Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush Terbaru

Anda menginginkan mobil 7 seater untuk mobilitas keluarga, banyak model bisa dipilih. Salah satunya Toyota Rush, low SUV yang menawarkan akomodasi 7 penumpang dengan harga terjangkau. By the way sebelum memutuskan membeli, sebaiknya Anda ketahui kelebihan dan kekurangan Toyota Rush agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

Sekilas Toyota Rush

kelebihan dan kekurangan toyota rush

Toyota Rush hadir pertama kali tahun 2006 sebagai SUV 5 seater. Bentuk bodinya terlihat kokoh. Tampilannya juga gagah ditambah ban serep yang diletakkan menempel di pintu pintu belakang memberikan kesan macho.

Beberapa kali facelift dilakukan. Sampai pada awal 2016 Toyota melakukan gebrakan dengan menghadirkan Rush versi 7 seater. Ada dua varian yang ditawarkan, yaitu TRD Sportivo 7 dan TRD Sportivo Ultimo. Facelift ini menjadi yang terakhir untuk Rush generasi pertama.
Akhir November 2017 Toyota Rush generasi kedua diluncurkan dengan label All 

New. Mengusung konsep Modern & Dynamic tampilan mobil ini secara keseluruhan berubah. Dari dimensi, desain, fitur, hingga mesin yang digunakan. Satu yang tetap dipertahankan hingga sekarang adalah konfigurasi 7 seater. All New Rush sama sekali tidak tersedia varian 5 seater. 
Ada 4 varian yang kini ditawarkan untuk konsumen dengan GR Sport sebagai yang tertinggi. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Rush terbaru tersebut? Berikut ulasannya! Silakan lihat artikelnya kelebihan dan kekurangan toyota rush

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush

kelebihan dan kekurangan toyota rush

Kelebihan mobil Rush

1. Desain gagah

SUV identik dengan desainnya yang gagah, macho, dan berwibawa. Begitupun Toyota Rush meski tidak lagi mengusung ban serep di belakang, cita rasa SUV-nya cukup terasa. Bahkan lebih gagah dari Rush versi lama berkat ground clearancenya yang bertambah tinggi 20 mm menjadi 220 mm.

Desainnya juga kekinian, bahkan termasuk salah satu model Toyota paling cantik dan anggun. Disandingkan dengan low SUV lain seperti Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross juga tak kalah menawan. Apalagi dibandingkan dengan Rush lama, sangat jauh berbeda.

2. Mobil keluarga

Toyota Rush layak disebut sebagai mobil keluarga. Kapasitasnya besar hingga 7 penumpang, bagasinya juga lapang untuk memuat barang-barang bawaan.

3. Harga paling terjangkau di kelasnya

Toyota Rush varian tertinggi hanya Rp 301.000.000. Itu adalah harga paling terjangkau dibanding model lain di kelasnya. Misalnya Mitsubishi Xpander Cross varian tertingginya Rp 323.750.000, Suzuki XL7 Rp 305.200.000, dan Honda BR-V Rp 346.600.000. Dengan Mazda CX-3 jauh lebih murah lagi. Varian terendah low SUV Mazda itu dijual dengan harga Rp 356.600.000. Jika ada yang lebih murah dari Rush, itu adalah Daihatsu Terios. Varian tertingginya hanya Rp 287.400.000.

Toyota Rush tersedia dalam 4 varian di Indonesia yaitu:

Varian 

Harga 

1.5 G M/T

Rp 277.600.000

1.5 G A/T

Rp 288.400.000

1.5 S M/T GR SPORT

Rp 290.300.000

1.5 S A/T GR SPORT

Rp 301.000.000

>>> Baca juga harga Toyota Rush bekas

4. Penggerak Roda Belakang (RWD)

Sistem Penggerak Roda Belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) menjadi kelebihan tersendiri bagi Toyota Rush dalam menjelajah berbagai medan jalan dengan penumpang penuh.

