Perbandingan CR-V vs HR-V: Mana pilihan untuk Anda 2023?

  • Fajar
  • Tips & Trik
  • 05/02/2023
Sebagai dua pesaing kuat, CR-V vs HR-V selalu berada di meja perbandingan dan bisa dikatakan tidak bisa dibedakan mana yang lebih baik. Jadi membandingkan Honda CR-V vs Honda HR-V dengan kriteria apa? Pilihan mana yang terbaik? Ikuti artikel di bawah ini untuk segera menemukan informasi yang paling berguna!

I. Perbandingan CR-V vs HR-V: soal harga mobil

Harga di pasaran bisa dikatakan sebagai kriteria utama yang akan dipertimbangkan pembeli mobil dengan sangat hati-hati sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Berikut ini harga CR-V vs HR-V:

1. Harga Honda CR-V

  • Honda CR-V 2.0L: mulai dari Rp 515,9 juta
  • Honda CR-V 1.5L Turbo: mulai dari Rp 590,9 juta
  • Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige: mulai dari Rp 653,4 juta
  • Honda CR-V 1.5L Black Edition: mulai dari Rp 668,4 juta

>>> Baca juga: Jual beli mobil Honda CR-V bekas 

2. Harga Honda HR-V

  • Mobil HR-V 1.5L S CVT: mulai dari Rp 364,9 juta
  • Mobil HR-V 1.5L E CVT: mulai dari Rp 384,9 juta
  • Mobil HR-V 1.5L SE CVT: mulai dari Rp 405,1 juta
  • Mobil HR-V 1.5L Turbo RS: mulai dari Rp 515,9 juta

>>> Baca juga: Jua beli mobil Honda HR-V bekas

Terlihat harga jual Honda HR-V terbilang lebih murah yakni berkisar antara Rp 364,9 - 515,9 juta. Sedangkan harga jual Honda CR-V sedikit lebih tinggi dengan harga jual terendah Rp 515,9 juta untuk Honda CR-V versi 2.0L. Harga Honda HR-V saat ini memungkinkan model ini mendapatkan keunggulan kompetitif yang signifikan di pasar mobil.

Perbandingan CR-V vs HR-V: soal harga mobil

Perbandingan CR-V vs HR-V: soal harga mobil

II. Perbandingan CR-V vs HR-V: soal ukuran mobil

Saat membandingkan CR-V vs HR-V dari segi ukuran, terlihat bahwa Honda CR-V secara signifikan lebih dominan daripada HR-V dalam hal wheelbase, dimensi, atau ground clearance. Berkat itu, ia dapat menghadirkan lebih banyak ruang interior daripada semua pesaing di segmen yang sama.

Sedangkan Honda HR-V memiliki ukuran yang lebih kecil dari saudaranya Honda CR-V. Dengan bodi urban yang ringkas dan trendi, versi ini juga membuat perbedaan dibandingkan model lain di pasaran.

Spesifikasi ukuran mobil (mm)

Honda CR-V

Honda HR-V

Panjang x lebar x tinggi

4.584 x 1.855 x 1.679

4.334 x 1.772 x 1.605

Jarak sumbu roda

2.660

2.610

Ground clearance

198

170

Perbandingan CR-V vs HR-V: soal ukuran mobil

III. Perbandingan CR-V vs HR-V: eksterior mobil

1. Bagian depan mobil

Dari segi eksterior, pada bagian depan mobil Honda CR-V menggunakan lampu depan LED dengan kompartemen modern dan dianut strip navigasi. Dengan versi upgrade, Honda CR-V menggunakan gril besi cor bercat hitam, menghadirkan tampilan kokoh, muda, dan dinamis pada model ini.

Sedangkan bagian depan Honda HR-V memuat ciri khas Honda dengan desain gril besar yang kuat dan bertenaga. Bagian depan model ini terlihat lebih lebar karena hidung mobil ditempatkan cukup tinggi, serta detail peregangan yang membuat bagian depan mobil terlihat lebih agresif.

Perbandingan CR-V vs HR-V: eksterior mobil

Tampilan Honda HR-V

2. Bagian bodi mobil

Ukuran velg Honda CR-V tetap sama 18 inci, desainnya terbilang diremajakan dan lebih modern. Selain itu, kaca spion kiri model ini juga terintegrasi dengan kamera untuk membantu memperingatkan titik buta, membantu pengemudi bergerak lebih aman dan nyaman. Sementara itu, bodi Honda HR-V menarik perhatian saat didesain dengan emboss, tulang rusuk yang melengkung, menghadirkan kekuatan dan kekokohan.

>>> Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V 2022

3. Bagian belakang mobil

Membandingkan CR-V vs HR-V di bagian belakang, terlihat bahwa julukan bungkuk Honda CR-V telah dihilangkan berkat desainnya yang berjiwa muda, sporty, dan modern dibandingkan versi sebelumnya. Sepasang pipa knalpot lebih eye-catching saat dibungkus logam cerah.

