Rocky vs Raize, Mana Lebih Oke?

  • Fat
  • Tips & Trik
  • 21/12/2022
Rocky vs Raize, dua mobil kembar buatan Daihatsu - Toyota ini saling bersaing menjadi yang terbaik. Lantas, mana yang lebih oke dan layak untuk dimiliki?

Rocky vs Raize seperti halnya Xenia vs Avanza, Terios vs Rush, atau Ayla vs Agya. Keduanya kembar identik yang lahir dari kolaborasi Daihatsu dan Toyota. Hanya saja meskipun kembar, ada banyak hal yang membuat keduanya beda dan lebih menarik satu sama lain.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize diluncurkan pada akhir April 2021. Keduanya masuk di segmen low SUV yang merupakan segmen paling panas di Indonesia setelah low MPV. Namun tidak hanya bersaing dengan kompetitor, Rocky vs Raize harus bersaing satu sama lain untuk memikat konsumen.

I. Perbedaan Rocky vs Raize

Baik Rocky maupun Raize memiliki keunggulan masing-masing dan semuanya menggoda. So, mana yang lebih oke diantara keduanya dan lebih layak untuk dimiliki? Simak perbedaan tipe tertinggi kedua SUV tersebut, yaitu Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA Two Tone SC (Rp 273.600.000) dan Toyota Raize 1.0T GR CVT TSS Two Tone (Rp 305.100.000)!

1. Eksterior

Perbedaan eksterior Rocky vs Raize

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize langsung laris setelah resmi diluncurkan di tanah air

Rocky vs Raize sama dalam hal dimensi, yaitu panjang 4.030 mm, lebar 1.710, mm, tinggi 1.635, dan jarak sumbu roda 2.525 mm. Perbedaan paling mencolok ada di bagian depan.

Gril Daihatsu Rocky berbentuk segi enam mirip Datsun Cross, terletak di tengah dan terpisah dari lampu utama kiri kanan serta terpisah dari gril bagian bawah. Sedangkan gril Toyota Raize berbentuk trapesium berukuran besar. Lampu kiri dan kanan tersambung dengan garnish warna hitam.

Di bagian samping perbedaan paling mencolok Rocky vs Raize ada di bagian velg. Rocky menggunakan velg dual tone, sedangkan Raize menggunakan velg warna hitam glossy. Untuk bagian atas keduanya sama, pilar A, B, D yang diblackout, serta pilar C dibuat sewarna bodi. Desain ini membuat atap berkesan melayang (floating roof).

Di bagian belakang emblem Rocky terletak di sebelah kanan dan sebelah kirinya Turbo CVT. Sedangkan emblem Raize terletak di sebelah kiri dan sebelah kanannya emblem GR.

Bumper depan belakang Daihatsu Rocky juga berbeda dengan Raize. Bumper Rocky menggunakan aksesoris Astra Daihatsu Styling (ADS) warna hitam, sedangkan bumper Raize menggunakan body kit GR Sport.

>>> Baca juga: 4 Perbedaan Brio Satya dan RS

2. Interior

Perbedaan interior Rocky vs Raize

Interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize hanya untuk 5 orang

Desain dan penataan interior Rocky vs Raize nyaris sama. Hanya bagian-bagian kecil saja yang terlihat berbeda. Misalnya aksen merah Daihatsu Rocky di belakang kisi AC, konsol tengah, jok, dan trim tidak ada pada Toyota Raize.

Lalu setir Rocky polos tanpa sarung kulit, sedangkan setir Raize sudah dilapisi sarung kulit sehingga terlihat mewah.

Perbedaan lain yaitu bagasi. Pada Rocky disertakan jaring pengaman agar barang bawaan tidak langsung jatuh saat bagasi dibuka. Pada Raize aksesoris ini tidak disertakan. Pemilik harus membelinya sendiri dengan harga sekitar Rp 350 ribuan.

Pada bagasi Raize disertakan cover penutup agar isi bagasi tidak diintip orang dari luar. Pada Rocky aksesoris ini tidak disertakan, namun bisa dibeli sendiri di toko aksesoris mobil atau online store.

Adapun untuk model bagasi dan luasnya sama antara Rocky vs Raize. Jika masih kurang bisa ditambah dengan melipat kursi belakang 60:40 atau keseluruhan dan lantai bagasi bakal rata dari depan sampai belakang.

3. Fitur

Fitur keselamatan canggih disematkan pada kedua SUV ini dengan nama berbeda. Advance Safety Assist (ASA) untuk Daihatsu Rocky dan Toyota Safety Sense (TSS) untuk Toyota Raize. Didalamnya meliputi Front Departure Alert, Lane Departure Prevention, Lane Departure Warning, Pedal Misoperation Control, Pre Collision Braking, dan Pre Collision Warning.

