Umur Aki Mobil Avanza? Ini Jawabannya!

Berapa lama usia pakai aki untuk mobil Toyota Avanza? Demikianlah salah satu pertanyaan paling mendasar yang sering disampaikan oleh para pemakai mobil Toyota Avanza. Lalu apa yang menjadi jawabannya?

Apa pun jenis mobilnya, aki selalu menempati posisi khusus sebagai  salah satu komponen  penting. Begitu pula, mobil Toyota Avanza  memiliki aki yang memiliki  berbagai fungsi. Selain  bertugas untuk menghidupkan mesin, aki mobil juga berguna untuk memberikan daya listrik pada berbagai komponen listrik kendaraan seperti AC, radio, maupun aksesoris mobil lainnya.

Itu sebabnya, aki membutuhkan perhatian khusus secara berkala terutama untuk aki basah agar usia pakainya bisa dimaksimalkan secara optimal. Dengan demikian, tidak setiap saat terjadi masalah klasik seperti soak ketika mobil sangat dibutuhkan oleh penggunanya. Terlebih untuk kendaraan yang berstatus sebagai mobil operasional harian dengan jam terbang tinggi. Baca juga Umur Aki mobil Avanza

Umur Aki Mobil Avanza? Ini Jawabannya!

Tersedia  beragam pilihan aki untuk Toyota Avanza

Faktor Usia Pakai Aki

Pada dasarnya, usia pakai aki dipengaruhi oleh aneka faktor yang saling berkaitan satu sama lain.

  • Panas

Suhu lingkungan (ruang mesin) yang panas menjadi “musuh” bagi aki karena mempercepat penguapan air aki. Kalau tidak diperhatikan dengan cermat, maka air aki lekas berkurang dan sangat mungkin habis. Ujung-ujungnya aki soak dan minta ganti baru.  

  • Perawatan

Aki basah membutuhkan perawatan yang lebih sering dan teratur jika dibandingkan dengan aki basah. Namun harga aki basah lebih terjangkau daripada aki kering. Kalau Anda tergolong malas untuk merawat aki basah, buat saja jadwal berkala semisal seminggu sekali untuk pengecekan.   

  • Kondisi operasional

Semakin sering mobil digunakan semisal setiap hari dengan rute dekat atau jauh dan kerap mengalami guncangan, maka usia pakai aki sudah bisa diprediksi. Sebagai contoh, aki basah yang dipakai oleh armada mobil taksi memiliki usia pakai rata-rata setahun.   

  • Pengisian

Faktor pengisian oleh alternator juga berperan besar terhadap usia pakai aki basah maupun kering. Kalau pengisian terlalu tinggi (overcharge) maka air aki semakin cepat menguap karena kepanasan. Begitu pula sebaliknya jika pengisian kurang (undercharge), akhirnya aki pun  sakit gara-gara “kurang gizi”.

Umur Aki Mobil Avanza? Ini Jawabannya!  

Pengisian air aki menjadi salah satu perawatan aki basah

Memperpanjang Usia Pakai Aki

  • Perawatan

Untuk aki basah atau aki kering, perawatan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Memakai aki basah membutuhkan perawatan berkala, silakan beralih ke aki kering yang relatif lebih minim perawatan. Namun demikian, kedua jenis aki tersebut sama-sama membutuhkan perawatan.  

  • Charging

Jika mobil jarang dipakai, lakukan pemanasan mesin secara berkala, paling tidak 2-3 kali dalam seminggu. Tidak hanya menjaga kesehatan mesin, juga memastikan kondisi aki selalu prima. Kalau sama sekali tidak sempat memanaskan mesin, silakan gunakan smart charger supaya aki selalu sehat walafiat. Dengan smart charger, pengisian aki bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan tidak ada overcharge atau undercharge.  

Umur Aki Mobil Avanza? Ini Jawabannya!

