4 Perbedaan Brio Satya dan RS

  • Fat
  • Tips & Trik
  • 19/12/2022
Sama-sama Honda Brio, varian RS dijual lebih mahal dari Satya. Berikut 4 perbedaan Brio Satya dan RS yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membeli.

Perbedaan Brio Satya dan RS membuat keduanya beda kasta dan beda harga. Tapi jika tidak diamati seksama Anda tidak akan mengetahuinya sebab tidak terlalu mencolok. Perbedaannya sendiri hampir menyeluruh. Mulai bagian eksterior, interior, hingga fitur. Sebelum lanjut lebih jauh, ada baiknya ketahui dulu sekilas tentang mobil 5 seater andalan Honda ini.

Sebagaimana diketahui, Brio Satya dan RS sama-sama laris. Gabungan keduanya menempatkan Honda Brio di puncak penjualan mobil di tanah air dengan status mobil terlaris.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda Brio (Satya dan RS) terjual sebanyak 27.738 unit pada semester I 2022. Unggul atas Suzuki Carry pick up yang terjual sebanyak 26.042 unit dan Toyota Avanza sebanyak 25.337 unit.

Honda Brio hadir pertama kali tahun 2012. Lalu masuk dalam program LCGC pada 2013 dan mengikuti skema yang ditetapkan pemerintah, seperti harga yang murah serta rendah emisi. Nama Satya juga pertama kali dirilis tahun 2013. Baru pada 2016 Honda Brio RS diluncurkan. Varian baru ini ditempatkan sebagai varian tertinggi dan terus eksis hingga sekarang.

I. 4 Perbedaan Brio Satya dan RS

Anda harus mempertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan membeli mengingat selisih harga Brio Satya dan RS tidak kecil, sekitar Rp 50 jutaan. Berikut 4 perbedaan Brio Satya dan RS yang harus Anda ketahui!

1. Eksterior

Brio menjadi penyumbang terbesar penjualan mobil Honda di Indonesia

Tampilan bagian depan Brio Satya dan RS sama-sama menggunakan bahasa desain Solid Wing Face khas-nya Honda. Namun ada perbedaan pada motif gril-nya. Pada Brio Satya menggunakan garnish tebal warna krom yang membentang dari lampu kiri ke kanan.

Sedangkan pada Brio RS menggunakan garnish warna hitam glossy sehingga penampilannya lebih sporty. Pada varian Urbanite malah lebih sporty lagi dengan penambahan body kit warna hitam di bagian bumper.

Di bagian samping dan belakang juga senada, terdapat body kit. Sedangkan pada Brio Satya biasa bagian sampingnya polos. Pilar jendela Brio Satya juga sewarna bodi, sedangkan pilar Brio RS dibikin blackout.

Pada Brio RS urbanite lebih berbeda lagi dengan spion dan handle pintu warna hitam. Lalu velg-nya warna hitam. Sedangkan pada Brio Satya velg warna silver dan pada RS biasa velg warna dual tone. Spion Brio Satya belum ada lampu sein. Sedangkan spion Brio RS sudah dilengkapi lampu sein.

Untuk bagian belakang perbedaan Brio Satya dan RS antara lain; Brio Satya tidak dilengkapi spoiler serta bagian bawah polos sewarna bodi. Sedangkan pada Brio RS dilengkapi spoiler dan bagian bawah terdapat diffuser warna hitam.

Di bagian kaki-kaki Brio Satya menggunakan ban berukuran 175/65 R14. Sedangkan Brio RS menggunakan ban berukuran 185/55 R15.

>>> Baca juga: Pajak Honda Brio Terbaru Tahun Produksi 2018-2022

2. Interior

Perbedaan interior Brio Satya dan RS

Interior Honda Brio RS lebih sporty dari Brio Satya

Di bagian interior perbedaan Brio Satya dan RS antara lain pada jok, trim, dashboard, dan plafon. Jok Brio Satya menggunakan warna beige, headrest kursi depan integrated dan headrest belakang adjustable. Pada Brio RS jok menggunakan warna hitam dengan jahitan warna merah dan semuanya dilengkapi headrest adjustable.

