Kelebihan Lampu LED Mobil dan Kekurangannya

  • Fat
  • Tips & Trik
  • 14/11/2022
Lampu LED memberikan penerangan sangat baik saat cuaca cerah. Tapi kurang maksimal saat sedang hujan. Jadi perlu pertimbangan serius buat Anda yang ingin pasang lampu LED mobil.

Lamp LED mobil semakin ngetren digunakan, khususnya pada mobil-mobil terbaru. Bukan hanya pada lampu utama, tapi juga diaplikasikan pada lampu-lampu lain, seperti DRL, lampu rem, sein, hingga lampu kabut. Lampu berteknologi tinggi ini memang menawarkan banyak kelebihan, seperti menghasilkan cahaya lebih terang dibanding lampu halogen atau HID serta meningkatkan penampilan.

Meski demikian lampu LED mobil juga memiliki kekurangan. Bahkan dalam situasi tertentu kekurangannya sangat signifikan serta berisiko terhadap kenyamanan dan keselamatan berkendara.

I. Sekilas lampu LED mobil

Sekilas lampu LED mobil

Lampu LED mobil memberi visibilitas lebih baik saat cuaca cerah di malam hari

LED singkatan dari Light Emitting Diode atau dioda pemancar cahaya. Tidak seperti lampu halogen yang menggunakan filamen dan gas, LED adalah rangkaian dioda yang disusun sedimikian rupa untuk menjadi sebuah lampu. Cahaya yang dihasilkan lebih terang namun dengan daya listrik yang lebih efisien.

Selain unggul dalam hal efisiensi listrik, lampu LED juga menawarkan kelebihan lain. Berikut kelebihan lampu LED mobil dan kekurangannya.

>>> Baca juga: Untung Rugi Pasang Lampu Variasi Mobil

II. Kelebihan lampu LED mobil

1. Lebih terang dan lebih jauh

Pancaran sinar yang dihasilkan lampu LED lebih terang dibanding lampu halogen atau HID. Jangkauannya juga lebih jauh sehingga memberikan visibilitas lebih baik.

2. Efisien

Tidak seperti lampu halogen yang membutuhkan daya listrik besar, lampu LED hanya butuh sedikit daya untuk menyalakannya. Karena alasan ini pula lampu LED dipakai pada sebagian besar lampu mobil, dari lampu eksterior, interior, hingga indikator.

3. Ukuran ringkas

Rangkaian lampu LED mobil rata-rata berukuran kecil dan ringkas dibanding halogen dan HID. Jadi lebih mudah dikonfigurasi dalam berbagai model. Seperti model mata sipit pada mobil-mobil mewah.

4. Mempercantik penampilan

Diakui atau tidak, penggunaan lampu LED mampu meningkatkan penampilan mobil menjadi lebih menarik dan tampak mewah. Berbeda dengan lampu halogen yang masih menunjukkan kesan jadul meski desain luarnya modern.

III. Kekurangan lampu LED mobil

1. Menyilaukan

Di satu sisi pancaran sinar lampu LED memberikan visibilitas lebih baik. Di sisi lain karena sinarnya berwarna putih sangat terang membuatnya cukup menyilaukan. Bisa membuat pengendara lain kehilangan pandangan bila terpapar secara langsung dan hal itu cukup berbahaya.

2. Tidak mampu menembus kabut

Ini adalah kekurangan paling signifikan, sinar lampu LED mobil tidak mampu memberikan pencahayaan maksimal saat kabut dan hujan. Pengemudi harus ekstra hati-hati dan waspada terhadap objek di depan, lebih-lebih di malam hari karena visibilitas bisa menjadi lebih buruk.

3. Harga lebih mahal

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, harga lampu LED aftermarketnya lebih mahal dibanding halogen. Lampu LED dijual hingga jutaan rupiah. Sedangkan lampu halogen bisa dibeli dari puluhan ribu rupiah dan yang mahal sekitar Rp 500 ribuan.

4. Perbaikan rumit

Berbeda dengan lampu halogen yang tinggal pasang gantinya jika mati, lampu LED lebih rumit diperbaiki. Harus ganti satu set dan bukan lampunya saja.

IV. Tips memilih lampu LED mobil

Tips memilih lampu LED mobil

Pancaran lampu LED mobil sangat terang dan bisa menyilaukan

Semakin populernya lampu LED mobil, produk aftermarket juga makin banyak bermunculan. Merek dan harganya beragam, dan pasti tak semuanya punya kualitas bagus. Jika Anda salah memilih bisa jadi berdampak kurang baik. Berikut tips memilih lampu mobil yang baik:

1. Perhatikan kualitas dan brand-nya

Berbagai merek lampu LED mobil tersedia di pasaran, baik di toko-toko perlengkapan mobil maupun di toko-toko online. Anda harus memperhatikan kualitas dan brand-nya.

Meski kiasan mengatakan “Jangan menilai buku dari sampulnya”, untuk urusan memilih lampu LED mobil memperhatikan brand dan produsen sangat penting. Ini karena produk dari brand terpercaya punya kualitas lebih baik dibanding yang lain.

Lampu LED yang dihasilkan brand terbaik biasanya dilengkapi kabel dan solderan yang berkualitas, tahan air (bersertifikat), cahaya yang fokus, serta daya tahan lebih lama. Merek lain yang tidak populer dan abal-abal bisa jadi sebaliknya. Tidak bersertifikat, kualitas kabel kurang baik, cahaya menyebar, serta durability tidak meyakinkan.

2. Sesuaikan penggunaannya

Berbagai jenis lampu LED mobil punya kegunaan yang berbeda. Misalnya lampu utama depan, lampu utama belakang, lampu kabut (fog lamp), lampu jauh (high beam). Jangan sampai salah pilih karena cahaya yang dihasilkan berbeda.

Selain itu warna sinarnya juga berbeda sesuai temperatur masing-masing. Di bawah 5000 K (Kelvin) menghasilkan warna putih kekuningan, dan semakin kuning bila angkanya semakin rendah. Pada level di bawah 5000 K ini cocok untuk lampu sein, lampu kabut, bahkan lampu dim agar tidak menyilaukan.

Yang temperatur 5000K – 6000K menghasilkan warna putih. Sedangkan di atas 6000K menghasilkan warna putih kebiruan, dan semakin biru bila angkanya semakin tinggi.

3. Pilih yang sesuai standar pabrik

Jika mobil sudah menggunakan lampu LED dan butuh diganti, pilih yang spesifikasinya sesuai standar pabrik. Paling recommended adalah suku cadang asli mobil atau genuine parts-nya. Pemilihan lampu yang tidak sesuai spesifikasi bisa berdampak kurang baik, bahkan bisa saja mengganggu sistem kelistrikan mobil.

4. Tidak melanggar aturan

Memasang atau mengganti lampu LED mobil dari standarnya termasuk kategori modifikasi. Hal itu tidak dilarang asalkan tidak menyalahi regulasi.

Berdasarkan PP No. 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan Pasal 24; lampu utama dekat dan lampu utama jauh selain sepeda motor harus memenuhi persyaratan, yaitu berjumlah 2 (dua) buah atau kelipatannya, dipasang pada bagian depan; dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1.500 mm dari permukaan jalan dan tidak melebihi 400 mm dari sisi bagian terluar Kendaraan; dan bisa memancarkan cahaya minimal 40 meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.

V. Kesimpulan

Lampu LED mobil menawarkan banyak kelebihan, namun tak lepas dari kekurangan. Anda bisa mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan membeli. Untuk pemasangan, penggantian, atau perbaikan ada baiknya dikonsultasikan dengan bengkel resmi atau bengkel spesialis lampu. Mereka akan memberikan rekomendasi terbaik buat Anda sebelum Anda memutuskan.

>>> Terus ikuti tips dan trik mobil hanya di OTOmurah.com

 

FAQ umum

1. Apa yang dimaksud lampu HID?

Lampu HID atau High Intensity Discharge adalah jenis lampu yang terbuat dari material gas dan logam (filament).

2. Apa fungsi dari lampu utama?

Untuk menerangi jalan atau area di depan kendaraan, baik yang berjarak pendek maupun jauh.

3. Apa itu head lamp pada mobil?

Head lamp mobil adalah lampu penerangan utama yang terpasang di depan dan belakang mobil

4. Lampu utama mobil mati apa penyebabnya?

Penyebab lampu utama mobil mati antara lain sekring putus, lampu putus, lampu tidak terpasang dengan tepat, soket lampu kendor atau kotor, listrik tidak stabil, relay mati, switch meleleh, aki kehabisan strum.