Beberapa fitur keselamatan yang ada di Raize tapi tidak ada di Rocky antara lain airbag 6 titik, Isofix, adaptive cruise control, blind sport monitoring, dan rear cross traffic alert. Karena tidak ada adaptive cruise control tombol-tombol di setir Rocky lebih minimalis dibanding setir Raize.

Di luar fitur-fitur di atas fitur Rocky tidak berbeda dengan Raize. Semua jok dilengkapi seatbelt 3 titik dan headrest adjustable, indikator seatbelt penumpang belakang, rem depan cakram dan belakang tromol, sistem pengereman ABS+EBD, Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HAS) untuk mencegah mobil merosot saat stop and go di tanjakan.

Perbedaan fitur Rocky vs Raize

Daihatsu Rocky dilengkapi fitur keselamatan canggih Astra Safety Assist (ASA)

Untuk kenyamanan pengaturan AC Daihatsu Rocky model tombol dan sudah digital. Sedangkan pada Toyota Raize menggunakan model knop putar dan sudah digital.

Spion juga sama-sama lipat elektris dan kuncinya sudah keyless entry. So, buat mengunci dan membuka pintu cukup kantongi kunci lalu mendekat ke mobil.

Secara keseluruhan fitur Toyota Raize lebih banyak dibanding Daihatsu Rocky. Namun ada fitur yang hanya ada di Rocky dan tidak ada di Raize, yaitu Android Auto dan Apple Car Play. Di Raize keduanya tidak disertakan. Adapun untuk mirroring smartphone Toyota menggantinya dengan fitur T-Link.

Lalu di Raize ada paddle shift untuk memudahkan pengemudi melakukan perpindahan gigi transmisi. Sedangkan di Rocky tidak ada, untuk perpindahan gigi tetap menggunakan tuas.

4. Harga

Seperti biasa harga mobil Toyota lebih mahal dibanding Daihatsu meskipun keduanya kembar. Rocky vs Raize juga demikian, lebih mahal Raize ketimbang Rocky. Model yang dikomparasi di atas adalah tipe tertinggi, yaitu Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA Two Tone SC dan Toyota Raize 1.0T GR CVT TSS Two Tone.

Harga Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA Two Tone SC adalah Rp 273.600.000 OTR Jakarta bulan Desember 2022. Sedangkan Toyota Raize 1.0T GR CVT TSS Two Tone adalah Rp 305.100.000.

Untuk harga terendah Daihatsu Rocky adalah Rp 202.000.000, yaitu Rocky 1.2 M transmisi manual. Sedangkan harga terendah Toyota Raize adalah Rp 232.400.000, yaitu Raize 1.2 G M/T One Tone.

>>> Baca juga: Membeli mobil Daihatsu Rocky bekas di Otomurah

II. Persamaan Rocky vs Raize

Persamaan Rocky vs Raize lebih mendominasi dibanding perbedaannya. Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sama-sama menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM).

Performa keduanya juga sama. Yang varian 1.2 menggunakan mesin WA-VE 1.200 cc, 3 Cylinder In-line, 12 Valve DOHC with Dual VVT-i. Tenaga dihasilkan mencapai 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 112,7 Nm pada 4.500 rpm.

Sedangkan varian 1.0 menggunakan mesin 1KR-VET 1.000 cc, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i. Tenaga dihasilkan mencapai 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm.

III. Kesimpulan

Rocky vs Raize masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Mana yang lebih oke dan layak dipilih, itu relatif, tergantung selera dan kebutuhan. So, silahkan Anda pertimbangkan baik-baik sebelum Anda memutuskan membeli.

Follow Otomurah untuk update tips dan trik mobil terbaru.

FAQ umum

1. Mana yang lebih baik Toyota Raize atau Daihatsu Rocky?

Dari sisi fitur Toyota Raize lebih baik dari Daihatsu Rocky karena lebih lengkap. Namun dari sisi harga Daihatsu Rocky lebih terjangkau dengan selisih puluhan juta rupiah. Jadi anggaran pembelian bisa lebih hemat.

2. Berapa perbedaan harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky?

Baik tipe terendah maupun tipe tertinggi perbedaan harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mencapai puluhan juta rupiah.

Harga tertinggi Daihatsu Rocky adalah Rp 273.600.000. Sedangkan harga tertinggi Toyota Raize adalah Rp 305.100.000. Untuk harga terendah Daihatsu Rocky adalah Rp 202.000.000. Sedangkan harga terendah Toyota Raize adalah Rp 232.400.000.

3. Apakah mesin Raize dan Rocky sama?

Benar, mesin Raize dan Rocky adalah sama. Terdiri dari dua pilihan yakni 1.200 cc bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 112,7 Nm pada 4.500 rpm, dan mesin 1.000 cc Turbo bertenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm.