Kupas Tuntas Aki Mobil Avanza

Untuk berfungsi secara optimal, mobil Toyota Avanza membutuhkan aki yang prima. Mari mengupas tentang seluk beluk aki mobil Avanza.

Sejak tahun 2003, Toyota Avanza menggantikan tugas Toyota Kijang menjadi mobil paling favorit bagi keluarga di Indonesia. Boleh disebut, Toyota Avanza adalah mobil keluarga yang sangat serbaguna karena mampu memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Tidak aneh kalau low MPV itu harus siap bertugas 24/7 alias 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Kesiapan itu wajib didukung dengan aki mobil Avanza yang istimewa pula.

Selain kendaraan yang bekerja ekstra keras, ternyata aki mobil Avanza juga bertugas dalam kondisi ekstrem. Memutar motor starter untuk menghidupkan mesin dan menyediakan  daya listrik kepada  beragam komponen. Apalagi banyak Toyota Avanza yang tampil menarik dengan tambahan aksesoris yang butuh setrum listrik dalam jumlah tidak sedikit.

Kupas Tuntas Aki Mobil Avanza

Mobil sejuta umat butuh aki bermutu prima  

Ukuran Aki Mobil Avanza

Secara umum,  spesifikasi  aki mobil Toyota Avanza yang paling  mendasar punya  kapasitas 32-35 Ampere. Sejatinya aki kelas 32-35 Ampere tergolong  cukup kecil, tetapi sudah cukup untuk memasok kebutuhan daya listrik Toyota Avanza sepanjang tidak ada penambahan perangkat kelistrikan (aksesoris) versi aftermarket secara berlebihan seperti lampu kabut, sistem alarm, sistem audio dan sistem hiburan lainnya.

Nyatanya tidak sedikit  pemilik Toyota Avanza yang kemudian menambahkan aksesoris versi aftermarket. Antara lain sistem alarm ekstra, menukar lampu depan halogen dengan HID,  memasang sistem audio beserta subwoofer, serta instalasi sistem hiburan berupa layar monitor belakang. Untuk memenuhi kebutuhan daya listrik yang semakin meningkat, aki standar 32-35 Ampere diganti dengan aki berkapasitas lebih besar seperti 45 Ampere. Bahkan, ada yang menggunakan baterai dengan kapasitas 50-55 Ampere hingga 60-65 Ampere.

Secara teknis, penggunaan aki yang berkapasitas lebih besar daripada aki dengan spesifikasi standar masih diperbolehkan. Hanya saja perlu diperhatikan keseluruhan sistem kelistrikan mobil seperti kemampuan pengisian oleh alternator, kapasitas sekring, dan kondisi kabel-kabel. Itu sebabnya, lebih baik konsultasikan lebih dahulu kepada bengkel yang berkompeten sebelum melakukan penambahan aksesoris untuk mobil kesayangan.    

aki mobil avanza

Sesuaikan kebutuhan dengan jenis akinya 

Jenis Aki Mobil Avanza

Menjawab kebutuhan konsumen dan tambahan aksesoris yang terus meningkat, produsen komponen otomotif menyediakan beragam pilihan aki  mobil Avanza. Secara umum ada empat jenis aki mobil Avanza yang tersedia di pasaran.

  • Aki Basah Konvensional

Aki basah konvensional biasanya dijual dengan pilihan hanya aki saja atau paket lengkap (termasuk air aki merah yang bisa diisi sendiri oleh konsumen). Kalau air aki merah sudah diisikan ke dalam sel aki, tunggu sekitar 30 menit agar aki stabil. Selanjutnya aki bisa dipasang dan digunakan. Butuh perawatan teratur berupa pengecekan kondisi, pembersihan terminal baterai dan pengisian air aki biru.       

  • Aki Basah Hybrid

Pada dasarnya, aki basah hybrid adalah aki basah konvensional yang dilengkapi teknologi hybrid berupa bahan calcium sehingga dan low maintenance. Minim penguapan air aki dan interval penambahan air aki lebih panjang daripada aki basah konvensional. Biasanya aki basah hybrid dilengkapi  indikator  untuk mengetahui kondisi kesehatan  aki. 

