Kelebihan Dan Kekurangan Honda Brio Terbaru

Inilah salah satu city car merangkap hatchback yang menjadi favorit konsumen di Indonesia. Menawarkan beragam nilai jual unggulan sehingga kerap dinobatkan secara tidak resmi sebagai penguasa segmen pasar city car dan small hatchback. Lalu apa saja keunggulan dan kelemahan yang melekat pada Honda Brio?

Sekilas Honda Brio 

kelebihan dan kekurangan honda brio

Honda Brio meluncur di  Indonesia pada Agustus 2012. Awalnya diimpor CBU dari Thailand dengan mesin  1,3 liter (L13Z1). Lalu diproduksi di Indonesia  mulai Agustus 2013  untuk memenuhi regulasi program LCGC. Produknya bernama Honda Brio Satya yang dilengkapi dengan mesin 1,2 liter dan transmisi manual 5-speed.   
Mulai September 2013, Honda  Brio generasi pertama dipasarkan dalam enam  trim level; Brio Satya A/S/E dan Brio S/E (mesin 1,2 liter) serta Brio Sport (mesin 1,3 liter). Pada April 2016,  Honda Brio tampil dengan  facelift untuk sektor fascia depan, lampu belakang,  desain dashboard,  tambahan varian  Brio RS dan penerapan transmisi CVT.  
Honda Brio generasi dua meluncur  Agustus 2018 dan  tetap memakai platform Honda Brio generasi pertama. Perbedaan mendasar terlihat pada  grille, pintu belakang, pintu bagasi, kaca pintu belakang, dan lampu belakang.   Pada Pebruari  2021, hadir tambahan varian baru Honda Brio RS  Urbanite Edition. Varian tersebut adalah Honda Brio RS dengan penambahan  front under spoiler, black side under spoiler, rear under spoiler plus diffuser, kaca spion hitam plus  lampu belok  LED, handel pintu warna hitam,  dan tailgate spoiler & LED high mount stop lamp. Silakan lihat artikelnya kelebihan dan kekurangan honda brio

Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Terbaru

kelebihan dan kekurangan brio

Kelebihan

Desain Sporty  

Secara keseluruhan, bahasa tubuh (desain) Honda Brio sangat kental dengan aura sporty dan nuansa dinamis khas anak muda. Harus diakui, body style jenis hatchback memang paling cocok untuk tampil dengan karakter sporty. Alhasil, Honda Brio menjadi favorit konsumen anak muda dan mereka yang berjiwa muda.      

Performa dan Efisiensi 

Sejak dulu, mesin-mesin Honda terkenal mampu memadukan aspek efisiensi dan performa berkat teknologi katup variabel VTEC. Responsif pada putaran bawah dan tengah serta agresif untuk putaran atas menjadi ciri khas mesin-mesin Honda. Paduan tenaga 89 hp dan torsi 110 Nm, bobot ringan (935 kg) serta bodi aerodinamis mengoptimalkan  efisiensi dan performa. Pada sisi lain, CVT  terbukti halus, efisien  dan cukup responsif.

Pengendalian

Setiap produk Honda punya karakter dasar fun to drive, asyik dan menyenangkan untuk dikemudikan. Dimensi kompak, jarak sumbu roda relatif pendek dan kemudi responsif  menawarkan sensasi mengemudi yang lincah, gesit dan sekaligus mudah ketika diajak bermanuver di tempat sempit. Makanya  Honda Brio  menjadi pilihan favorit kaum wanita untuk mendukung beragam kegiatan di luar rumah.  

Pilihan Varian 

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku perwakilan Honda di Indonesia memasarkan Honda Brio dengan tujuh varian sesuai kebutuhan dan selera konsumen. Berikut tabel harga OTR.  

Model

Harga

Honda Brio Satya S MT

Rp 155.700.000

Honda Brio Satya E MT

Rp 168.200.000

Honda Brio Satya E CVT

Rp 184.000.000

Honda Brio RS MT

Rp 209.000.000

Honda Brio RS CVT

Rp 226.100.000

Honda Brio RS MT Urbanite Edition

Rp 216.000.000

Honda Brio RS CVT Urbanite Edition 

Rp 233.100.000

 

Bermain dalam dua segmen pasar—LCGC dan city car—harga Honda Brio relatif kompetitif dengan para rivalnya. Dalam segmen pasar LCGC,  Honda Brio Satya S MT (Rp 155,7 juta) bersaing ketat melawan Toyota Agya 1.2 G MT STD (Rp 155,5 juta). Sedangkan dalam segmen pasar city car,  Honda Brio RS MT (Rp 209 juta)  bertarung dengan Suzuki Ignis GX MT (Rp 207,2 juta) dan Daihatsu Sirion STD MT (Rp 209,2 juta).  

