Cek Konsumsi BBM Avanza, Irit atau Boros

Tak ada yang tak kenal Toyota Avanza, mobil paling populer di tanah air karena saking larisnya. Apakah konsumsi BBM Avanza ini sebaik namanya?

Konsumsi BBM Avanza mungkin jadi pertanyaan banyak orang, irit, standar, atau malah boros? Masalahnya tidak semua orang memperhatikan hal tersebut. Meski sukses di pasaran, konsumen banyak yang tidak peduli seberapa efisien BBM-nya. Alasan utamanya lebih dominan mobil ini tangguh, muat sekeluarga, serta memiliki nilai yang tinggi saat dijual kembali.

Sebagaimana diketahui Toyota Avanza sangat terkenal di Indonesia. Mobil ini laris manis dari sejak diluncurkan tahun 2004. Hingga generasi ketiga sekarang tetap digemari. Kehadiran berbagai model baru tak membuat namanya terlupakan. Orang tetap lebih mengenal Avanza ketimbang yang lain.

Namun bukan karena konsumsi BBM-nya meski hal itu sangat penting. Mobil irit BBM membuat pengeluaran bisa ditekan, khususnya untuk pembelian bahan bakar. Apalagi Toyota Avanza dikenal multi fungsi. Dipakai tidak hanya untuk mobilitas keluarga tapi juga untuk keperluan bisnis, seperti travel, taksi online, hingga angkutan barang. Nah, mari kita cek konsumsi BBM Avanza ini, irit atau sebaliknya!

Konsumsi BBM Avanza

Toyota Avanza, mobil paling laris di tanah air

Konsumsi BBM Avanza

Secara resmi APM jarang mengadakan lomba adu irit bahan bakar. Uji konsumsi BBM Avanza lebih banyak dilakukan secara independen, baik oleh komunitas maupun media. Hasilnya berbeda-beda karena yang menguji berbeda, gaya berkendaranya berbeda, tipe mobil yang digunakan juga berbeda.

Salah satu tim penguji menggunakan Avanza 1.5 generasi pertama menghasilkan angka pemakaian BBM 9,9 km/liter untuk perjalanan dalam kota dan 11,4 km/liter rute luar kota. Tim lain menggunakan Veloz 1.5 mencatatkan angka 10,5 km/liter untuk rute dalam kota dengan berkendara normal, dan 12,3 km/liter rute luar kota.

Ada juga yang menggunakan Veloz 1.3 untuk rute luar kota. Hasilnya konsumsi BBM Avanza tipe ini mencapai 17,3 km/liter dengan gaya berkendara eco.

Hasil di atas sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Tapi juga tidak bisa dibilang luar biasa, model lain di kelas low MPV bahkan bisa mencatatkan angka lebih besar.

By the way, jika Anda bisa mendapatkan angka lebih dari 12 km/liter untuk pemakaian sehari-hari, itu sudah cukup baik. Konsumsi bahan bakarnya termasuk sedang-sedang saja. Sedangkan di bawah 10 km/liter pemakaiannya tidak bisa dikatakan hemat alias boros. Baca juga Harga mobil Avanza bekas 

Mesin Toyota Avanza

Tak dipungkiri konsumsi BBM Avanza dipengaruhi banyak faktor, termasuk mesin. Saat ini model terbaru Toyota Avanza dibekali 2 pilihan mesin, 1.300 cc dan 1.500 cc.

Mesin 1.300 cc, 4 Cylinder in-line, 16 Valve DOHC with Dual VVT-i menghasilkan tenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 121,6 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan mesin 1.500 cc, 4 Cylinder in-line, 16 Valve DOHC with Dual VVT-i menghasilkan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan 137 Nm pada 4.200 rpm.

Cek konsumsi BBM Avanza

Teknologi mesin Toyota Avanza mendukung efisiensi

Menurut sumber resmi Toyota Indonesia, teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent) merupakan cara kerja pintar yang mampu membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan. Sistem ini mengatur waktu bukaan katup pada mesin sesuai kebutuhan.

Teknologi ini diperkenalkan secara global pada 1998. Sedangkan di Indonesia digunakan pertama kali tahun 2000 pada Toyota Corolla Altis. Sekarang hampir semua model Toyota dibekali teknologi tersebut, termasuk Avanza.

