Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail VL

Ada banyak kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail VL. Jika Anda tertarik membeli SUV mewah ini sebaiknya pertimbangkan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Transformasi Sport Utility Vehicle (SUV) dari model 5 seater menjadi 7 seater berdampak positif. SUV menjadi segmen terlaris kedua di tanah air setelah Multi Purpose Vehicle (MPV). Salah satu yang turut mengupgrade diri adalah Nissan X-Trail. Jika dua generasi sebelumnya X-Trail masih berkapasitas 5 seater, X-Trail sekarang menjadi 7 seater.

Kapasitas besar, itulah salah satu kelebihan X-Trail VL, satu-satunya varian yang dijual di Indonesia. Kita juga bakal bahas kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail VL yang lain.

Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail VL

Tampilan Nissan X-Trail generasi ketiga lebih terlihat desain V-Motion-nya

Sekilas Nissan X-Trail

Nissan X-Trail di Indonesia sudah sampai generasi ketiga. Generasi pertama berkode T30 mengaspal tahun 2001 dengan status Complete Built-Up (CBU) atau impor utuh dari Jepang. Dua tahun kemudian pada 2003 X-Trail berstatus Complete Knocked-Down (CKD) atau dirakit lokal oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Hal ini dilakukan karena permintaan yang terus meningkat.

Ada dua pilihan mesin untuk generasi awal ini, yaitu 2000 cc bertenaga 138 hp pada 6.000 rpm serta torsi 192 Nm pada 4.000 rpm. Serta 2500 cc bertenaga 180 hp dengan torsi 245 Nm.

Tahun 2009 generasi kedua Nissan X-Trail dirilis dengan kode T31. Pilihan mesinnya masih dua, yaitu 2000 cc bertenaga 139 hp pada 5.200 rpm dan torsi 198 Nm pada 4.400 rpm. Serta 2500 cc bertenaga 180 hp dengan torsi 245 Nm (sama dengan generasi pertama)

Akhir 2014 generasi ketiga X-Trail hadir di Indonesia setelah sebelumnya diluncurkan di Frankfurt Motor Show dan Tokyo Motor Show tahun 2013. Modelnya jauh lebih stylish dan modern dibanding generasi pertama dan kedua.

Tiga tahun kemudian pada 2016 facelift pertama dilakukan. Dilanjutkan dengan facelift kedua pada 2019. Model terakhir ini yang kini dijual di Indonesia dengan VL jadi satu-satunya varian. Berikut kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail VL tersebut:

>>> Baca juga Jual mobil bekas Nissan X Trail

Kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail VL

Kelebihan Nissan X-Trail VL

  • Desain menarik

Berbeda dengan dua generasi sebelumnya, Nissan X-Trail VL tidak lagi mengotak dan kaku. Tampilannya lebih luwes bahkan anggun. Namun tak menghilangkan kesannya sebagai SUV yang gagah nan tangguh.

Tampilan depannya menggunakan bahasa desain V-Motion yang sangat jelas. Lampunya pipih dengan tepian DRL LED bentuk bumerang. Bumper lebih tegas dengan garis-garis bersudut. Sedangkan fog lamp dibingkai bezel dengan tarikan ke atas mirip huruf L.

Dari samping terlihat agresif berkat velg berukuran 19 inci dengan profil ban 225/55 R19, serta roof rail di bagian atap. Pilar jendela juga sudah diblackout dan terlihat lebih sporty.

  • Interior mewah

Dari tampilannya langsung terlihat interior Nissan X-Trail VL mewah dan berkelas. Warnanya didominasi hitam, seluruh jok dilapis bahan kulit, permukaan dashboard dilapis bahan soft touch, begitu juga bagian trimnya dilapis bahan soft touch yang cukup empuk.

Tidak ketinggalan bagian pinggir tuas transmisi hingga sisi kanan kiri dilapis bahan soft touch dengan cover kulit. So, buat sandaran kaki pengemudi jadi lebih nyaman.

Untuk kursi seluruhnya dilengkapi adjustable headrest yang bisa diatur tinggi rendahnya menyesuaikan kenyamanan.

  • 7 seater

Seperti disebut di depan kapasitas Nissan X-Trail T32 atau generasi ketiga berubah menjadi 7 seater dari sebelumnya hanya 5 seater. Sedikit banyak jadi mirip mobil-mobil MPV yang hampir semuanya 7-8 seater. Dengan begitu satu keluarga besar bisa terangkut semua jika ingin bepergian satu tujuan.

  • Fitur melimpah

Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail VL 1

Nissan X-Trail VL dilengkapi berbagai fitur canggih

Poin keempat ini yang paling menarik dari berbagai kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail VL. Fiturnya melimpah dan canggih, baik untuk keselamatan maupun kenyamanan. Diantaranya Panoramic Sunroof, Tilt Telescopic Steering, Intelligent Cruise Control, Lane Departure Warning, Blind Sport Warning, High Beam Assist, Hill Start Assist, Kamera 360 derajat, dan sensor kaki pintu bagasi belakang.

Kekurangan Nissan X-Trail

  • Hanya 1 varian – VL 2.5

Saat ini X-Trail generasi ketiga hanya tersedia satu varian di Indonesia, yaitu VL 2.5. Mesinnya 2.500 cc dengan tenaga maksimum 171 PS pada 6.000 rpm dan torsi 233 Nm pada 4.000 rpm. Transmisinya Xtronic CVT dengan mode manual.

Sedangkan untuk varian 2.000 cc tidak lagi dijual versi barunya. So, kalau Anda minat dengan Nissan X-Trail tidak ada pilihan lain selain VL 2.5 di atas.

  • Harga mahal

Harga Nissan X-Trail VL lebih dari setengah miliar rupiah, atau tepatnya Rp 576.000.000. Itu adalah harga yang mahal, hanya terjangkau buat masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas.

Di harga tersebut ada banyak sekali model SUV lain yang bisa dipilih. Bahkan lebih murah lagi, seperti Toyota Fortuner tipe G, Nissan Terra, Pajero Sport Exceed kebawah, dan Wuling Almaz.

  • Kabin kurang lapang

interior nissan x-trail vl terbuat dari bahan berk

Interior Nissan X-Trail VL terbuat dari bahan berkualitas

Dengan bertambahnya kapasitas tempat duduk, semakin banyak penumpang yang bisa diangkut. Namun demikian, ada beberapa hal yang dikorbankan. Salah satunya kabin terasa lebih sempit dibanding saat masih 5 seater. Ini karena adanya penambahan kursi baris ketiga di belakang.

  • Kursi belakang lebih cocok buat anak-anak

Selain kabin terasa lebih sempit, kursi paling belakang juga tidak nyaman untuk penumpang berpostur tinggi. Karena jaraknya yang terlalu pendek dengan lantai, paha jadi tidak tersangga sempurna. Untuk perjalanan jauh bakal terasa pegal dan sakit. Kursi baris belakang ini lebih cocok untuk anak-anak atau dewasa berpostur pendek.

Kesimpulan kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail VL

Nissan X-Trail VL jauh lebih mewah dibanding generasi sebelumnya. Namun untuk kenyamanan penumpang Anda perlu berpikir lagi. Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail VL di atas, apakah mobil ini layak dimiliki atau lebih baik pilih yang lain.

>>> Baca juga Jual mobil bekas murah

Spesifikasi Nissan X-Trail VL

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.690 x 1.830 x 1.740

Jarak Sumbu Roda (mm)

2705

Ground Clearance (mm)

210

Mesin

Isi Silinder

2.488 cc

Tenaga Maksimal/rpm

171 PS @6.000

Torsi Maksimal/rpm

233 Nm @4.000

Transmisi

Xtronic CVT dengan Mode Manual

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)