Pentingnya Mengetahui Ukuran Mobil Avanza

Penting mengetahui ukuran mobil Avanza karena bisa jadi referensi banyak hal. Misalnya dalam pembuatan garasi yang ideal serta membuat akses keluar masuknya.

Bukan rahasia jika Toyota Avanza adalah idola masyarakat Indonesia. Pemiliknya jutaan orang hingga disebut sebagai mobil sejuta umat. Anda juga tertarik? Banyak yang harus dipersiapkan jika Anda juga tertarik memiliki. Tak hanya dana yang besar, Anda juga harus memikirkan garasi penyimpanannya. Garasi harus ideal untuk ukuran mobil Avanza. Bila perlu ada tambahan spasi agar bisa digunakan untuk meletakkan peralatan perawatan kendaraan.

ukuran mobil avanza

Ukuran mobil Avanza generasi ketiga lebih besar dari Avanza generasi pertama dan kedua

Sekilas Mobil Avanza

Toyota Avanza lahir tahun 2003 dan resmi dijual pada 2004. Kemunculannya menjadi solusi kebutuhan masyarakat akan mobil keluarga yang nyaman harga terjangkau. Di tahun-tahun pertama penjualannya mencapai 40-50 ribu unit per tahun. Angka ini terus meningkat setiap tahun. Bahkan di 2013 penjualan Avanza mencapai rekor tertinggi yaitu 213.458 unit. 
Saat ini Avanza sudah generasi ketiga dengan label All New. Bentuk dan modelnya sudah berubah dari awal diluncurkan, lebih cantik, lebih kaya fitur, dan tentu lebih mahal. Ukuran mobil Avanza terbaru juga lebih besar dibanding generasi pertama dan kedua.

Ukuran Mobil Avanza

Berikut perbandingan ukuran mobil Avanza saat ini (All New Avanza 2022) dengan generasi kedua (New Avanza 2019).

Komparasi

All New Avanza

New Avanza

Panjang

4.395 mm

4.190 mm

Lebar

1.730 mm

1.660 mm

Tinggi

1.700 mm

1.695 mm

Jarak sumbu roda

2.750 mm

2.655 mm

Jarak terendah ke tanah

205 mm

200 mm

Dari data di atas terlihat ukuran panjang mobil Avanza bertambah 295 mm, lebar bertambah 70 mm, tinggi bertambah 5 mm, jarak sumbu roda bertambah 95 mm, dan jarak terendah dengan tanah naik 5 mm.
Keuntungan bertambahnya dimensi tersebut tampilan Toyota Avanza menjadi lebih gagah dan berwibawa, serta ruang kabin jadi lebih lapang. Di sisi lain dibutuhkan ruang lebih besar untuk parkir dan bermanuver. Ukuran garasi mobil Avanza terbaru ini juga harus menyesuaikan agar lebih nyaman. Baca juga mobil Avanza bekas 

Ukuran Garasi Mobil Avanza

Garasi perlu dipikirkan masak-masak sebelum memutuskan membeli mobil. Jangan sampai beli mobil tapi tidak memiliki garasi penyimpanan. Akhirnya mobil diparkir di pinggir jalan, terpapar hujan dan panas. Selain mempercepat kerusakan cat kendaraan, juga menutup sebagian akses jalan yang mengganggu kenyamanan warga.
Garasi bisa di tempat sendiri, bisa juga di tempat orang lain yang disewakan. Tapi dimanapun itu ukurannya harus ideal dan memadai.

Parameter

ukuran garasi mobil avanza

Pembuatan garasi mobil disesuaikan dengan ukuran mobil itu sendiri

Untuk ukuran garasi mobil Avanza parameter utamanya adalah ukuran mobil Avanza itu sendiri, yaitu panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Jika dibulatkan dalam ukuran centimeter menjadi 420 cm x 170 cm x 170 cm.
Setelah itu masing-masing ditambah 100 cm. Jadinya ukuran garis mobil Avanza yang ideal adalah 520 cm, lebar 270 cm, dan tinggi 270 cm. Dengan penambahan 1 meter ada spasi buat akses ke kendaraan selebar 50 cm pada masing-masing sisi.
Itu adalah ukuran ideal minimalis. Sebaiknya tidak dikurangi karena ruang yang tersisa bakal lebih sempit.  Justru sebaliknya jika masih memungkinkan ukuran lebarnya ditambah agar akses ke kendaraan semakin mudah. Selain itu juga bisa dipakai meletakkan peralatan perawatan kendaraan.
Pembuatan garasi mobil disesuaikan dengan ukuran mobil itu sendiri

Akses keluar masuk

Tidak hanya menyesuaikan ukuran kendaraan, pembuatan garasi juga harus memikirkan akses ke jalan umum. Gambarannya jika garasi mepet jalan dan jalannya tidak terlalu lebar, maka akses keluar masuknya bakal lebih sulit. Apalagi ukuran mobil Avanza saat ini lebih besar dari sebelumnya. Jika kondisinya demikian ukuran garasi sebaiknya dibikin lebih lebar. Atau minimal pada bagian pintunya jangan dibikin siku, tapi melengkung.
Berbeda jika jalan umum berukuran lebar atau lokasi garasi lebih mundur, akses keluar masuk garasi lebih mudah disesuaikan.

Ukuran Ban Mobil Avanza

Ukuran ban mobil Avanza juga penting diketahui sebagaimana pentingnya memahami ukuran mobil Avanza itu sendiri. Gunanya sebagai referensi agar tidak salah pilih saat penggantian ban.
Toyota Avanza terbaru menggunakan ban GT Radial Champiro Ecotec berukuran 195/60 R16. Ban buatan PT Gajah Tunggal Tbk. itu sekaligus menjadi ban resmi atau Original Equipment Manufacturer (OEM).
Dikutip dari situs resmi GT Radial, ban Champiro Ecotec memiliki banyak keunggulan. Ban ini termasuk ban Eco yang membantu efisiensi bahan bakar dengan memperbaiki jarak pengereman, meningkatkan kenyamanan berkendara, memiliki respon mengemudi yang baik di jalan lurus maupun tikungan, serta meminimalisir getaran dan kebisingan jalan (road noise).
Selain Toyota Avanza, GT Radial Champiro Ecotec yang diluncurkan akhir Agustus 2021 juga jadi ban resmi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Mesin Mobil Avanza

Masih ada hubungannya dengan ukuran mobil Avanza adalah mesin yang digunakan. Mobil ini menggunakan mesin bensin 2NR-VE 4 silinder, 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Kapasitas silindernya 1.496 cc, dengan tenaga maksimum 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 137 Nm (14 kgm) pada 4.200 rpm.
Kapasitas tangki BBM-nya 43 liter, berpenggerak roda depan (FWD), serta tersedia pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT (Continuous Variable Transmission).

Kesimpulan

Sebenarnya hampir seluruh bagian kendaraan bermotor memiliki ukuran standar. Ada yang penting untuk diketahui si pemilik seperti ukuran mobil Avanza dan ukuran bannya. Ada juga yang penting dipahami oleh mekanik karena berhubungan dengan masalah teknis. Yang telah disebutkan di atas adalah sebagian yang penting diketahui pemilik.
>>>  Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya di otomurah