Avanza vs Xpander: Model MPV mana yang lebih menarik?

  • Trinh
  • Tips & Trik
  • 17/01/2023
Sebagai model terbaik dalam segmen MPV, baik Avanza maupun Xpander memiliki banyak keunggulan untuk dapat mengukuhkan posisinya di jalur cepat. Berikut perbandingan Avanza dan Xpander untuk cari mobil mana yang paling sempurna bagi penggunanya.

Avanza vs Xpander

Bandingkan Avanza vs Xpander

Bersama di segmen mobil 7 seater termurah yang ada di pasaran saat ini dengan harga jual yang tidak jauh berbeda, kedua mobil ini membuat banyak orang heboh dengan peningkatan yang diharapkan. Jika membandingkan mobil 2 versi akan menjadi lini produk yang dominan? Apakah harga Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander akan lebih baik? Bagaimana mesin kedua mobil tersebut? Semua pertanyaan ini akan dijawab dalam pembahasan di bawah ini.

I. Dimensi Avanza dan Xpander

Tidak ada perbedaan yang besar pada spesifikasi dasarnya, namun jika membandingkan mobil Avanza dan mobil Xpander secara detail, dapat disimpulkan bahwa Mitsubishi Xpander berukuran sedikit lebih besar dari Toyota Avanza. .

Toyota Avanza berukuran panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan Mitsubishi Xpander memiliki dimensi sebagai berikut: panjang 4.475, lebar 1.750 dan tinggi 1.695 (mm). Dari segi wheelbase, Avanza mencapai 2.655mm sedangkan Xpander mencapai 2.775mm. Ground clearance Mitsubishi Xpander adalah 205mm, sedangkan Toyota Avanza hanya 200mm.

Radius putar minimum mobil Avanza adalah 4,7mm, sedangkan mobil Xpander mencapai 5,2. Bobot tanpa muatan dan muatan penuh Avanza masing-masing adalah 1.125 dan 1.680, sedangkan Xpander adalah 1.240 dan 1.780. Kapasitas tangki bahan bakar dan jumlah jok kedua model ini hampir sama, dengan jumlah jok 7 dan kapasitas tangki mencapai 45 liter.

II. Mesin Avanza dan Xpander

Mitsubishi Xpander menggunakan mesin MIVEC, berkapasitas 1.5L, menghasilkan tenaga 104 horsepower dan torsi maksimal 141 Nm. Toyota Avanza dengan mesin 2NR-VE 1.5L, 4 silinder segaris, menghasilkan 105 tenaga kuda dan torsi maksimum 136 Nm. Selain itu, kedua mobil tersebut menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan dan power steering elektrik, sehingga menimbulkan rasa keleluasaan dan ringan saat berkendara.

Kedua mobil dilengkapi dengan sistem keselamatan standar Jepang, termasuk distribusi rem elektronik, pengereman anti-lock, alarm anti-pencurian, penguncian pintu jarak jauh, dan peralatan keselamatan dengan 2 kantung udara.

Dengan peningkatan yang luar biasa dan harga yang tidak terlalu mahal dibandingkan versi sebelumnya, baik Avanza vs Xpander bisa dibilang sebagai produk super di segmen mobil murah 7 tempat duduk yang diharapkan tahun ini.

Namun di versi mobil Xpander baru, selain perlengkapan di atas, terdapat banyak fitur keselamatan lainnya seperti sistem keseimbangan elektronik ASC, sistem keberangkatan lereng HS, kunci pintu otomatis saat beroperasi mudik dapat berkendara dengan aman tanpa takut ngebu.

Selain itu, mobil Avanza tipe 1.3 konsumsi bahan bakarnya sekitar 10 km/liter, sedangkan Avanza  tipe 1.5 konsumsi bahan bakarnya sekitar 11.5 km/liter. Melihat keiritan bahan bakar Avanza, tak heran jika mobil ini menjadi pilihan utama untuk segmen MPV. Sedangkan, mobil Xpander terbilang cukup irit. Jika menggunakan mobil dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, konsumsi bahan bakar Xpander sekitar 12 km/liter. Sedangkan untuk rute tol-nya, Mitsubishi Xpander dengan girboks CVT mengkonsumsi bahan bakar sekitar 18 km/liter.

>>> Membeli mobil Toyota Avanza bekas di Indonesia

III. Cek Harga Avanza vs Xpander

Selanjutnya, kita akan bandingkan Avanza vs Xpander dari segi harga dan asalnya.