5. Fitur lengkap

Fitur-fitur Toyota Rush diantaranya 6 SRS Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), sistem pengereman ABS (Anti Lock Braking System), Hill Start Assist (HSA), Emergency Braking Signal (EBS), kamera parkir, serta yang terbaru ada Automatic Idling Stop System (IDS). Sistem ini mematikan mesin secara otomatis beberapa saat setelah mobil berhenti, misalnya saat di lampu merah atau di kemacetan. Jadi, tidak banyak BBM yang terbakar cuma-cuma.

6. Layanan purna jual (jaringan bengkel luas)

Dengan lebih dari 300 bengkel resmi di seluruh Indonesia, layanan purna jual Toyota Rush semakin mudah. Untuk perawatan, penggantian suku cadang, serta komplain keluhan kendaraan bisa dilakukan di bengkel ter dekat. Point ke 3 ini tak hanya berlaku untuk Rush, tapi seluruh mobil Toyota.

Baca juga: kelebihan dan kekurangan xpander

Kekurangan Toyota Rush

1. Akselerasi kurang mantap

Toyota Rush dibekali mesin bensin 1500 cc dengan tenaga dihasilkan mencapai 102 Hp (104 PS) pada 6,000 rpm dan torsi maksimum 136 Nm pada 4,200 rpm. Namun karena mobil ini menggunakan penggerak roda belakang, akselerasinya kurang mantap dibanding mobil berpenggerak roda depan. Untuk tarikan putaran bawah terasa lambat. Namun buat Anda yang tak terlalu membutuhkan akselerasi agresif, hal ini tidak jadi masalah.

2. Suspensi keras

Suspensi Toyota Rush dibikin keras. Efeknya kendaraan menjadi kurang nyaman melewati jalanan bergelombang, berlobang, polisi tidur, bahkan speed trap yang tidak begitu tinggi. Dibalik itu suspensi keras memberi keuntungan. Mobil menjadi lebih stabil di kecepatan tinggi serta saat mengangkut penumpang penuh.

3. Kursi baris ketiga tidak nyaman (tidak ada USB port)

Ini adalah kekurangan paling nyata, kursi baris ketiga Toyota Rush sangat tidak nyaman untuk penumpang berpostur tubuh tinggi. Jarak tempat duduknya dengan lantai kurang tinggi membuat paha tidak tersangga sempurna. Akan lebih nyaman jika digunakan untuk anak-anak atau penumpang dewasa berpostur pendek.

Masih ada lagi kekurangan kursi baris ketiga, yaitu tidak ada Power Outlet maupun USB Port untuk varian G. Sedangkan pada varian GR Sport hanya ada Power Outlet tanpa USB Port.

4. Setir belum teleskopik

Dengan harga mencapai Rp 300 juta, setir Toyota Rush belum teleskopik. Hanya bisa dinaik turunkan, sedangkan maju mundurnya fix. Akan lebih menyenangkan jika setir sudah teleskopik karena lebihbisa diatur menyesuaikan kenyamanan posisi pengemudi.

5. Kesimpulan

Kelebihan dan kekurangan Toyota Rush di atas belum seluruhnya. Namun setidaknya itulah yang paling mendasar. Selebihnya silahkan menentukan, apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhan dan selera sehingga layak Anda miliki.

Baca juga: Mobil Toyota Rush bekas

Spesifikasi Toyota Rush 2022

 

Dimensi 

Panjang 

4435 mm

Lebar 

1695 mm

Tinggi 

1705 mm

Jarak Sumbu Roda

2685 mm

Mesin

Tipe

2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder

1496 cc

Daya Maksimum

104 PS / 6000 rpm

Torsi Maksimum

136 Nm / 4200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection (EFI)

Sasis

Transmisi 

Manual 5 speed / Otomatis 4 speed

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer

Suspensi Belakang

5 Link Lateral Rod dengan Coil Spring dan Stabilizer

Sistem Kemudi

Electric Power Steering (EPS)

Rem Depan

Cakram 16”

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban

215 / 60 R17 Alloy with Machining

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya di otomurah