Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya Baru

Toyota Calya baru atau facelift 2019 masih jadi LCGC terlaris di tanah air. Wajar, mobil ini punya segala yang dibutuhkan, khususnya buat konsumen dengan budget minimalis. Dari harga yang terjangkau hingga kapasitas daya angkut penumpang. Namun sebelum memutuskan membeli, Anda perlu tahu juga kekurangannya agar tak kecewa di kemudian hari. Inilah kelebihan dan kekurangan Toyota Calya baru tersebut!

Sekilas Toyota Calya

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya

Toyota Calya diluncurkan tahun 2016 mengimbangi kehadiran Go+ Panca. Meski statusnya hanya 5+2 mobil besutan Datsun itu cukup mengejutkan karena harga yang ditawarkan benar-benar ‘murah’.

Calya juga menawarkan akomodasi besar dengan harga terjangkau. Dan tentu saja, bukan hanya soal akomodasi. Banyak hal lain yang menjadi nilai plus sehingga mobil ini sangat digemari. Misalnya tampilan yang lebih cantik lewat facelift 2019. Kemudian beberapa kekurangan Calya lama juga coba diperbaiki.

Toyota menawarkan 4 varian Calya untuk saat ini dengan G sebagai yang tertinggi. Apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Calya baru tersebut? Simak ulasannya berikut! Silakan lihat artikelnya kelebihan dan kekurangan toyota calya

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya Baru

kekurangan Toyota Calya

Kelebihan Calya

1. Tampilan menarik

Secara dimensi Toyota Calya baru dengan Calya lama sebelum facelift tidak berbeda. Panjang 4.070, lebar 1.655, dan tinggi 1.600 mm, serta jarak sumbu roda 2.525. Yang beda wajah Calya baru lebih ceria dan menarik. Grillnya besar membentuk huruf V. Ujung kiri kanan grill langsung terhubung dengan lampu utama. Agar terlihat matching, bezel fog lamp dibuat segitiga dengan garis lancip mencuat ke atas.

Di bagian belakang yang berubah adalah garnish yang sebelumnya warna chrome sekarang warna dark chrome. Ukurannya juga bertambah panjang membentang dari kanan ke kiri sisi pintu bagasi.

2. Toyota Calya memiliki 7 kursi

 

Toyota Calya memiliki 7 kursi

Salah satu alasan orang membeli Toyota Calya adalah 7 seater. Ini sesuai dengan karakter orang Indonesia yang suka kumpul-kumpul. Bagi keluarga besar mereka bisa bepergian bersama-sama dalam satu mobil. Tidak perlu menyewa kendaraan lain.

Untuk tempat duduk penumpang juga nyaman, semua dilengkapi adjustable. Sedangkan tempat duduk baris pertama menggunakan headrest model integrated. Kursi pengemudi dilengkapi armrest.

Di bawah jok penumpang depan ada laci untuk menyimpan sepatu, sandal, atau barang-barang kecil yang lain.

3. Harga murah

Harga Toyota Calya varian tertinggi saat ini (April 2022) adalah Rp 174,9 OTR Jakarta. Itu adalah harga yang cukup murah untuk mobil keluarga 7 penumpang. Jika ada yang lebih murah, itu adalah Daihatsu Sigra yang harga tertingginya Rp 171 juta.

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra adalah dua model Low Cost Green Car (LCGC) yang pajaknya rendah. Berdasarkan PP Nomor 74 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas PP Nomor 73 Tahun 2019 tarif PPnBM-nya hanya 3%. Sebelumnya malah tidak dikenakan PPnBM sama sekali.

Calya sendiri punya 4 varian,yaitu 1.2 E M/T STD : Rp 151.600.000, 1.2 E M/T : Rp 154.400.000, 1.2 G M/T : Rp 160.900.000, dan 1.2 G A/T : Rp 174.900.000. Baca juga harga Toyota Calya bekas ini

4. Fitur Menarik

Meski dikategorikan mobil murah, fitur-fitur Toyota Calya baru lumayan oke. Lampu utamanya sudah LED, spion bisa dilipat secara elektris. Sistem pengereman sudah ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Distribution). Ada sensor parkir belakang, kunci sudah immobilizer, sistem anti maling, serta tempat duduk dilengkapi isofix.