Trim Brio Satya full warna hitam tanpa tombol lipat spion dan tanpa tweeter. Sedangkan trim Brio RS warna hitam dengan aksen warna merah.

Dashboard Brio Satya full hitam dengan aksen warna merah yang senada dengan trim dan jok. Sedangkan dashboard Brio RS full hitam dengan aksen warna silver. Untuk desain dan penataan secara garis besar sama. Kisi AC di ujung kiri dan kanan serta dua di bagian tengah. Lalu fitur audio dan pengaturan AC terletak di bawahnya.

Plafon Brio Satya menggunakan warna cerah Ivory. Sedangkan plafon Brio RS full hitam hingga ke pilar-pilarnya.

3. Fitur

Perbedaan Brio Satya dan RS cukup signifikan di bagian fitur. Diantaranya Brio Satya menggunakan head unit 2 DIN dengan USB, bluetooth dan speaker tanpa tweeter. Sedangkan Brio RS punya head unit 6,2 inchi untuk mendisplay fitur hiburan dan pengaturan lain. Juga ada tweeter di pilar A untuk meningkatkan kualitas suara audio.

Fitur lain yaitu spion dengan lipat elektrik untuk Brio RS dan lipat manual untuk Satya, alarm system, auto door lock, audio steering switch, wiper, dan foglamp untuk RS dan Satya tipe E.

4. Harga

Sebagai varian tertinggi, harga Honda Brio RS lebih mahal dari Satya. Saat ini (Desember 2022) harga Brio RS paling rendah adalah Rp 217.600.000 dan tertinggi Rp 237.400.000 juta. Sedangkan harga Brio Satya paling rendah Rp 157.900.000 dan paling tinggi hanya Rp 188 juta.

>>> Baca juga:

II. Persamaan Brio Satya dan RS

Selain perbedaan-perbedaan di atas, antara Brio Satya dan RS lebih banyak kesamaannya. Keduanya sama-sama 5 seater dan sama-sama kompak. Dimensi panjangnya 3.800 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm dan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.405 mm.

Performa keduanya juga tidak berbeda. Sama-sama dibekali mesin 1.200 cc, SOHC, 4 silinder, i-VTEC+DBW dengan tenaga mencapai 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

Keduanya juga tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis CVT (Continuously Variable Transmission) serta berpenggerak roda depan (front wheel drive/ FWD). Suspensi depannya MacPherson Strut dan belakang H-Shape Torsion Beam. Rem depan cakram ventilasi dan belakang tromol.

III. Kesimpulan

Perbedaan Brio Satya dan RS tidak terlalu signifikan. Jika prioritas Anda hanya untuk sarana transportasi sehari-hari bersama keluarga kecil, Anda bisa memilih Honda Brio Satya varian E. Anda bisa berhemat banyak karena harganya tidak sampai Rp 200 juta.

Tapi kalau Anda juga membutuhkan head unit untuk mendisplay video, atau ingin tampilan sporty Anda pilih varian RS yang harga terendahnya sudah di atas Rp 200 juta.

Follow Otomurah untuk update tips dan trik mobil terbaru

 

FAQ umum

1. Honda Brio Satya apakah ada yang matic?

Honda Brio Satya ada yang matic, yaitu Brio Satya E CVT . Ini adalah varian tertinggi Brio Satya. Di bawahnya hanya ada pilihan manual, yaitu Satya E MT dan S MT.

2. Honda Brio Satya mulai tahun berapa?

Honda Brio Satya diluncurkan pertama kali tahun 2013 dan langsung menempati segmen low cost green car. Adapun Honda Brio RS diluncurkan pertama kali tahun 2016.

3. Pajak Honda Brio Satya berapa?

Pajak Honda Brio Satya mulai Rp 1,5 jutaan hingga Rp 2,3 jutaan. Sedangkan pajak Honda Brio RS mencapai Rp 3 jutaan.