Kelebihan dan Kekurangan Grand Livina

Untuk transportasi keluarga, Nissan Grand Livina bekas bisa jadi pilihan menarik. Tapi sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan Grand Livina sebelum memutuskan membeli.

Multi Purpose Vehicle (MPV) jadi model paling banyak diminati karena menawarkan kapasitas besar 7-8 orang. Seperti Grand Livina yang pernah jadi mobil terlaris Nissan di masa lalu. Meski sekarang tidak lagi tersedia versi barunya, versi bekas mobil ini masih bisa ditemukan. Tentu saja kalau Anda tertarik Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Grand Livina agar bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan membeli.

Sekilas Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina diluncurkan di Indonesia pada bulan April 2007 menempati segmen low MPV 7 seater yang saat itu ditempati Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Penampilan Grand Livina yang ceper membuatnya terlihat beda dan menarik. Mobil ini diklaim memiliki kenyamanan yang mirip dengan sedan sekaligus mampu membawa penumpang hingga 7 orang.

Tahun 2013 facelift dilakukan. Grand Livina tampil dengan wajah baru yang lebih segar. Hanya saja secara keseluruhan desainnya masih sama dengan sebelum facelift. Tetap terlihat panjang berkat ground clearance rendah dan bodi yang tidak terlalu tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Grand Livina

Nissan Grand Livina menawarkan kenyamanan ala sedan

Kelebihan dan Kekurangan Grand Livina

Kelebihan Nissan Grand Linina

  • Desain elegan

Penampilan Grand Livina berbeda dengan mobil keluarga yang lain. Tampak lebih panjang meski sebenarnya tidak. Ini karena ukuran bodi dan ground clearance-nya yang lebih rendah.

Grand Livina berukuran panjang 4.485 mm, lebar 1.700 mm, tinggi 1.595 mm, serta jarak sumbu roda 2.600 mm. Sedangkan ground clearance-nya 175 cm adalah yang paling rendah. Dengan dimensinya tersebut banyak yang bilang Grand Livina adalah setengah sedan dan setengah minibus.

Untuk desain Nissan Grand Livina tampil dengan ciri khas sama dari sejak diluncurkan hingga pensiun, yaitu lampu utama bagian depan berbentuk segitiga dan terkoneksi dengan grill.

  • 7 seater

Ini salah satu kelebihan Nissan Grand Livina, berkapasitas besar hingga 7 orang. Cocok dengan karakter orang Indonesia yang suka bareng-bareng bersama keluarga besar.

  • Armrest baris kedua

Meski bukan captain seat, kursi baris kedua bisa difungsikan seperti captain seat. Saat sedang tidak digunakan sandaran punggung bagian tengah bisa diturunkan dan menjadi armrest. Masih ditambah lagi ada 2 cup holder untuk menaruh dua botol minuman.

>>> Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra 

  • Suspensi empuk nyaman

Di bagian kaki-kaki Nissan Grand Livina menggunakan suspensi MacPherson Strut dan Torsion Beam yang dikenal memiliki redaman yang baik. Terlebih keduanya dilengkapi dengan Stabilizer sehingga lebih nyaman saat dikendarai. Bahkan saat melewati jalanan buruk guncangannya tidak begitu terasa.

Suspensinya empuk, namun tidak terlalu amblas seperti yang terjadi pada suspensi belakang Toyota Calya dan Daihatsu Sigra saat diisi penumpang penuh.

Nissan X-Gear, tipe termahal dari Nissan Grand Livina

Nissan X-Gear, tipe termahal dari Nissan Grand Livina

  • Handling terbaik

Berkat Ground clearance rendah dan suspensi yang digunakan, handling Grand Livina salah satu yang terbaik di kelasnya. Di kecepatan tinggi mobil tetap stabil untuk pindah jalur atau bermanuver. Selain itu body roll-nya juga minim.

  • Perpindahan gigi halus

Terutama untuk transmisi CVT perpindahan gigi otomatisnya halus dan nyaris tak terasa. Sudah tentu hal ini menambah kenyamanan buat pengemudi dan penumpang.

  • Irit BBM 1:13

Nissan Grand Livina dibekali mesin berkode HR15DE 1500cc 4 Silinder Segaris dengan teknologi DOHC, ECCS, dan Dual CVTCS. Tenaganya mencapai 109 Hp pada 5.600 rpm dan torsi 143 Nm pada 4.000 rpm.

Mesinnya cukup bertenaga, namun berkat teknologi yang gunakan konsumsi bahan bakarnya menjadi irit. 1 liter bisa menempuh jarak 13 km dan bahkan bisa lebih.

Kekurangan Nissan Grand Linina

  • Lampu halogen

Dengan harga lebih dari Rp 200 juta lampu-lampu Nissan Grand Livina nyaris semuanya halogen. Dari lampu utama depan belakang, lampu jauh, lampu kecil, hingga lampu sein. Mungkin ini bukan kekurangan signifikan karena seluruh lampu memberi penerangan cukup baik. Tapi buat Anda yang fanatik dengan lampu LED, penggunaan halogen di seluruh lampu jadi kekurangan tersendiri.

  • Minim storage

Dibanding low MPV lain, ruang penyimpanan Nissan Grand Livina cukup minim. Misalnya tidak ada cup holder di semua pintu. Laci-laci penyimpanan di bagian dashboard juga minim, paling besar hanya di sebelah kiri depan kursi penumpang.

  • Kursi baris ketiga tidak nyaman

Kelebihan dan Kekurangan Grand Livina 1

Tanpa headrest, kursi baris ketiga kurang nyaman dipakai duduk

Diantara kelebihan dan kekurangan Grand Livina, kursi baris ketiga menjadi kekurangan paling nyata dan signifikan. Yaitu tidak ada headrest kecuali pada tipe X-Gear 1.8. Selain mengurangi kenyamanan tidak adanya headrest jelas memperbesar risiko fatalitas penumpang jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan.

Berikutnya no split. Pelipatan kursi baris ketiga saat dibutuhkan untuk menambah ruang bagasi harus 100 persen. Tentunya jika demikian mobil tak bakal muat 7 penumpang lagi.

>>> Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio

  • Tidak ada immobilizer

Nissan Grand Livina belum dilengkapi dengan immobilizer. Padahal teknologi ini sangat penting untuk mencegah tindak kejahatan orang lain. Immobilizer adalah sistem yang mampu mencegah mesin hidup jika kunci kontak tidak sesuai. Dengan tidak adanya immobilizer Grand Livina lebih mudah jadi target pencurian.

  • Ground clearance terlalu rendah

Ground clearance rendah meningkatkan kestabilan dan meminimalisir limbung saat kecepatan tinggi. Namun di sisi sebaliknya, mobil menjadi tidak bersahabat dengan jalanan rusak dengan lobang-lobang dalam, atau daerah rawan banjir karena air lebih mudah masuk ruang mesin dan kabin.

Kesimpulan

Kelebihan dan kekurangan Grand Livina di atas penting untuk dipertimbangkan jika Anda minat membeli. Dengan begitu Anda bisa menentukan apakah mobil ini sesuai yang Anda butuhkan.

Spesifikasi Nissan Grand Livina

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.485 mm x 1.700 mm x 1.595 mm

Jarak Sumbu Roda

2.600 mm

Ground Clearance

175 mm

Mesin

Tipe Mesin

HR15DE

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Tenaga Maksimal/rpm

107 Hp @5.600 rpm

Torsi Maksimal/rpm

143 Nm @4.000 rpm

Transmisi

Manual 5 percepatan, CVT

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)