Perbedaan Brio S dan E: mana yang lebih baik?

  • Rizky
  • Tips & Trik
  • 01/02/2023
Honda Brio merupakan salah satu model urban dengan tampilan paling sporty dan eye-catching di segmen mobil perkotaan. Honda Brio pada dasarnya memiliki 2 versi terlaris di pasar Indonesia: Honda Brio S dan Honda Brio E. Kali ini kita akan membandingkan kedua versi tersebut untuk mengetahui perbedaan Brio S dan E, serta membantu pembeli mendapatkan gambaran terbaik saat membeli mobil ini.

1. Perbedaan Brio S dan E dari segi harga

Saat ini, harga Honda Brio terbaru dibanderol sebagai berikut:

  • Honda Brio Satya S: Rp 157,9 juta
  • Honda Brio Satya E: Rp 171,6 juta
  • Honda Brio Satya E CVT: Rp 188 juta
  • Honda Brio RS: Rp 217,6 juta
  • Mobil Honda Brio tipe RS MT Urbanite Edition: Rp 227,4 juta
  • Honda Brio RS CVT: Rp 227,6 juta
  • Mobil Honda Brio RS CVT versi Urbanite Edition: Rp 237,4 juta

Terlihat bahwa, perbedaan Brio Satya S dan E dari soal harga sekitar Rp 13,7 juta. Dimana, harga Satya E lebih tinggi dari harga Brio tipe S.

Perbedaan Brio S dan E dari segi harga

Tampilan Honda Brio S

2. Perbedaan Brio tipe S dan E: mesin mobil

Perbedaan Brio S dan E 2022 dari soal mesin tidak ada. Keduanya masing-masing dilengkapi mesin 1.2L SOHC i-VTEC, 4 silinder segaris, 16 katup. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal 89 Hp pada 6.000 rpm, dan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm.

3. Perbedaan Brio tipe S dan E: eksterior mobil

Perbedaan Brio S dan E 2021 atau perbedaan Brio S dan E 2022 dapat dilihat pada segi eksterior mobil. Dari tampilan luar, kedua mobil ini memiliki perbedaan yang kentara, terutama jika dilihat dari peleknya.

Secara spesifik, keduanya memiliki ukuran ban 14 inci yang sama dengan ban Michelin. Sedangkan Brio S menggunakan pelek kaleng, Brio E menggunakan tipe alloy. Perbedaan selanjutnya terlihat pada panel plastik yang digunakan pada gagang pintu.

Honda Brio S menggunakan panel hitam yang berbeda dengan bagian bodinya. Sedangkan gagang pintu Honda Brio E menggunakan warna yang sama warna bodi. Perbedaan ini sangat kentara, sering digunakan oleh pengguna untuk mendapatkan kesan pertama yang lebih menarik.\

>>> Baca juga: 4 Perbedaan Brio Satya dan RS

4. Perbedaan Brio tipe S dan E: interior mobil

Perbedaan Brio tipe S dan E: interior mobil

Tampilan Honda Brio E

Tak hanya pada penataan eksterior mobil, bagian dalam kedua model ini juga memiliki perbedaan yang mencolok. Perbedaan Brio S dan E yang sangat mencolok terlihat pada tampilan kabin kedua mobil tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa Brio S tidak lagi menggunakan kunci dengan alarm bawaan.

Sedangkan Brio E tetap menggunakan kunci dengan alarm terintegrasi saat dibutuhkan. Kemudian, saat memasuki kabin kedua mobil ini, Anda juga akan melihat perbedaan dalam hal terletak perlengkapan kedua mobil ini. Brio S memiliki panel power window di jendela depan.

Lalu untuk head unit, Brio S hanya menggunakan satu DIN, sedangkan Brio E menggunakan dua DIN, sehingga lebih kokoh.

5. Perbedaan Brio tipe S dan E: fitur-fitur mobil

Perbedaan Brio S dan E 2022 selanjutnya yang bisa dilihat pada bagian fitur. Tidak banyak yang berubah, terutama untuk Brio E karena kebanyakan masih menggunakan fitur yang sama dengan varian Brio sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mempertahankan identitas yang sudah dimiliki.

Sementara itu, perbedaan yang sangat mencolok terjadi pada Brio S ketika terdapat beberapa fitur yang lebih menarik untuk digunakan. Ini bisa disebut ABS, EBD, dan dual SRS airbag yang berperan penting dalam meningkatkan tingkat keselamatan saat mengendarai mobil.

6. Kesimpulan

Secara umum perbedaan Brio S dan E dari fitur hingga soal harga tidak terlalu besar. Bergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi, Anda dapat memilih versi Brio yang paling cocok untuk diri sendiri.

Follow Otomurah untuk update tips dan trik mobil terbaru.