Baterai di-charge untuk perawatan, bukan untuk aki soak

Umur Aki Mobil Avanza

Biasanya, umur aki mobil Avanza tergantung dari jenis, pemakaian, dan perawatannya. Jika memakai asumsi aki basah, pemakaian normal dan perawatan teratur, maka usia pemakaian aki mobil Avanza  berkisar antara 1-3 tahun. Bisa lebih panjang atau lebih pendek tergantung sejumlah faktor. Semisal, penambahan beragam aksesoris menyebabkan beban kerja aki semakin berat sehingga usia pakainya menurun. Begitu juga kalau pengguna mobil ternyata lalai atau kurang memperhatikan aspek perawatan terutama untuk aki basah.

Jenis Aki Toyota Avanza

Untuk mobil Toyota Avanza, tersedia beragam pilihan aki. Mengutip situs produsen aki (salah satunya aki GS Astra), ada empat macam aki yang bisa dipilih oleh pengguna Toyota Avanza.

  • Aki Premium

Pada dasarnya aki premium adalah aki basah konvensional. Aki premium dilengkapi dengan air aki merah yang bisa diisikan langsung oleh konsumen. Setelah air aki merah diisikan ke dalam aki, diamkan sekitar 30 menit dan kemudian aki bisa digunakan. Jangan lupa perawatan teratur berupa pengisian air aki secara berkala.   

  • Aki Hybrid

Secara teknis, aki hybrid adalah  aki basah yang minim perawatan karena dilengkapi teknologi hybrid sehingga minim penguapan air aki dan penambahan air aki lebih lama (4-5 kali) dibandingkan aki basah konvensional. Didukung indikator air aki  untuk mengetahui kondisi kesehatan  aki. Namun jangan bergantung indikator, yang paling utama tetap perawatan berkala.

  • Aki Maintenance Free

Setingkat di atas aki hybrid tersedia aki MF (maintenance free) dengan teknologi resirkulasi penguapan sehingga bebas perawatan. Aki MF boleh disebut tidak butuh lagi pengecekan dan penambahan air aki secara berkala sehingga menghemat waktu dan biaya perawatan. Kejadian  aki soak karena lalai perawatan semakin berkurang.  

  • Aki Calcium

Memakai bahan  calcium,  aki mobil ini menawarkan  beragam keunggulan seperti daya lebih besar dan kuat (Ampere dan CCA) serta usia pakai lebih lama. Pada sisi lain, dimensinya sama seperti aki  lainnya dan boleh disebut bebas perawatan. Beli lalu pakai dan ganti ketika soak.

Aki basah atau aki kering? Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan

Aki basah atau aki kering? Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan

Harga Aki Toyota Avanza

Sebagai informasi dasar, berikut harga aki untuk mobil Toyota Avanza menurut situs GS Astra

Aki

Harga

Premium

Rp 646.350

Hybrid

Rp 663.300

MF

Rp 789.650

Calcium

Rp 1.161.940

Jika Aki Soak

Kalau hal itu terjadi, tidak perlu panik. Ada dua hal yang bisa dilakukan. Yang paling mudah  adalah menelpon bengkel untuk permintaan layanan home service. Nantinya mekanik home service yang akan melakukan penggantian aki. Berikutnya  adalah minta tolong tetangga untuk melakukan proses jump start. Setelah itu bawa mobil ke bengkel atau ke toko aki terdekat untuk melakukan ganti aki baru. Mengapa harus ganti aki baru? Tidak ada gunanya men-charge aki soak karena hanya membuang tenaga, uang dan waktu. Usia aki soak hanya bisa diperpanjang dalam hitungan bulan dan kemudian mati total. 

Jump start jika aki soak menjadi salah satu solusi sementara 

Jump start jika aki soak menjadi salah satu solusi sementara

Kesimpulan

Secara mendasar, umur aki mobil Avanza berada pada rentang 1-3 tahun dengan catatan perawatan baik, pemakaian normal dan aki basah. Faktanya, usia pakai aki tidak mudah  diprediksi  karena sangat bergantung pada faktor-faktor tersebut. Jika ingin usia pakai yang lebih lama dan minim perawatan, silakan pilih aki jenis MF dan calcium. Pada sisi lain, jika anggaran relatif terbatas, bisa memilih aki basah. Hanya saja, aki basah membutuhkan perawatan teratur.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trick mobil terbaru lainnya di Otomurah