Cara Cek Pajak Kendaraan Online Menggunakan Aplikasi

  • Fat
  • Tips & Trik
  • 03/01/2023
Cara cek pajak kendaraan online tidak sulit karena sarana dan prasarana yang dibutuhkan tersedia dan mudah didapat. Juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Cek pajak kendaraan online menjadi solusi yang sangat memudahkan untuk mengetahui status pajak kendaraan bermotor dibanding datang ke kantor Samsat.

Seperti diketahui, pajak kendaraan bermotor wajib dibayarkan setiap tahun. Besarnya berbeda-beda antara satu dengan yang lain menyesuaikan jenis kendaraan itu sendiri, serta harganya saat masih baru. Kendaraan yang mahal pajaknya juga mahal. Begitupun sebaliknya kendaraan yang harganya rendah, pajaknya juga rendah.

Mengetahui pajak kendaraan bermotor sangat penting. Terlebih buat Anda yang minat membelinya dari tangan orang lain, sebagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Dan bukan hanya itu, melakukan pengecekan pajak juga sangat penting untuk mengetahui status pajaknya apakah sudah lunas atau belum dibayarkan agar tidak terjadi masalah di kemudian.

I. Cek pajak kendaraan online menggunakan aplikasi

Cek pajak kendaraan online menggunakan aplikasi

Terlambat bayar pajak kendaraan bisa ditilang

>>> Baca juga: Begini Cara Bayar Pajak Mobil di Indomaret

Enaknya jaman sekarang informasi pajak kendaraan bermotor bisa diketahui secara online menggunakan aplikasi. Bisa kapan saja dan dimana saja tanpa datang ke kantor Samsat yang kadang membutuhkan waktu tidak sebentar. Yang penting Anda mengetahui nomor polisi kendaraan tersebut atau plat nomor, kemudian perangkatnya sudah terkoneksi internet.

Artikel ini akan menunjukkan cara cek pajak kendaraan online menggunakan aplikasi pajak kendaraan bermotor di Jawa Tengah, yaitu New Sakpole e-Samsat Jawa Tengah. Anda bisa mendownloadnya di Google Play Store atau Apple App Store.

New Sakpole e-Samsat merupakan update dari versi sebelumnya yang bernama Sakpole. Tampilannya lebih oke, fitur lebih lengkap, serta pengoperasiannya semakin mudah. Buat Anda yang menggunakan aplikasi ini untuk cek pajak kendaraan online caranya sebagai berikut:

Buka aplikasi New Sakpole e-Samsat Jawa Tengah yang telah Anda instal di smartphone. Setelah itu buka menu Info Pajak. Masukkan nomor polisi (nopol) kendaraan dan klik Proses.

Jika nopolnya benar, maka akan muncul informasi kendaraan secara lengkap dan terperinci. Dari identitas kendaraan, masa akhir pajak, masa akhir STNK, besar pajak yang harus dibayarkan setiap tahun, dan status pajaknya sudah lunas atau masih menunggak.

Tapi kalau nopolnya salah bakal muncul pesan “Data kendaraan bermotor tidak ditemukan”. Anda harus memasukkan ulang dengan nomor yang benar.

Selain untuk mengetahui informasi pajak kendaraan bermotor, nilai jual kendaraan, lokasi-lokasi penting, New Sakpole e-Samsat Jawa Tengah juga berisi layanan online. Diantaranya Pembayaran Pajak Kendaraan secara online dan Blokir Online. Jadi tidak perlu datang ke Kantor Samsat, Gerai Samsat, atau Samsat Keliling karena semua bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Cara penggunaannya tinggal pilih layanan yang diinginkan kemudian masukkan nopol kendaraan dan nomor rangka. Ikuti terus tahapan selanjutnya sampai Anda menerima kode bayar yang digunakan saat melakukan pembayaran.

Untuk pengesahan pajak juga bisa menggunakan New Sakpole, yaitu melalui menu e-Pengesahan. Anda bisa mengajukan Permohonan Pengesahan, mengecek Status Permohonan, serta mendownload e-Pengesahan yang telah selesai.

Sekali lagi, penggunaan aplikasi New Sakpole e-Samsat di atas hanya berlaku untuk kendaraan bermotor dengan plat nomor Jawa Tengah. Untuk wilayah lain caranya hampir sama. Hanya aplikasinya saja yang berbeda. Untuk kendaraan plat nomor Jawa Barat menggunakan aplikasi Sambara, untuk DKI Jakarta menggunakan aplikasi JAKI, Banten pakai Sambat, Jawa Timur pakai e-Smart Samsat, dan yang lain menggunakan aplikasi untuk wilayah masing-masing.

II. Membayar pajak kendaraan online menggunakan aplikasi

Membayar pajak kendaraan online menggunakan aplikasi

Membayar pajak lebih praktis menggunakan aplikasi e-Samsat

Selain cek pajak kendaraan online, bayar pajaknya juga bisa online menggunakan aplikasi. Ada 2 aplikasi yang dibutuhkan, yaitu aplikasi perpajakan dan aplikasi pembayaran.

