Cara Menghilangkan Jamur Di Kaca Mobil

Jangan biarkan jamur menempel pada kaca mobil karena bisa merusak penampilan dan mengurangi visibilitas. Simak cara menghilangkan jamur di kaca mobil berikut!

Mobil tidak hanya harus dirawat secara rutin sesuai jadwal, kebersihannya juga penting diperhatikan agar tetap dalam kondisi terbaik. Seperti kaca di bagian depan, samping, dan belakang, kebersihannya harus dijaga setiap waktu. Jangan sampai ada kotoran atau berjamur karena bisa memberikan dampak kurang baik.

Sebenarnya cara menghilangkan jamur di kaca mobil tidak terlalu susah. Bisa dilakukan sendiri di rumah, asalkan ada kemauan untuk melakukannya.

cara menghilangkan jamur di kaca mobil

Kaca mobil perlu dijaga kebersihannya

Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Sebelum kita ulas cara menghilangkan jamur di kaca mobil, ada baiknya Anda ketahui dulu penyebab kaca mobil berjamur. Tujuannya agar bisa melakukan tindakan pencegahan sejak jauh-jauh hari. Berikut beberapa hal yang memicu tumbuhnya jamur di kaca mobil dan di bagian lain.

Sisa air hujan

Penyebab kaca mobil berjamur paling utama adalah sisa-sisa air. Seperti air hujan yang mengering sendiri karena sinar matahari atau karena paparan angin.

Baca juga: Cara Memasang Aki Mobil dan Langkahnya

Pengeringan tidak sempurna setelah mencuci

Biasanya setelah dicuci bersih mobil akan dilap hingga kering menggunakan lap khusus. Jika pengelapan tidak merata, sisa-sisa air yang tertinggal dan kering sendiri. Inilah yang kemudian memicu tumbuhnya jamur pada kaca mobil.

Kualitas air kurang baik

Berikutnya penyebab kaca mobil berjamur adalah penggunaan air yang kurang berkualitas saat mencuci. Misalnya air tanah berkadar kapur tinggi ditandai dengan warnanya yang agak kecoklatan. Lalu air yang mengandung kadar garam tinggi, seperti air laut atau air asin di dataran rendah.

Tanda-tanda kaca mobil berjamur adalah bercak putih yang mengeras. Biasanya ada di bagian tepi karena sisa air kelewat saat pengelapan. Namun ada juga yang di bagian tengah karena sebab-sebab di atas. Jika berada di kaca depan bercak ini mengganggu kenyamanan saat mengemudi.

Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil

Ada beberapa cara menghilangkan jamur di kaca mobil. Dilakukan secara mandiri maupun orang lain, seperti salon dan car detailing. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Jika dibawa ke salon mobil Anda harus keluar biaya perawatan dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Keuntungannya Anda tidak perlu mengerjakan sendiri dan tinggal terima beres.

Jamur di kaca mobil merusak penampilan

Jamur di kaca mobil merusak penampilan

Kalau ingin berhemat, tidak perlu membawa mobil ke bengkel perawatan. Anda bisa mengerjakan sendiri di rumah karena bahan-bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan. Berikut caranya:

  • Bilas dengan air bersih usai kehujanan

Cara pertama ini sebagai antisipasi agar kaca tidak jamuran. Setelah mobil kehujanan segera bersihkan. Jika memungkinkan cuci mobil secara keseluruhan. Jika tidak, cukup dibilas dengan air bersih lalu dilap hingga kering. Gunakan kanebo atau kain microfiber agar proses pengelapan bisa maksimal.

  • Gunakan pembersih khusus kaca mobil

Jamur yang mengering tidak mudah dibersihkan dengan air saja. Gunakan pembersih khusus kaca mobil seperti Glass Cleaner. Pembersih ini biasanya berupa cairan kental dan pekat. Fungsinya selain menghilangkan jamur, mengangkat kotoran yang membandel, juga bikin kaca lebih cling. Semprotkan ke kaca lalu lap menggunakan lap halus.

Glass Cleaner bisa dibeli di toko perawatan mobil atau di supermarket. Mereknya beragam dan harganya juga terjangkau.

  • Gunakan pasta gigi / odol

Siapa tak kenal pasta gigi atau odol. Barang ini digunakan untuk membersihkan gigi. Namun siapa sangka zat pada pasta gigi juga ampuh mengusir jamur. Cara menghilangkan jamur di kaca mobil dengan odol cukup mudah. Oleskan pada bagian yang jamuran, lalu diamkan hingga kering. Setelah itu bilas dengan air bersih atau gunakan lap lembut yang dibasahi dan keringkan dengan lap lain.

Cara Menghilangkan Jamur Di Kaca Mobil 

Menghilangkan jamur kaca mobil bisa menggunakan pasta gigi

  • Gunakan baking soda

Baking soda selain lazim dipakai sebagai ‘bumbu’ pembuatan kue juga bisa dipakai membersihkan jamur kaca mobil. Caranya, campurkan baking soda dengan air hingga sempurna. Semprotkan atau oleskan pada bagian yang jamuran. Gosok dengan lap halus hingga kering.

  • Gunakan minuman soda

Minuman soda juga ampuh menghilangkan jamur di kaca mobil. Bersihkan dulu kotoran yang menempel. Lalu aplikasikan minuman soda menggunakan kain lembut. Lakukan sampai jamur tidak lagi kelihatan.

  • Gunakan cuka apel

Siapkan 1 liter air dan campurkan 3 sendok makan cuka apel. Basahi kain halus dengan air tersebut lalu gosok pada bagian yang jamuran. Lakukan sampai jamur benar-benar hilang. Setelah itu keringkan dengan lap sampai benar-benar kering.

  • Gunakan pemutih pakaian

Ada banyak merek pemutih pakaian di pasaran dijual dengan harga terjangkau. Ternyata selain untuk memutihkan pakaian juga bisa difungsikan sebagai penghilang jamur kaca. Cara mengaplikasikannya sama dengan yang di atas. Basahkan pada kain halus dan gosok pada bagian kaca yang jamuran. Lakukan sampai jamur tidak terlihat lagi.

  • Gunakan alkohol

Alkohol juga bisa dipakai buat menghilangkan jamur kaca. Tapi yang kadarnya di atas 60%. Tidak perlu menggunakan kain untuk mengaplikasikannya. Cukup dengan kapas yang dibasahi, lalu gosok pada bagian yang jamuran.

  • Gunakan air tembakau

Cara menghilangkan jamur di kaca mobil berikutnya yaitu tembakau. Rendam tembakau kering selama 15-30 menit. Sambil menunggu, bersihkan dulu kaca dengan air biasa. Setelah kering siramkan air rendaman tembakau hingga merata. Lakukan sampai jamur benar-benar hilang, lalu keringkan dengan lap halus.

Cara menghilangkan jamur di kaca mobil terakhir ini mungkin tidak Anda suka karena bau tembakaunya tidak enak. Jadi, Anda bisa memilih cara lain yang aromanya lebih bersahabat.

Kesimpulan

Cara membersihkan jamur di kaca mobil bukan cara yang sulit. Bahkan bisa dilakukan sendiri dengan biaya yang sangat terjangkau.

>>> Baca juga Tips trick mobil di Otomurah.com