Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra Baru

Daihatsu Sigra baru atau facelift 2019 tetap jadi mobil 7 penumpang paling murah di tanah air. Artinya mobil ini menjadi pilihan paling masuk akal buat konsumen yang menginginkan mobil dengan akomodasi besar namun dengan harga paling terjangkau.

Nah, buat Anda yang menginginkan memiliki mobil ini sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra baru ini agar bisa jadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan membeli.

Sekilas Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra pertama kali diluncurkan tahun 2016 bersamaan dengan Toyota Calya. Akomodasi 7 seater menjadi tawaran utama mobil ini menjawab kebutuhan konsumen di tanah air. Dan benar Sigra mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat dengan penjualan yang cukup besar.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra Baru

Daihatsu Sigra jadi mobil 7 penumpang termurah di Indonesia

Untuk Daihatsu Sigra baru bukan itu saja kelebihannya. Banyak hal lain yang membuat mobil ini cukup digemari. Seperti tampilannya yang lebih segar, irit BBM dan tentu harganya yang terjangkau.

Saat ini Daihatsu Sigra tersedia dalam 10 varian dengan R AT Deluxe sebagai varian tertinggi. Apa saja kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra baru tersebut? Berikut ulasan singkatnya!

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Xpander

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra Baru

Kelebihan Daihatsu Sigra

  • Tampilan lebih segar

Ukuran Daihatsu Sigra baru lebih panjang 40 mm dibanding versi sebelum facelift. Dari 4.070 mm menjadi 4.110 mm. Sedangkan untuk lebar, tinggi, dan jarak sumbu rodanya sama, yaitu lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm.

Yang berbeda tampilan depannya lebih menarik. Gril depan bagian bawah dibikin lebih besar. Bagian bawah lebih sempit namun dibikin melebar, dengan ujung kiri dan kanan tersambung dengan lampu utama. Pemisah grill bawah dan atas sewarna bodi kini lebih lebar. Housing foglamp kiri dan kanan juga punya bentuk baru, yaitu segitiga trapesium dengan warna piano black.

Tampilan samping tidak banyak berubah. Hanya desain velgnya yang kini model kipas baru dual tone. Di bagian belakang perubahan ada di bagian garnish chrome yang dibikin lebih panjang tersambung dengan lampu utama kiri kanan.

Interior Sigra baru terlihat lebih terang

Interior Sigra baru terlihat lebih terang

  • 7 penumpang

Seperti versi lama, Daihatsu Sigra baru tetap menawarkan kapasitas besar untuk penumpang hingga 7 orang. So, bagi keluarga besar bisa bersama-sama satu mobil jika harus bepergian ke tujuan yang sama.

Kursi baris kedua dan ketiga dilengkapi headrest adjustable. Sedangkan untuk kursi baris pertama menggunakan headrest integrated serta dilengkapi arm rest.

Ada laci juga di bawah kursi penumpang depan untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti sandal, sepatu, atau barang bawaan kecil lainnya. Sedangkan untuk barang bawaan besar bisa disimpan di bagasi belakang. Bagasinya lumayan luas dengan tambahan cargo net untuk melindungi barang agar tidak jatuh saat pintu dibuka. Jika masih kurang luas, bagasi bisa ditambah dengan melipat kursi belakang dengan pelipatan 100%.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush

  • Mobil 7 penumpang paling murah

Untuk mobil 7 penumpang di Indonesia, Daihatsu Sigra adalah yang paling murah. Ada 10 varian yang saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 126.050.000 hingga Rp 171 juta. Lebih murah dibanding Toyota Calya yang dijual mulai Rp 151.600.000 hingga Rp 174.900.000.

Apalagi dibandingkan mobil 7 penumpang lain di kelas lain yang lebih tinggi, seperti Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, atau Wuling Confero S.

  • Fitur oke

Fitur Daihatsu Sigra baru termasuk oke untuk jenis mobil murah. Ada sistem pengereman ABS dan EBD untuk varian matik X maupun R. Lalu sensor parkir depan belakang dan juga kamera mundur. Spion bisa dilipat secara elektrik meski belum auto retract.

Juga ada head unit layar sentuh pada varian R untuk mendisplay kamera mundur dan berbagai fitur entertainment. Di bawahnya ada AC dengan kenop putar berbentuk bundar. Lebih dari sebelumnya yang berbentuk mirip kenop kompor gas.

  • Irit BBM

Kelebihan Daihatsu Sigra paling disukai adalah irit BBM. Di berbagai pengujian konsumsi BBM Sigra mencapai 14 km hingga lebih dari 20 km per liter. Penghematan ini karena mesin Sigra hanya 1000 cc dengan tenaga 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm, serta 1.200 cc dengan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 107 Nm pada 4.200 rpm.

Kekurangan mobil Sigra

  • Tidak ada headrest untuk kursi tengah baris kedua

Daihatsu Sigra cukup nyaman untuk berkendara bersama keluarga. Sayang kursi baris kedua bagian tengah tidak dilengkapi headrest. Jadi, terasa kurang nyaman buat penumpang yang duduk di situ. Selain itu tidak adanya headrest juga memperbesar potensi risiko jika terjadi benturan atau pengereman mendadak.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra Baru

Daihatsu Sigra bisa muat hingga 8 orang

  • Setir belum tilt dan telescopic

Dengan harga yang sangat murah setir Daihatsu Sigra tidak dilengkapi fitur tilt dan telescopic. Jadi tidak bisa diatur ketinggiannya serta jaraknya dengan pengemudi. Bagi sebagian orang hal ini jadi kekurangan karena kenyamanannya tidak bisa diatur sendiri.

  • Belum ada audio steering switch

Semua varian Daihatsu Sigra tidak belum ada fitur audio steering switch. Tidak seperti saudaranya si Toyota Calya yang memiliki fitur ini untuk menambah kenyamanan berkendara.

  • ABS hanya ada pada varian matik

Fitur pengereman ABS (anti-lock braking system) dan EBD (electronic brakeforce distribution) belum dipasangkan pada semua varian. Tapi hanya ada pada varian matiknya saja. Untuk varian manual semuanya belum dilengkapi ABS+EBD.

  • Masalah suspensi belakang

Masalah suspensi belakang jadi masalah klasik Daihatsu Sigra. Meski begitu tidak ada perubahan signifikan pada Sigra baru. Saat dikendarai penumpang penuh suspensi belakangnya masih tetap amblas. Terlebih jika penumpang punya berat badan berlebih, akan terasa lagi amblasnya.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra yang lain. Hanya saja yang disebutkan di atas cukup bisa dijadikan pertimbangan apakah mobil ini sesuai yang dibutuhkan. Berikut spesifikasi Daihatsu Sigra baru facelift 2019.

>>> Klik di sini untuk mengupdate Tips dan Trik Mobil di Otomurah

Spesifikasi Daihatsu Sigra

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4110 x 1655 x 1600

Jarak Sumbu Roda (mm)

2525

Ground Clearance (mm)

180

Mesin

Tipe Mesin

1KR-VE 3 silinder DOHC VVT-i

3NR-VE 4 silinder DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Mesin

998 cc

1197 cc

Tenaga Maksimal/rpm

67 PS @6.000 rpm

88 PS @6.000 rpm

Torsi Maksimal/rpm

89 Nm @4.400 rpm

107 Nm pada 4.200 rpm

Transmisi

Manual 5 percepatan dan Otomatis 4 percepatan

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)

Handling

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Semi Independent Torsion Axle Beam

Rem Depan

Cakram ventilasi

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban

175/65R14