Keunggulan dari mesin Dual VVT-i adalah akselerasi yang optimal untuk menghasilkan tenaga yang kuat di berbagai medan, namun konsumsi bahan bakarnya tetap hemat.

Tips agar konsumsi BBM Avanza lebih efisien

Secara struktur dan teknologi mesin yang disuguhkan Toyota Avanza sangat mendukung efisiensi. Namun ada hal-hal lain yang tak kalah penting agar penghematannya bisa maksimal, yaitu gaya berkendara. Lebih lengkapnya berikut tips agar konsumsi BBM Avanza bisa efisien secara maksimal:

  • Kecepatan stabil

Kecepatan stabil membantu penghematan BBM secara signifikan. Lain halnya jika kecepatan berubah-ubah secara drastis, konsumsi BBM bakal lebih besar. Jadi, usahakan kecepatan mobil konstan dan stabil.

  • Rpm rendah

Rpm (Revolution Per Minute) atau putaran mesin berpengaruh besar pada konsumsi bahan bakar. Semakin tinggi angka rpm semakin besar konsumsi BBM. Anda bisa melihat angka rpm pada tachometer di balik kemudi.

>>> Baca juga Konsumsi BBM Nissan X- trail

  • Akselerasi dan pengereman halus

Akselerasi dan pengereman halus membuat mesin bekerja dengan lembut. Berbeda dengan akselerasi dan pengereman mendadak, mesin akan bekerja keras menurunkan putarannya yang membuat konsumsi BBM semakin besar.

Cara mendapatkan akselerasi dan pengereman halus diantaranya menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, serta mengurangi kecepatan mobil dari jarak jauh.

  • Gigi transmisi tepat

Selain akselerasi halus, agar mesin tidak terlalu bekerja ekstra keras usahakan menggunakan gigi transmisi secara tepat. Pakai gigi rendah di kecepatan rendah dan tinggi di kecepatan tinggi. Jangan sebaliknya karena bisa membuat konsumsi BBM Avanza boros.

  • Tekanan ban jangan sampai kurang

Tekanan ban yang kurang membuat sebagian besar permukaan ban menapak ke aspal. Efeknya mesin harus bekerja lebih keras karena putaran ban semakin berat.

  • Bijaksana menggunakan AC

AC atau pendingin udara dalam kabin menjadi fitur vital Toyota Avanza. Tapi penggunaannya mempengaruhi konsumsi BBM karena kinerja AC mengandalkan kinerja mesin. Sebagai solusi Anda harus bijaksana. Gunakan AC seperlunya dan jangan berlebihan. Anda juga bisa memanfaatkan udara alam saat berada di tempat dingin dan minim polusi. Seperti saat melewati kawasan pegunungan atau dataran tinggi.

penampilan Toyota Avanza Semakin menawan

Penampilan Toyota Avanza semakin menawan

Demikian seputar konsumsi BBM Avanza serta tips mendapatkan efisiensi maksimal. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Kalau Anda tertarik, Toyota Avanza saat ini tersedia versi bekas maupun barunya.

Yang bekas bisa Anda temukan di situs jual beli mobil atau di dealer-dealer mobil bekas yang tersebar di berbagai kota. Sedangkan yang terbaru tersedia di dealer resmi Toyota. Ada 5 pilihan varian yang dijual mulai Rp 233,1 juta hingga Rp 295,8 juta.

>>> Baca juga Jual mobil Toyota bekas

Spesifikasi Toyota Avanza 1.5 (2022)

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.395 x 1.730 x 1.700

Jarak Sumbu Roda (mm)

2.750

Ground Clearance (mm)

205

Mesin

Tipe Mesin

4 Cylinder in-line, 16 Valve DOHC with Dual VVT-i

Isi Silinder

1.496 cc

Tenaga Maksimal/rpm

106 PS / 6.000 rpm

Torsi Maksimal/rpm

137 Nm / 4.200 rpm

Transmisi

Manual 5 Speed / CVT

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)

Handling

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban

195/60 R16

>>> Baca juga Tips trik mobil di otomurah.com