki mobil bekas dengan kriteria di atas, Anda bisa mempertimbangkan membeli LCGC. Pilihannya beragam, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan serta budget.

Anda bisa memilih Toyota Calya, Daihatsu Sigra, atau Datsun Go+Panca jika yang diinginkan mobil berkapasitas 7 seater. Jika cukup dengan 5 seater, Anda bisa memilih Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, atau Suzuki Karimun Wagon R yang harganya lebih bersahabat.

Adapun harga pasaran yang tercantum di atas bukanlah harga pakem. Harga mungkin berbeda dengan di lapangan menyesuaikan kondisi fisik mobil itu sendiri, tahun produksinya, serta jarak yang telah ditempuh. Silahkan bernegosiasi dengan pihak dealer atau si penjual untuk mendapatkan harga terbaik.

Baca juga Tips dan Trick mobil di Otomurah.com