Berasal dari negara yang khusus memproduksi mobil di Jepang, Toyota atau Mitsubishi sama-sama merupakan merek mobil yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kedua model Avanza dan Xpander termasuk dalam segmen mobil murah dan memiliki harga yang hampir sama.

Secara spesifik, harga Mitsubishi Xpander berkisar antara Rp 257.4 Juta, sedangkan Toyota Avanza dihargai Rp 233.1 Juta. Meski merupakan dua merek mobil prestisius terkemuka di Jepang, Toyota atau Mitsubishi sama-sama sepenuh hati "memanjakan" perkumpulan pecinta kecepatan.

Dengan harga yang sangat menguntungkan namun tetap mampu membeli mobil 7-seater yang dapat digunakan untuk bepergian, bepergian, bepergian atau berbisnis, ... dengan banyak fitur yang ditingkatkan secara signifikan, siapa pun dapat mengharapkan untuk memiliki salah satu dari dua model hebat ini.

IV. Kelebihan Dan Kekurangan Avanza vs Xpander

1. Kelebihan Dan Kekurangan Avanza

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Avanza.

Kelebihan:

Pertama, desain kabin yang lebih lega dari generasi sebelumnya, membuat pengguna merasa lebih nyaman. Penutup kotak kendali yang lebih panjang berfungsi sebagai sandaran tangan pengemudi. Avanza telah dipasang spion untuk siang/malam. Selain itu speedometer MPV ini tidak lagi monoton, memiliki MID yang menarik. Panel kontrol memiliki ruang penyimpanan ekstra terbuka.

Meski mesinnya tidak sebagus Xpander, secara umum mesin Avanza dinilai masih cukup stabil.

Kekurangan:

Selain itu, mobil berasal dari pabrikan Toyota ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Spesifiknya: interior depan memiliki desain baru namun tidak high-end, lampu kabin tidak LED, material plastik keras dan masih berbasis tuas rem konvensional,...

2. Kelebihan Dan Kekurangan Xpander

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi Xpander.

Kelebihan:

Xpander memukau pembeli dengan desain eksteriornya yang futuristik dan lebih modern. Selanjutnya, suspensi yang terinspirasi dari Mitsubishi Lancer Evolution membuat pengendaraan menjadi lebih nyaman. Di dalam interior, ruang kabin didesain luas, bangku belakang bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi.

Mesin mobil berkualitas dengan ukuran yang sama dengan Avanza, membantu pengemudi dan penumpang merasa puas selama perjalanan. Selain itu, fitur keamanan dan keselamatan mumpuni. Apalagi fitur berkendara yang lengkap, menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi pengemudi.

Kekurangan:

Namun Mitsubishi Xpander juga memiliki beberapa kekurangan seperti: bahan interior tidak semewah eksterior, varian transmisi kurang lengkap....

>>> Membeli mobil Mitsubishi Xpander bekas di Indonesia

V. Kesimpulan

Jika membandingkan mobil Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander, terlihat bahwa mesin Toyota Avanza jauh lebih rendah dari para pesaingnya di jalur cepat. Namun, pada tahap desain, bergantung pada perasaan masing-masing orang, dimungkinkan untuk menilai mobil mana yang desainnya lebih masuk akal atau menarik.

Secara umum, baik Avanza maupun Xpander memenuhi standar yang dibutuhkan mobil murah dengan tetap memastikan fitur keselamatan. Bergantung pada selera estetika dan banyak faktor lainnya, pelanggan menemukan pilihan yang cocok untuk diri mereka sendiri.

Follow Otomurah untuk update tips dan trik mobil terbaru.

FAQ umum

1. Lebar Xpander Vs Avanza?

Mitsubishi Xpander lebih lebar dari Toyota Avanza. Xpander memiliki lebar 1.750 mm, sedangkan Avanza memiliki lebar 1.660 mm.

2. Pilih Avanza Atau Xpander?

Jika ingin membeli mobil dengan mesin bertenaga dan ukuran besar,mobil Mitsubishi Xpander adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

3. Berapa konsumsi BBM mobil Xpander dan Avanza?

Avanza tipe 1.3 memiliki konsumsi BBM sekitar 10km/liter, dan tipe Avanza 1.5 memiliki konsumsi BBM sekitar 11,5 km/liter. Konsumsi BBM Xpander sekitar 12 km/lite di dalam kota. Untuk rute tol-nyal, Xpander menghabiskan konsumsi BBM sekitar18 km/liter.