Jangan Kaget Dengan Pajak Tahunan Mobil Toyota Alphard terbaru 2022

  • Anto
  • Tips & Trik
  • 14/10/2022
Banyak kalangan yang menjadikan Toyota Alphard sebagai MPV idaman. Bukan hanya mewah, juga menawarkan tingkat kenyamanan yang sangat istimewa. Tentu saja kenyamanan Toyota Alphard tidak murah karena sebanding dengan besarnya pajak tahunan.

Di Indonesia, Toyota Alphard menjadi salah satu mobil jenis MPV (multi purpose vehicle) favorit bagi konsumen otomotif kalangan atas. Tidak lain karena Toyota Alphard memiliki standar tinggi sebagai sebuah mobil jenis MPV kelas premium. Wajar kalau Alphard selalu dijadikan sebagai acuan untuk menilai mobil MPV lain dalam segmen pasar yang sama.

Sebagai MPV kelas premium, Toyota Alphard didukung tampilan eksterior yang elegan. Sedangkan kabin yang lapang tampil dengan berbagai kemewahan dan kenyamanan untuk memanjakan para penumpang sepanjang perjalanan. Salah satunya adalah kursi baris kedua yang dilengkapi sandaran kaki dan fitur rebah penuh sehingga penumpang bisa tidur.

I. Pajak mobil Toyota Alphard

Secara garis besar, pajak mobil Alphard memang termasuk mahal. Apalagi kebanyakan mobil MPV kelas premium menganut mesin berkapasitas besar. Untuk Toyota Alphard memakai mesin bensin berkapasitas 2,5 liter dan 3,5 liter. Besarnya kapasitas mesin untuk Toyota Alphard memang disesuaikan dengan ukuran bodi besar dan bobot berat.

Mahalnya pajak tahunan untuk mobil Toyota Alphard tentu menjadi salah satu faktor pertimbangan yang penting bagi para calon konsumen. Jangan sampai nanti bisa membeli Alphard namun kesulitan untuk bayar pajak tahunan. Besaran pajak tahunan mengikuti besaran NJKB atau nilai jual kendaraan bermotor tersebut. Semakin tinggi NJKB, maka semakin mahal pajak tahunannya. Dengan harga rata-rata lebih dari Rp 1 miliar, sudah bisa dibayangkan pajak tahunan mobil Alphard.

Disarikan dari berbagai situs, pajak tahunan untuk mobil Toyota Alphard tahun produksi 2022 dimulai dari Rp 16 jutaan hingga Rp 30 jutaan. Belum termasuk biaya operasional (bahan bakar dengan RON sesuai rekomendasi pabrikan) dan biaya servis berkala di bengkel resmi. Di bawah ini informasi besaran pajak tahunan untuk mobil Toyota Alphard keluaran 2022.

Pajak mobil Toyota Alphard

Pajak mobil Toyota Alphard

1. Pajak Mobil Toyota Alphard 2022

Model Toyota Alphard

Pajak

Toyota Alphard 2.5 X

Rp 16.200.000

Toyota Alphard 2.5 G

Rp 18.580.000

Toyota Alphard 3.5 Q

Rp 30.300.000

Pajak Mobil Toyota Alphard 2022

2. Biaya Servis Berkala Toyota Alphard

Secara umum, biaya servis berkala Alphard memang tergolong mahal sehingga para penggunanya wajib menyisihkan anggaran perawatan mulai dari sekitar Rp 700 ribuan sampai Rp 4 jutaan. Mahalnya biaya servis Toyota Alphard disebabkan oleh pemakaian peralatan khusus untuk pengecekan dan servis. Selain itu, banyak suku cadang asli untuk Toyota Alphard yang masih harus diimpor dari Jepang. Berikut ini rangkuman biaya servis berkala Alphard mulai dari 10 ribu hingga 100 ribu km yang dihimpun dari berbagai sumber.

Jarak Tempuh

Waktu Servis

Biaya Servis

1.000 km

6 bulan

Gratis  

10.000 km

12 bulan

Mulai dari Rp 782 ribu

20.000 km

18 bulan

Mulai dari Rp 772 ribu

30.000 km

24 bulan

Mulai dari Rp 772 ribu

40.000 km

30 bulan

Mulai dari Rp 1,27 juta

50.000 km

36 bulan

Mulai dari Rp 772 ribu

60.000 km

42 bulan

Mulai dari Rp 1,92 juta

70.000 km

48 bulan

Mulai dari Rp 1,79 juta

80.000 km

54 bulan

Mulai dari Rp 4,6 juta

90.000 km

60 bulan

Mulai dari Rp 1,79 juta

100.000 km

66 bulan

Mulai dari Rp 4,16 juta

Biaya Servis Berkala Toyota Alphard

Sebagai catatan, data rincian pada tabel di atas hanya bersifat perkiraan. Perhitungan biaya total servis berkala dapat berbeda tergantung kondisi saat perbaikan di bengkel resmi.