Pertama lakukan pendaftaran bayar pajak menggunakan aplikasi perpajakan seperti langkah-langkah di atas. Setelah selesai dan mendapat kode pembayaran, lakukan pembayaran menggunakan aplikasi pembayaran. Anda bisa gunakan aplikasi BRIMO (BRI Mobile), Livin by Mandiri, OVO, DANA, Gopay, dan e-wallet lain.

>>> Baca juga: 

III. Keuntungan membayar pajak kendaraan online

1. Lebih praktis

Cek pajak kendaraan online hingga pembayarannya jauh lebih praktis dibanding cara offline dengan datang ke kantor Samsat. Anda tinggal melakukan registrasi lalu melakukan pembayaran.

2. Lebih cepat

Menggunakan aplikasi membuat pengecekan dan pembayaran lebih cepat. Anda tidak harus meluangkan waktu datang ke kantor Samsat, gerai Samsat, atau Samsat Keliling. Anda juga tidak harus menunggu antrean banyak orang yang kadang bikin kesal.

3. Lebih akurat

Karena pengecekan dilakukan oleh sistem hasilnya lebih akurat dibanding cara manual. Artinya potensi salah hitung lebih minim.

4. Lebih ekonomis

Dengan informasi yang akurat anggaran yang perlu dikeluarkan juga lebih ekonomis. Tidak ada pengeluaran BBM untuk jalan ke kantor Samsat, tidak ada biaya parkir, juga pengeluaran lain-lain. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar pajak dan uang buat beli pulsa data.

IV. Cara lain cek pajak kendaraan online

Cara lain cek pajak kendaraan online

Pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak setiap tahun

Selain aplikasi, cek pajak kendaraan online juga bisa dilakukan menggunakan cara lain, yaitu via internet dan SMS.

1. Menggunakan Internet

Buka browser dan kunjungi website resmi Samsat sesuai wilayah kendaraan. Misalnya https://samsat-pkb2.jakarta.go.id untuk kendaraan dengan plat nomor DKI Jakarta, atau https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb untuk plat nomor Jatim.

Anda akan sampai di halaman informasi data kendaraan dan pajaknya. Masukkan nomor polisi (nopol) di kolom yang tersedia dan lakukan pencarian. Maka akan muncul informasi kendaraan lengkap dengan pajak yang harus dibayarkan.

2. Lewat SMS

Cara ini mungkin kurang familiar dan mulai banyak ditinggalkan. Namun masih digunakan di beberapa wilayah. Setidaknya ada 4 provinsi yang masih menggunakannya dan semuanya di Jawa, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Caranya sebagai berikut:

  • Jawa Barat : ketik POLDAJBR (spasi) PLAT NOMOR – lalu kirim ke 3977
  • DKI Jakarta : ketik METRO (spasi) PLAT NOMOR – lalu kirim ke 1717
  • Jawa Tengah : ketik JATENG (spasi) PLAT NOMOR – lalu kirim ke 9600
  • Jawa Timur : ketik JATIM (spasi) PLAT NOMOR – lalu kirim ke 7070

Kelebihan utama dari pengecekan pajak via SMS adalah tidak harus terkoneksi internet. Yang penting HP ada pulsanya dan masih aktif, maka bisa digunakan.

>>> Follow Otomurah untuk update tips dan trik mobil terbaru

 

FAQ umum

1. Apa itu pajak mobil?

Pajak mobil adalah biaya yang harus dikeluarkan setiap tahun atas kepemilikan mobil. Baik itu mobil atas nama sendiri maupun mobil atas nama orang lain yang telah dibeli dan belum balik nama.

2. Cek pajak kendaraan online?

Cek pajak kendaraan online yaitu pengecekan kendaraan secara daring tanpa harus datang ke kantor Samsat atau Samsat pembantu.

3. Aplikasi cek pajak kendaraan?

Aplikasi cek pajak kendaraan antara lain Signal, New Sakpole e-Samsat Jateng, e-Smart Samsat Jatim, Sambara, Sambat, dan yang lain.

4. Cek pajak kendaraan online Jatim?

Cek pajak kendaraan online Jatim menggunakan aplikasi e-Smart Samsat Jatim

5. Cek pajak kendaraan online Jakarta?

Cek pajak kendaraan online Jakarta menggunakan aplikasi JAKI (Jakarta Kini)

6. Cek pajak kendaraan online Batam?

Cek pajak kendaraan online Batam menggunakan aplikasi e-Samsat KEPRI

7. Cek pajak kendaraan online Riau?

Cek pajak kendaraan online Riau menggunakan aplikasi e-Samsat RIAU

8. Cek pajak kendaraan online Jawa Barat?

Cek pajak kendaraan online Jawa Barat menggunakan aplikasi Sambara (Samsat Mobile Jawa Barat)