Pilih Ertiga Vs Avanza? Baca Pembahasan ini!

  • Trinh
  • Tips & Trik
  • 20/01/2023
Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga adalah dua model mobil yang paling banyak diminati konsumen Indonesia saat ini. Jadi sebaiknya pilih beli Avanza atau Ertiga? Jika ragu, baca artikel ini segera!

Pilih Ertiga Vs Avanza? Baca Pembahasan ini!

Pilih Ertiga Vs Avanza? Baca Pembahasan ini!

I. Mesin Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza

1. Mesin Suzuki Ertiga

Penggunaan mesin baru K15B dengan keunggulan tenaga lebih besar dan lebih irit bahan bakar. Suzuki Ertiga terbaru masih menggunakan mesin 1462cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 102 HP pada 6000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada 4400 rpm. Dengan demikian, mesin Ertiga cukup bertenaga untuk Anda dan keluarga menikmati perjalanan sepenuhnya.

Fitur terbaru New Suzuki Ertiga adalah Platform HEARTECT generasi baru, yang meningkatkan tenaga bodi bawah. Teknologi ini akan menyebarkan energi tumbukan dengan lebih baik dan yang lebih penting bobotnya akan lebih ringan.

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga sekitar 20,5 KM/Liter untuk mobil manual dan 20,3 KM/Liter untuk mobil matic.

2. Mesin Toyota Avanza

Toyota Avanza menggunakan mesin Dual VVT-i. Pengalaman berkendara terbaik dapat Anda rasakan karena performa mesin Dual VVT-i membantu menghemat bahan bakar dan memiliki durabilitas tinggi. Toyota menawarkan 2 pilihan mesin yang tersedia yaitu kapasitas 1,3 liter bertenaga 98 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 121,6 Nm pada 4.200 rpm dan tipe 1,5 liter berkapasitas 106 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 137 Nm pada 4.200 rpm .

Selain transmisi manual 5 percepatan, pengguna mobil dapat memilih girboks CVT untuk menggantikan transmisi otomatis 4 percepatan ke roda depan (FWD) untuk membantu mobil beroperasi lebih lancar dan meningkatkan penghematan bahan bakar.

Konsumsi BBM Toyota Avanza sekitar 12,6 KM/Liter untuk mobil CVT.

II. Harga Ertiga vs Avanza Terbaru 2023

1. Harga Suzuki Ertiga 2023

Suzuki Ertiga baru dengan berani kembali ke pasar MPV di Indonesia. Ertiga terbaru ditawarkan dalam tujuh varian yang terbagi dalam empat kategori umum antara lain GA, GL, GX dan yang terbaru Suzuki Ertiga Sport. Berikut harga Suzuki Ertiga berdasarkan varian yang bisa Anda cek sebelum membelinya.

  • Harga Mobil ALL NEW ERTIGA GA - MT: sekitar Rp 199.5 juta
  • Harga Mobil ALL NEW ERTIGA GL - MT: sekitar Rp 218,2 juta
  • Harga Mobil ALL NEW ERTIGA GL - AT: sekitar Rp 228 juta
  • Harga Mobil ALL NEW ERTIGA GX - MT: sekitar Rp 231.5 juta
  • Harga Mobil ALL NEW ERTIGA GX - AT: sekitar Rp 241,3 juta
  • Harga Mobil ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT MT: sekitar Rp 242,8 juta
  • Harga Mobil ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT AT: sekitar Rp 252.6 juta

Jika biayanya terbatas, Anda juga bisa memilih membeli Ertiga bekas untuk menghemat biaya. Harga Suzuki Ertiga bekas mulai dari sekitar Rp 105 jutaan, tergantung kondisi kendaraan, kebutuhan penjual dan daerah penjualan mobil tersebut.

Harga Toyota Avanza 2023

Saat ini Anda bisa memilih Toyota Avanza dalam 6 versi yang tersedia. Berikut daftar harga Toyota Avanza terbaru tiap varian yang patut Anda simak:

  • Harga Toyota Avanza 1.3 E STD M/T: sekitar Rp. 197,5 juta
  • Harga Toyota Avanza 1.3 E STD A/T: sekitar Rp. 208,5 juta
  • Harga Toyota Avanza 1.3 E M/T: sekitar Rp. 199,9 juta
  • Harga Toyota Avanza 1.3 E A/T: sekitar Rp. 210,9 juta
  • Harga Toyota Avanza 1.3 G M/T: sekitar Rp 217,5 juta
  • Harga Toyota Avanza 1.3 G A/T: sekitar Rp. 228,2 juta

Jika budget terbatas, Anda juga bisa memilih membeli Avanza bekas untuk menghemat biaya. Harga Toyota Avanza bekas mulai dari sekitar Rp 140 jutaan, tergantung kondisi kendaraan, kebutuhan penjual dan wilayah penjualan mobil tersebut.

III. Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza

1. Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga

Kelebihan Suzuki Ertiga

Meski populer dan menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia, jangan lupa untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga sebelum membeli.

Berasal dari merek Suzuki yang terkenal, namun semua pelanggan setuju bahwa mobil ini terjangkau, cocok untuk banyak keluarga Indonesia. Desain mobil modern dan fresh cocok untuk keluarga muda masa kini. Selanjutnya, mobil Ertiga akan membuat penggunanya merasa puas karena irit bahan bakar dan Transmisi yang Lancar.

Kekurangan Suzuki Ertiga

Namun perlu diperhatikan juga beberapa kekurangan mobil Suzuki Ertiga seperti tidak adanya headrest pada jok baris kedua, AC masih menggunakan knob dan bahan interior terkesan murahan,...

2. Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Avanza

Kelebihan Toyota Avanza

Meski Toyota Avanza sudah sangat terkenal di pasar mobil baru dan bekas di Indonesia, namun jangan lupa untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza sebelum membelinya.

Terlihat bahwa produk Avanza berasal dari merek terkenal Toyota, sehingga kualitas mobil ini juga sangat diapresiasi di hati konsumen Indonesia. Dengan kelebihan tersebut, Anda dapat dengan mudah mencari suku cadang jika mobil Anda mengalami kerusakan, dan proses perawatannya juga menjadi mudah.

Selanjutnya, mobil Toyota Avanza memang tidak berlebihan dari segi mesin dibandingkan para rivalnya, namun mobil ini lebih disukai karena irit bahan bakar dan mesinnya juga cukup awet. Selain itu, Avanza memiliki banyak fitur tambahan, termasuk sistem keselamatan canggih Toyota Safety Sense. Kehadiran transmisi CVT untuk pengendaraan yang lebih mulus

Kekurangan Toyota Avanza

Desainnya terlihat biasa saja dibandingkan dengan model lain yang ada di pasaran mobil Indonesia. Apalagi, mobil tersebut masih dipenuhi material plastik.

Sistem keselamatan mobil besutan Toyota ini masih terbilang buruk dibandingkan kompetitor di segmen yang sama. Secara khusus, ruang kaki di baris ke-3 kurang nyaman untuk orang dewasa.

>>> Avanza vs Xpander: Model MPV mana yang lebih menarik?

IV. Kesimpulan

Dengan demikian, secara umum baik mobil Toyota Avanza vs mobil Suzuki Ertiga merupakan pilihan yang baik untuk perjalanan Anda bersama keluarga mendatang. Tergantung pada preferensi dan kebutuhan pribadi, konsumen dapat memilih untuk membeli mobil Avanza atau Ertiga.

Tentu saja kedua mobil tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing namun jika anda bisa menerima kekurangan diatas maka avanza atau ertiga akan membuat anda senang untuk membelinya. Padahal, kedua mobil tersebut dapat memenuhi kebutuhan perjalanan dalam kota maupun perjalanan jauh Anda.

Selain membeli mobil Avanza vs Ertiga baru, Anda juga bisa memilih membeli mobil Avanza atau Ertiga bekas jika ingin berhemat dalam pembelian mobil. Ini nyaman, kan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Follow Otomurah untuk update tips dan trik mobil terbaru.

FAQ umum

1. Kekurangan Ertiga Dibanding Avanza?

Beberapa kekurangan mobil Suzuki Ertiga seperti tidak adanya headrest pada jok baris kedua, AC masih menggunakan knob dan bahan interior terkesan murahan,...

2. Pilih Avanza Bekas Atau Ertiga Bekas?

Anda bisa memilih Suzuki Ertiga karena harganya cukup terjangkau. Harga Ertiga bekas mulai dari sekitar Rp 105 jutaan yang lebih murah kalau dibandingkan dengan harga Avanza bekas berkisar Rp 140 jutaan.

3. Perbandingan Konsumsi BBM Avanza dan Ertiga?

Konsumsi BBM Toyota Avanza sekitar 12,6 KM/Liter untuk mobil CVT. Sedangkan, konsumsi BBM Suzuki Ertiga sekitar 20,5 KM/Liter untuk mobil manual dan 20,3 KM/Liter untuk mobil matic.