Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy

Kapasitasnya besar membuatnya layak disebut mobil keluarga. Inilah kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy, edisi terakhir sebelum digantikan Terios.

Taruna Oxxy menjadi bagian dari kesuksesan Daihatsu Taruna di Indonesia. Mobil ini begitu diminati dan jadi salah satu mobil terlaris. Sampai sekarang masih bisa dijumpai lalu lalang di jalan raya, meski secara jumlah kalah jauh dari sang pengganti yakni Terios.

Anda yang tertarik untuk membeli juga masih mudah menemukannya di berbagai situs jual beli mobil. Tentu saja kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy harus dipertimbangkan sebab mobil ini masuk kategori tua lebih dari 15 tahun.

Sekilas Daihatsu Taruna Oxxy

Daihatsu Taruna Oxxy merupakan generasi ketiga Taruna di Indonesia. Diluncurkan tahun 2005 menggantikan generasi kedua, yaitu F-Series (FL, FX, FGZ, dan FGZ) dan generasi pertama, yaitu C-Series (CL, CX, dan CSX).

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy

Daihatsu Terios Oxxy, salah satu mobil penumpang terbesar di zamannya

Sebagai trim tertinggi Oxxy memang lebih baik dibanding dua trim sebelumnya itu. Bagian yang berubah mulai velg ukuran 16 inch, rear stop lamp, grill depan, bumper depan, bodykit samping, fog lamp, spoiler atas dengan high mount stop lamp hingga mesin yang tetap 1500 cc injeksi.

Namun demikian mobil ini tetap memiliki kekurangan. Terutama jika dibanding mobil-mobil jaman sekarang yang lebih modern. Berikut kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy.

>>> Baca juga mobil Daihatsu Taruna bekas 

Kelebihan Daihatsu Taruna Oxxy

Desain keren

Secara keseluruhan desain Daihatsu Taruna Oxxy masih cukup keren. Bahkan sampai sekarang belum terlalu jadul. SUV ini lebih terlihat anggun tapi juga gagah. Tidak banyak sudut-sudut siku pada bodinya.

Bagian depannya gagah dengan bumper besar bentuk tanduk. Di bagian samping kesan gagah ditunjukkan dengan adanya over fender depan belakang. Juga tampil sporty dengan side body moulding sewarna bodi dan stiker Oxxy (huruf kedua warna merah), serta pilar B warna hitam.

Di bagian bawah ada foot step untuk memudahkan penumpang keluar masuk kendaraan. Di buritan menempel ban serep seperti umumnya SUV masa lalu, memberikan kemudahan saat ingin mengganti ban.

Kabin lapang 8 seater

Meski SUV Daihatsu Taruna Oxxy layak disebut mobil keluarga. Kabinnya besar dengan kapasitas hingga 8 orang. Bahkan kursi baris ketiga pun lapang buat duduk penumpang dewasa.

Mesin dan performa

Oxxy dibekali mesin yang sama dengan generasi sebelumnya atau F-Series, yaitu 1500 cc. Tenaga dihasilkan sekitar 94 Hp pada 5.700 rpm dan torsi 127 Nm pada 4.800 rpm.

Kelebihan lainnya adalah semakin irit BBM karena menggunakan teknologi injeksi yang membuat pembakarannya lebih sempurna. Berbeda dengan Taruna generasi pertama atau C-Series yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy

Daihatsu Terios Oxxy jadi edisi terakhir Taruna sebelum digantikan Terios

Harga 70-80 jutaan

Daihatsu Taruna Oxxy memiliki resale value atau nilai jual kembali yang cukup baik. Harga bekasnya saat ini berkisar Rp 70-80 jutaan. Harga itu bukan patokan pakem, bisa lebih tinggi jika kondisinya baik, terawat, serta tidak banyak cacat berarti.

Baca juga harga mobil taruna dibawah 50 juta

Perawatan dan sparepartnya mudah

Membahas kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy kurang sempurna jika tidak menyinggung soal perawatan. Menurut laman resmi Astra Daihatsu Motor (ADM), Taruna jadi salah satu model yang perawatannya cukup mudah. Perawatan bisa dilakukan di bengkel resmi maupun bengkel umum.

Sparepartnya juga bisa dicari di bengkel resmi, bengkel umum, di toko onderdil, maupun di toko-toko online.

Kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy

Kurang kedap

Kekedapan kabin Daihatsu Taruna kurang maksimal. Deru mesin cukup terdengar karena belum dilengkapi peredam. Begitu pula suara-suara dari luar hingga suara ban masih samar-samar terdengar.

Transmisi manual

Belum ada pilihan transmisi otomatis untuk Daihatsu Taruna. Semuanya manual dengan tiga pedal. So, dibutuhkan keterampilan lebih untuk mengemudikannya.

Seatbelt hanya kursi baris pertama

Seatbelt menjadi fitur keselamatan vital untuk penumpang. Namun pada Daihatsu Taruna Oxxy hanya ada di kursi baris pertama untuk pengemudi dan penumpang. Jadi penumpang baris kedua dan ketiga lebih berisiko fatal jika terjadi benturan keras atau pengereman mendadak.

Ban serep konde jadi ciri khas SUV masa lalu

Ban serep konde jadi ciri khas SUV masa lalu

Bagian tengah kursi belum ada headrest

Kursi Taruna Oxxy sudah dilengkapi dengan adjustable headrest untuk menambah kenyamanan. Tapi hanya sisi kanan dan kiri saja pada setiap barisnya. Sedangkan bagian tengah kursi baris kedua dan ketiga belum ada headrest.

AC hanya speedfan – tanpa pengatur arah semburan

Air Conditioner (AC) atau pendingin udara menjadi fitur luar biasa pada mobil-mobil masa lalu, termasuk pada Daihatsu Taruna Oxxy. Namun yang ada hanya speed fan atau pengatur kecepatan kipas. Belum ada pengatur semburan angin sehingga angin menyembur merata ke seluruh bagian kabin.

Kenop AC mirip kompor gas

Kekurangan yang ini sebenarnya tidak signifikan. Bentuk kenop AC yang mirip putaran kompor gas memudahkan pengemudi memutar AC sesuai yang diinginkan. Tapi kalau membandingkan dengan mobil-mobil sekarang putaran kenop model ini terlihat sangat jadul dan kurang eksotis.

Bagasi kurang lapang

Kursi baris belakang Daihatsu Taruna Oxxy cukup nyaman untuk penumpang anak-anak maupun dewasa karena dibikin agak mundur. Namun ada yang dikorbankan, bagasinya jadi lebih sempit dan kurang lapang.

Pelipatan kursi belakang 100%

Melipat kursi belakang jadi solusi meningkatkan kapasitas bagasi Taruna Oxxy. Hanya saja pelipatannya tidak terbagi 50:50 atau 40:60 alias harus dilipat keseluruhan. Jadi, kalau bagasi diperluas dengan melipat kursi, kapasitas untuk penumpang jadi berkurang menjadi 5 orang (termasuk pengemudi).

Kesimpulan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy.

Sebenarnya masih ada kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna Oxxy yang lain. Hanya saja yang disebutkan di atas cukup bisa jadi referensi. Buat Anda punya budget terbatas namun menginginkan mobil berkapasitas besar, bertenaga besar, dan terlalu jadul bisa mempertimbangkan mobil ini.