Selain itu, bagian belakang Honda HR-V terlihat kokoh dan bertenaga dengan kompartemen bagasi yang sangat luas dan nyaman. Hal ini berkat kapasitasnya yang besar, sehingga membantu menyimpan banyak barang untuk perjalanan jauh.

CR-V vs HR-V eksterior mobil

Tampilan Honda CR-V

IV. Perbandingan CR-V vs HR-V: interior mobil

SUV menengah cenderung memiliki interior yang lebih bagus daripada SUV kecil, terutama jika keduanya berasal dari merek yang sama. Honda CR-V memiliki interior mewah yang terbuat dari material berkualitas tinggi. Ada banyak kotak penyimpan di mobil untuk menyimpan barang-barang kecil. Versi yang lebih canggih akan memberi pengguna bahan seperti pelapis kulit dan detail kayu.

Sementara itu, Honda HR-V memiliki kabin yang bagus untuk SUV kecil di kisaran harganya. Jelas Honda lebih fokus pada fungsi daripada bentuk bagi model ini. Kabinnya berkualitas tinggi dan dibuat dengan baik, namun tetap terlihat seperti banyak detail plastik keras.

Perbandingan CR-V vs HR-V: interior mobil

Perbandingan CR-V vs HR-V: interior mobil

Dari segi perlengkapan kenyamanan, tidak sulit untuk memahami ketika Honda CR-V terbukti agak lebih baik dari HR-V dalam hal perlengkapan. Secara spesifik, model SUV ini memiliki setir berbalut kulit, jok kulit, kluster instrumen digital, jok penumpang elektrik penyesuaian 4 arah, jok pengemudi elektrik penyesuaian 8 arah. Versi CR-V kelas atas memiliki panel serat kayu, sistem suara 6 speaker, layar utama 7 inci dengan koneksi smartphone.

Dengan harga yang lebih murah, Honda HR-V hanya memiliki jok berbahan felt ( berlapis kulit pada versi kelas atas). Sebagai imbalannya, Honda HR-V memiliki teknologi Magic Seat untuk membantu kursi depan dapat direbahkan, dan kursi belakang dapat dilipat secara fleksibel. Layar utama HR-V hanya berukuran 6,8 inci. Peralatan penting lainnya dari Honda HR-V adalah rem tangan elektronik, tombol start, cruise control, smart key, dll.

V. Perbandingan CR-V vs HR-V: mesin mobil

Honda CR-V tetap menggunakan mesin turbocharged 1.5 liter 4 silinder. Mesin ini menawarkan akselerasi yang cepat saat dikendarai di dalam kota dan tenaga yang cukup untuk berkendara di jalan tol. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis variabel kontinu (CVT), memberikan pengoperasian yang mulus.

Sementara itu, Honda HR-V memiliki tenaga dari mesin 1.5 liter 4 silinder, berkapasitas 175 tenaga kuda untuk versi paling canggih. Mesin ini terbukti sedikit lelah saat melaju di jalan tol atau saat membawa banyak orang dan barang. Beberapa pelanggan mengeluhkan transmisi CVT mobil ini yang cukup berisik dan kurang responsif.

Seperti yang bisa dilihat, Honda CR-V mendapat banyak pujian berkat kelancaran pengoperasiannya. Honda CR-V tidak gesit seperti beberapa saingan SUV-nya, tetapi lebih terasa seperti sedan daripada crossover.

Sedangkan Honda HR-V memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah dikendalikan di jalanan sempit. Namun, Honda HR-V tidak terasa semulus CR-V saat melaju di jalan yang kasar.

VI. Kesimpulan

Jika harga adalah prioritas nomor satu Anda maka Honda HR-V adalah pilihan yang lebih baik. Apalagi Honda HR-V memiliki fitur dan pilihan perlengkapan yang tidak terlalu kalah dengan CR-V dan mengungguli banyak model di segmennya. Selain harga dan penghematan bahan bakar, Honda CR-V adalah SUV yang lebih baik di sebagian besar perbandingan.

Dengan demikian, CR-V vs HR-V keduanya merupakan pilihan yang sangat bagus di segmen SUV saat ini. Pilihan akhir tergantung pada anggaran dan prioritas pelanggan.

Follow Otomurah untuk update tips dan trik mobil terbaru.

FAQ umum

1. Apa saja jenis-jenis Honda CR-V dan HR-V yang tersedia di pasaran?

Honda CR-V tersedia dalam 4 jenis, yaitu 2.0L, 1.5L Turbo, 1.5L Turbo Prestige, dan 1.5L Black Edition. Sedangkan Honda HR-V tersedia dalam 4 jenis juga, yaitu 1.5L S CVT, 1.5L E CVT, 1.5L SE CVT, dan 1.5L Turbo RS.

2. Berapa harga mobil Honda CR-V dan Honda HR-V yang tersedia di pasaran?

Harga Honda CR-V mulai dari Rp 515,9 juta untuk versi 2.0L hingga Rp 668,4 juta untuk versi Black Edition. Sedangkan harga Honda HR-V mulai dari Rp 364,9 juta untuk versi 1.5L S CVT hingga Rp 515,9 juta untuk versi 1.5L Turbo RS