  • Aki Maintenance Free

Aki MF (maintenance free) memadukan bahan sel calcium dan teknologi resirkulasi penguapan sehingga bebas perawatan. Komponen ini tidak butuh pengecekan dan penambahan air aki secara berkala, kecuali pada kondisi tertentu. Alhasil, interval perawatan lebih panjang sekitar 6 bulan sampai setahun dan dilakukan oleh bengkel yang berkompeten.  

  • Aki Calcium

Memanfaatkan bahan full calcium,  aki jenis ini memiliki  daya listrik (Ampere & CCA) lebih tinggi dan usia pakai lebih panjang serta bebas perawatan. Konsumen hanya perlu mengecek kondisi terminal dan pastikan bersih dari kerak yang mengganggu kelancaran aliran daya listrik. Dengan aki calcium, konsumen hanya perlu membeli dan memakai seterusnya sampai rusak.

>>> Baca juga Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

Merek Aki Mobil Toyota Avanza

Merek Aki Mobil Toyota Avanza

Banyak pilihan merek aki mobil Avanza,, sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi  

Jika mobil Toyota Avanza milik Anda masih standar dan tidak ada penambahan aksesoris versi aftermarket, maka ikuti spesifikasi teknis aki versi bawaan pabrik dengan kapasitas 32-35 Ampere. Pada sisi lain, Toyota Avanza yang sudah dipenuhi dengan beragam aksesoris  versi aftermarket tentunya membutuhkan aki dengan kapasitas lebih besar.

Di gerai aki banyak tersedia pilihan dengan beragam harga, kapasitas, merek hingga  spesifikasi. Bicara soal spesifikasi dan kapasitas, setiap produsen aki sudah mengikuti standar yang berlaku umum. Jadi yang berbeda adalah merek dan harga. Secara umum, merek aki yang populer adalah GS, Yuasa, G-Force, Rocket, Incoe, Global, Delkor, Massiv atau Furukawa. Sebaliknya, yang populasinya tinggi karena banyak dipakai adalah merk GS, Yuasa, G-Force, dan Incoe. Alasannya  karena  mutu yang terjamin, juga  harganya yang relatif terjangkau.

Daftar Harga Aki Mobil Avanza

Aki

Harga

GS MF

Rp 760.000

GS Premium 

Rp 640.000

GS Kering 

Rp 1.463.000

GS Hybrid 

Rp 623.300

Bosch MF

Rp 655.000

Furukawa

Rp 535.000

Amaron MF

Rp 1.225.000

Yuasa

Rp 800.800

>>> Baca juga Jual beli mobil Toyota Avanza bekas

Gerai Aki Mobil

Anda bisa membeli aki mobil di bengkel resmi maupun gerai khusus aki. Kalau membeli aki di bengkel resmi, maka mereknya sudah terpilih sesuai perjanjian antara merek mobil dengan pemasok suku cadang. Contohnya, GS menjadi pemasok aki untuk merek Toyota, maka hanya aki GS  yang dijual oleh bengkel resmi Toyota. Pilihan lain adalah gerai Shop & Drive yang menjual produk grup Astra, jadi hanya menjual aki merek GS Astra. Jika ingin mencari pilihan lebih banyak, silakan datang ke toko aki yang menjual beragam merek dengan beragam harga.  

Pastikan hanya membeli aki di toko aki yang sudah terjamin soal kualitas produk dan kualitas layanan. Jangan sampai tertipu dan membeli aki baru tapi bekas alias aki hasil rekondisi karena tergiur harga murah. Bicara soal toko aki, Anda dapat memanfaatkan jaringan  Shop & Drive untuk produk grup Astra atau  toko onderdil yang sudah menjadi langganan Anda. Biasanya toko aki menawarkan layanan bongkar pasang dan sekaligus promo tukar tambah sehingga Anda tidak perlu bingung membuang aki lama.  

Kesimpulan

Jangan lupa setelah  membeli aki baru, mintalah  jaminan garansi. Umumnya, jaminan garansi aki baru adalah satu tahun yang dihitung sejak  aki baru tersebut terpasang pada mobil Anda. Jika toko tersebut tidak bersedia memberikan jaminan garansi atau jaminan garansi kurang dari 12 bulan, lebih baik pindah ke toko lain. Konsekuensinya, harga aki baru dengan  jaminan garansi tentu lebih mahal daripada aki baru tanpa jaminan garansi. 

>>>Klik di sini untuk mengupdate tips dan trick mobil terbaru lainnya di Otomurah