>>> Baca juga Harga mobil Honda Brio bekas

Kekurangan

Harga Mahal

Secara umum, harga Honda Brio lebih mahal dibandingkan para pesaing sekelasnya dalam segmen pasar LCGC maupun city car. Sebagai contoh dalam segmen pasar LCGC, Honda Brio Satya S MT dijual seharga Rp 155,7 juta, sementara Toyota Agya 1.2 G MT STD yang menjadi lawan beratnya ditawarkan dengan harga Rp 155,5 juta. Pada sisi lain, dalam segmen pasar city car, Honda  Brio RS MT (Rp 209 juta) di atas Suzuki Ignis GX MT (Rp 207,2 juta) dan berselisih sedikit dengan Daihatsu Sirion STD MT (Rp 209,2 juta) yang diimpor dari Malaysia. 

Keterbatasan Ruang

Ruang penumpang belakang dan ruang bagasi relatif terbatas yang merupakan konsekuensi dimensi bodi kompak. yang diadopsi oleh Brio. Keterbatasan ruang kaki berpengaruh terhadap kenyamanan penumpang untuk perjalanan dengan waktu tempuh lama. Sedangkan ruang bagasi yang terbatas mempengaruhi nilai kepraktisan dan utilitas kabin.

Kualitas Material

Pemilihan bahan plastik tipis untuk dashboard dan door trim menciptakan kesan  kualitas  murahan. Setelah masa pakai sekian tahun, kerap muncul bunyi dari arah dashboard. Kelemahan itu  bisa diselesaikan disiasati dengan  mengencangkan pengunci (kancing) dan melakukan penyetelan  ulang dudukan dashboard. 

Minim fitur kekinian

Dibandingkan dengan para rival sekelas, boleh disebut Honda Brio tampil lebih “ngirit”. Sebagai contoh, lampu depan masih menganut bola lampu halogen, bukan  LED. Begitu pula belum ada DRL LED dan tombol engine start/stop. Bandingkan dengan pesaing lain yang rata-ratasudah memakai perangkat tersebut.  

Kesimpulan

Menilik segenap kelebihan dan kekurangan yang dipunyai Honda Brio terbaru, tinggal ditimbang-timbang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Jika cocok, silakan boyong ke garasi rumah. Kalau tidak cocok, pilih kontestan yang lain. Mudah kan?

>>> Baca juga: Kelebihan dan kekurangan toyota calya

Spesifikasi  Honda Brio Terbaru 

kelemahan honda brio

Mesin & Sistem Penggerak

Tipe Mesin

L12B3, I-4, SOHC 16 katup, i-VTEC  

Diameter x Langkah 

73 mm x 71,6 mm

Kapasitas Silinder

1.199 cc

Pasokan Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection (EFI) 

Rasio Kompresi

10,1 : 1  

Tenaga Maksimum

89 hp/6.000 rpm 

Torsi Maksimum

110 Nm/4.800 rpm 

Transmisi

Manual 5-speed/otomatis CVT  

Sistem Penggerak

Penggerak roda depan (FWD) 

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3.800 mm x 1.680 mm x 1.485 mm (Brio Satya)

3.815 mm x 1.680 mm x 1.485 mm (Brio RS)

Jarak Sumbu Roda

2.405 mm

Ground Clearance 

165 mm

Radius Putar

4,5 meter

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.480 mm/1.465 mm

1.475 mm/1.460 mm

Kapasitas Penumpang  

5 orang

Kapasitas Tangki BBM 

35 liter

Sasis

Suspensi Depan & Belakang 

MacPherson strut & torsion beam  

Sistem Kemudi

Rack & Pinion, Electric Power Steering 

Rem Depan & Belakang

Cakram ventilasi & tromol 

Struktur rangka bodi  

Monocoque body 

Ban & velg

175/65 R14, velg alloy& baja (Brio Satya)

185/55 R15, velg alloy (Brio RS)

 >>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya di otomurah