Di bagian dashboard dilengkapi head unit layar sentuh untuk mendisplay fitur hiburan. Di bawahnya pengaturan AC berupa knop putar, bentuknya bundar namun tidak seperti knop kompor gas.

Untuk kenyamanan penumpang ada Air Circulator yang menyalurkan udara dingin dari depan ke belakang.

5. Mesin irit BBM

Kelebihan Toyota Calya paling menarik adalah konsumsi BBMnya yang sangat irit. Mobil ini dibekali mesin 3NR-VE 1200 cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i. Dengan mesin tersebut konsumsi BBM-nya masih diatas 13 Km/liter untuk rute kombinasi (tol, kota, kemacetan, idle). Jika digunakan berkendara Eco Driving malah bisa mencapai 25 Km/liter.

>>> Baca juga: kelebihan dan kekurangan toyota rush

Kekurangan mobil Toyota Calya

1. Headrest kursi depan belum adjustable

 

kelebihan-dan-kekurangan-toyota-calya

Untuk kursi pengemudi dan penumpang depan masih menggunakan model integrated headrest atau sandaran yang menyatu. Selain tidak bisa diatur, ukurannya kurang tinggi. Lebih nyaman dipakai pengemudi dengan postur pendek di bawah 170 cm.

2. Mesin kurang bertenaga

Dari sisi konsumsi mesin Toyota Calya sangat irit dibanding model-model MPV atau SUV. Namun konsekuensinya performa yang dikeluarkan tidak spesial. Tenaga maksimumnya hanya 88 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimumnya 11 Nm / 4.200 rpm.

Ditambah lagi karena mobil ini menggunakan penggerak roda depan kurang cocok dipakai di daerah pegunungan dengan kapasitas penuh.

3. Masalah suspensi belakang

Pada Calya sebelum facelift banyak dikeluhkan suspensi belakangnya terlalu empuk. Jadi saat diisi penumpang penuh jadi amblas hingga ban menyentuh spakbor.

Pada versi facelift masalah ini sudah diperbaiki dibikin lebih keras. Tidak lagi amblas saat membawa penumpang penuh. Namun efeknya saat dikendarai sendirian bantingannya sangat terasa. Suaranya menjadi sangat keras ketika melewati jalanan rusak, speed trap atau melibas polisi tidur.

4. Tidak ada high mount stop lamp

High Mount Stop Lamp membuat mobil lebih terlihat oleh pengendara lain di belakang saat melakukan pengereman. Sayang, lampu yang juga mempercantik penampilan itu tidak ada pada Toyota Calya, bahkan pada varian tertinggi sekalipun. Jika ingin menambahkan, Anda harus merogoh kocek lagi buat beli dan memasang produk aftermarketnya.

Spesifikasi Toyota Calya Baru

 

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4070 x 1655 x 1600

Jarak Sumbu Roda

2525

Ground Clearance

180

Mesin

Tipe Mesin

3NR-VE 1200 cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i

Tenaga Maksimal/rpm

88 PS / 6.000 rpm

Torsi Maksimal/rpm

11 Nm / 4.200 rpm

Transmisi

Manual 5-speed / Otomatis 4-speed

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)

Handling

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer

Suspensi Belakang

Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring and Stabilizer

Rem Depan

Cakram ventilasi

Rem Belakang

Tromol

Ukuran Ban

175/65R14

Kesimpulan tetang Kelebihan dan Kekurangan mobil Calya

Kalau mau ditelisik lebih jauh masih banyak kelebihan dan kekurangan Toyota Calya baru yang belum disebutkan. Meski begitu yang di atas cukup jadi bahan pertimbangan apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Kunjungi website kami, otomurah.com, secara rutin untuk mendapatkan tips dan informasi otomotif lainnya tentang jual beli mobil.