II. Harga Mobil Toyota Alphard

Untuk informasi harga Toyota Alphard terbaru, Anda dapat mencermati data tabel di bawah ini. Data harga berasal dari situs resmi PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang bertindak selaku APM (agen pemegang merek) Toyota untuk pasar otomotif Indonesia. Harga tersebut adalah OTR untuk wilayah Jakarta, Bekasi, Banten, yang berlaku mulai 11 Agustus 2022. Harga jual akhir untuk konsumen ditetapkan oleh masing-masing dealer. Harga tidak mengikat sehingga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Model Toyota Alphard

Harga

Toyota Alphard 2.5 X

Rp 1.173.300.000

Toyota Alphard 2.5 G

Rp 1.328.900.000

Toyota Alphard 3.5 Q

Rp 1.605.600.000

Harga Mobil Toyota Alphard

III. Cara Offline Bayar Pajak Tahunan Mobil Toyota Alphard

Untuk membayar pajak tahunan mobil Toyota, Anda bisa memanfaatkan cara offline. Jika memilih pembayaran pajak tahunan secara offline, Anda dapat langsung datang ke gerai-gerai pembayaran pajak tahunan.

Cara Offline Bayar Pajak Tahunan Mobil Toyota AlphardCara Offline Bayar Pajak Tahunan Mobil Toyota Alphard

1. Kantor Samsat

Kantor Samsat terdekat memiliki layanan pembayaran pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Anda juga bisa melakukan pengurusan STNK dan BPKB berupa perpanjangan 5 tahunan, penerbitan STNK dan BPKB baru, mutasi antar daerah, pembuatan plat nomor (TNKB) baru, cek fisik kendaraan bermotor, hingga balik nama.

2. Gerai Samsat

Layanan yang tersedia adalah perpanjangan SIM (A & C) dan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. Tidak melayani STNK yang terblokir atau telat PKB-nya. Umumnya, lokasi Gerai Samsat berada dalam mal besar sehingga memudahkan pengunjung untuk melakukan pembayaran pajak tahunan. Karena menyatu dengan mal besar, maka jam buka mengikuti peraturan setempat, sedangkan jam tutup sesuai ketentuan operasional Samsat.

3. Samsat Keliling

Gerai Samsat Keliling hanya melayani perpanjangan SIM A & C serta pembayaran pajak tahunan. Lokasi Samsat Keliling menempat kerumunan ramai seperti halaman parkiran, lapangan olahraga, taman, pasar, dan kantor pemda setempat. Informasi lokasi dan jam kerja Samsat Keliling bisa diketahui melalui mesin pencari di internet dengan menuliskan “samsat keliling”.

4. Gerai Indomaret Alfamart

Ingin lebih praktis? Anda dapat menggunakan layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor di gerai Alfamart atau Indomart. Datang saja ke gerai Alfamart atau Indomaret terdekat pada jam buka dan minta bantuan kasir untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Agar proses pembayaran pajak tahunan di gerai-gerai tersebut berlangsung cepat dan lancar, Anda wajib membawa dokumen pendukung berupa KTP asli, STNK asli, dan uang

>>> >>> Baca juga:

IV. Cara Online Bayar Pajak Tahunan Mobil Toyota Alphard

Jika tidak repot, tentu lebih praktis memakai cara online untuk pembayaran pajak tahunan mobil Toyota Alphard. Ikut panduan berikut

SIGNAL (Samsat Digital Nasional)

Gunakan aplikasi SIGNAL yang dimiliki oleh Korlantas Polri untuk melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor secara online. Secara umum, prosesnya termasuk relatif cepat dan mudah. Anda tinggal mencari menu pembayaran pajak dan mengisikan data kendaraan bermotor seperti plat nomor, nomor mesin, atau nomor rangka. Jika semua data terisi lengkap dan benar, Anda akan menerima kode untuk pembayaran melalui aplikasi seperti Bukalapak, Tokopedia, PosPay, Klik Indomaret, BCA Mobile, Livin Mandiri, Brimo BRI. Setelah pembayaran, Anda menerima Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) yang digunakan sebagai bukti pengesahan. Simpan tanda bukti tersebut sebagai arsip penting.

Cara Online Bayar Pajak Tahunan Mobil Toyota Alphard

Cara Online Bayar Pajak Tahunan Mobil Toyota Alphard

V. Kesimpulan

Pajak tahunan yang harus dibayarkan untuk mobil Toyota Alphard memang tergolong mahal dan menjadi menjadi salah satu faktor penentu yang penting dalam aspek kepemilikan kendaraan. Tentu saja tingginya biaya pajak tahunan, biaya operasional dan biaya perawatan berkala mobil Alphard sebanding dengan kemewahan dan kenyamanan yang Anda nikmati. Pastikan hal-hal tersebut menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk memiliki TAlphard.

>>> Terus ikuti tips dan trik mobil hanya di OTOmurah.com

 

FAQ umum

1. Berapa pajak Toyota Alphard 2022?

Pajak tahunan mobil Toyota Alphard 2022 dimulai dari Rp 16,2 juta hingga Rp 30,3 juta

2. Berapa pajak mobil Alphard bekas?

Pajak tahunan mobil Toyota Alphard bekas dimulai dari Rp 2,5 jutaan (tahun 2002) hingga Rp 29,5 jutaan (2021).

3. Kenapa pajak mobil Toyota Alphard mahal?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran pajak tahunan sebuah kendaraan bermotor sehingga dianggap mahal. Pertama, NJKB yang merupakan singkatan dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor yang dirilis oleh agen pemegang merek (APM). Kedua, pajak progresif juga termasuk faktor yang menentukan tingginya pajak mobil dan  dipengaruhi oleh jumlah kepemilikan kendaraan bermotor oleh seseorang. Ketiga, berdasarkan besarnya emisi gas buang yang dikeluarkan oleh mesin kendaraan bermotor tersebut.