Ide Modifikasi Mobil APV

Penampilan Suzuki APV bisa lebih keren dari aslinya lewat sentuhan modifikasi. Berikut beberapa ide modifikasi mobil APV yang bisa Anda jadikan referensi.

Modifikasi membuat mobil jadi berubah dari aslinya. Dari yang minimalis hingga ekstrem, tergantung dari tujuan si pemilik. Modifikasi mobil APV pun demikian, dilakukan sesuai tujuan pemiliknya.

Populasi mobil Suzuki APV modifikasi memang tak terlalu banyak. Di jalanan juga jarang ditemui, kecuali APV yang dibikin kendaraan ambulans atau mobil jenazah. Bagian luarnya tidak banyak berubah, namun interiornya didesain sesuai keperluan medis.

Sekilas Tentang Suzuki APV

Modifikasi Mobil APV

Suzuki APV masih diminati konsumen

Suzuki APV (All Purpose Vehicle) pertama diluncurkan tahun 2004 menggantikan Suzuki Carry. Sesuai kepanjangannya mobil ini dirancang sebagai kendaraan serbaguna, bisa jadi mobil keluarga, bisa juga untuk menunjang bisnis. Desainnya sangat mendukung untuk tujuan tersebut. Bentuknya minibus boxy namun dengan tampilan lebih menarik dibanding Carry.

Untuk keperluan bisnis mobil ini tersedia dalam tipe blind van dan pick up. Serta bisa dimodifikasi jadi angkutan umum.

Soal tenaga tak perlu diragukan, Suzuki APV dibekali mesin 1.500 cc bertenaga 92,45 PS pada 6.000 rpm dan torsi 126 Nm pada 3.000 rpm. Menggunakan sistem penggerak roda belakang yang dikenal andal membawa beban berat dan melibas jalanan menanjak dan jalanan rusak. Baca juga Mobil Suzuki bekas di Kami

Modifikasi mobil APV

Modifikasi mobil APV punya banyak tujuan, diantaranya ingin tampil lebih menarik. Seperti diketahui bentuk Suzuki APV yang mengotak bukan selera banyak orang karena dianggap kurang keren. Karenanya ubahan dilakukan agar tampilannya jadi lebih menarik.

Adapun modifikasi interior APV dilakukan agar lebih nyaman dengan dibikin lebih mewah. Atau lebih fungsional seperti mobil ambulans, mobil jenazah, dan angkutan umum.

>>> Baca juga: Beragam Modifikasi Baleno Keren

Ide modifikasi mobil APV

Bagi pemilik yang kreatif ide modifikasi Suzuki APV bisa diciptakan dan divisualisasikan sendiri. Tapi buat yang tidak ingin ribet, referensi modifikasi bisa didapat dari orang lain yang lebih dulu memodifikasi mobilnya. Berikut ini beberapa ide modifikasi mobil APV yang bisa dijadikan referensi.

1. APV VW Kombi

modifikasi mobil suzuki apv

Suzuki APV bergaya retro

Modifikasi mobil APV ala VW Kombi dilakukan pemilik asal Vietnam. Untuk memberikan kesan retro yang kuat pemilik menggunakan kombinasi 2 warna kebesaran VW Kombi, yaitu putih dan biru tosca. Setengah bodi ke atas hingga atap menggunakan warna putih. Sedangkan setengah ke bawah menggunakan warna biru tosca. Di bagian kaki-kaki velg asli Suzuki APV diganti dengan velg dop warna chrome mirip velg asli VW Kombi.

Untuk bagian interior pemilik memberikan dominasi warna coklat ala ala warna kayu. Jok asli diganti jok tegak dengan motif garis-garis sebagaimana jok Kombi.

Secara keseluruhan modifikasi APV VW Kombi ini tidak ekstrem, namun menarik dan bisa jadi referensi. Bentuk mobil masih mudah dikenali sebagai Suzuki APV. Di bagian interior meski ada ubahan warna dan bentuk jok juga masih bisa dikenali dari desain dashboardnya yang tetap APV.

2. APV Alphard

Suzuki APV tampang Toyota Alphard

Suzuki APV tampang Toyota Alphard

Modifikasi mobil APV di Thailand ini bisa bikin terkecoh. Dari depan orang bakal mengira bahwa itu adalah Toyota Alphard. Tapi kalau sedikit menyamping Anda bakal langsung kenal kalau itu adalah Suzuki APV pickup.

Pemilik melakukan ubahan besar di bagian muka dengan memasang grill besar Alphard, lampu utama Alphard, serta fog lamp Alphard. Sedangkan di bagian samping velg diganti dengan velg aftermarket warna hitam dengan profil ban tipis. Bak belakang diberikan tambahan box pada bagian atasnya. Dari tampilan sampingnya bisa diduga mobil ini adalah MOKO (mobil toko) untuk jualan atau yang sejenis.

4. APV Angkot Modern

modifikasi interior apv

Suzuki APV angkot dengan interior mewah

APV angkot modern adalah program pemerintah Kota Bogor Jawa Barat pada akhir 2018. Meski kemudian tak jadi mengaspal karena diprotes para pengemudi angkot konvensional, kehadiran angkot modern sempat menarik perhatian.

Dari luar bodinya memang bodi angkot, tapi di dalam mobil ini mirip tumpangan orang berduit. Dari lantai, jok, hingga atap semuanya tampak mewah. Dilengkapi pula dengan TV LCD yang menayangkan beragam hiburan dan port USB untuk ngecas hp.

5. APV Pickup

Meski identik dengan angkutan barang, APV pick up juga bisa tampil beda. Seperti modifikasi mobil APV hitam ini. Bagian depan, samping, dan belakangnya tampak lebih pendek dengan tambahan panel. Velgnya juga diganti dengan ring lebih besar dengan profil ban tipis. So, pick up ini jadi kelihatan ceper.

Modifikasi paling signifikan adalah pintu kiri dan kanan. Dari bukaan biasa menjadi pintu kupu-kupu atau butterfly doors ala Lamborghini. So, mobil ini jadi menarik perhatian bila pintu sedang dibuka.

6. APV Sangar

 

Suzuki APV berwajah sangar

Suzuki APV berwajah sangar

Tampang Suzuki APV yang satu ini jadi lebih sangar. Ubahan pada bagian grill, bumper, dan head lamp membuatnya mirip mobil “Dead Race”.  Guna menyesuaikan bagian depan, di bagian samping velg asli diganti aftermarket palang lima. Ban juga diganti menggunakan ban profil tebal. Jadilah agak mepet sama fender.

Sebenarnya masih banyak ide modifikasi mobil APV dari yang dicontohkan di atas. Anda bisa browsing sendiri di internet atau mendatangi jasa modifikasi mobil untuk mendapatkan rekomendasi.

Sebagai akhiran, Anda perlu memperhatikan banyak hal sebelum melakukan modifikasi. Sekadar untuk kontes atau digunakan sehari-hari. Kalau untuk kontes, Anda bebas melakukan ubahan apapun dan pada bagian manapun.

Tapi kalau tetap akan digunakan sehari-hari, modifikasi mobil tidak boleh keluar dari aturan kendaraan. Sisi kenyamanan dan keselamatan wajib diperhatikan. Jika modifikasi sampai berubah dari data di STNK, Anda wajib melaporkannya ke yang berwajib untuk mendapatkan izin. Jika tidak, mobil Anda berisiko kena tilang karena melanggar aturan.

>>>  Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya di Otomurah