Untung Rugi Pasang Lampu Variasi Mobil 2022

  • Fat
  • Tips & Trik
  • 07/11/2022
Memasang lampu variasi mobil memerlukan perhatian khusus karena kesalahan dalam melakukannya bisa menimbulkan dampak yang buruk dan risiko yang tidak kecil.

Lampu variasi mobil merupakan satu dari sekian banyak jenis modifikasi mobil. Tujuannya agar tampil beda bahkan lebih menarik. Tapi perlu diketahui, modifikasi juga punya sisi negatif. Bahkan bisa berdampak sangat buruk dan merugikan.

Sebagaimana diketahui mobil memiliki banyak lampu yang tersebar di berbagai titik. Di bagian eksterior depan dan belakang ada lampu utama (headlamp), lampu jauh, DRL, lampu sein, lampu kabut, taillight dan lampu plat nomor. Khusus di belakang ditambah lampu rem dan high mount stop lamp. Di samping ada lampu sein spion.

Di bagian interior juga tidak kalah banyak. Di atas ada lampu baca untuk penumpang depan, lampu baca untuk penumpang belakang, lampu sun visor yang bersandingan dengan vanity mirror. Di dashboard ada lampu-lampu indikator fitur dan lampu speedometer. Ada juga lampu bagasi untuk beberapa model dan lampu ambient.

Untung rugi lampu variasi mobil

Lampu-lampu di atas sudah disetting sedemikian rupa oleh pabrik. Termasuk juga mempertimbangkan faktor keselamatan dan keamanan. Karenanya, jika dilakukan modifikasi ada untung rugi yang harus diterima dan ditanggung si pemilik.

I. Keuntungan pasang lampu variasi mobil

1. Penampilan lebih menarik

Keuntungan pasang lampu variasi mobil

Modifikasi sektor lampu bikin penampilan beda

Pemasangan lampu variasi yang baik dan mempertimbangkan estetika bisa membuat penampilan mobil lebih menarik. Misalnya menambahkan ambient light secara proporsional untuk mobil yang belum memiliki ambient light. Tampilan mobil juga lebih sporty dengan memasang lampu di kolong, atau terlihat mewah dengan lampu wellcome di sisi kiri kanan pintu.

2. Menyalurkan kreativitas

Memasang lampu variasi kendaraan menjadi salah satu penyaluran hobi dan kreativitas. Bahkan mengubah lampu standar dengan lampu variasi sangat vital di kontes-kontes modifikasi dan masuk dalam penilaian utama.

Imbas dari kreativita ini, lampu variasi mobil jadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Dari bengkel yang melayani modifikasi, toko penjual lampu variasi, hingga supplier yang memasok lampu variasi ke toko dan dealer.

II. Kerugian pasang lampu variasi mobil

1. Biaya tidak kecil

Kerugian pasang lampu variasi mobil

BIaya modifikasi semakin besar jika jenis mobilnya mewah

Memasang lampu variasi untuk mobil memerlukan biaya yang tidak kecil. Dari jutaan, puluhan juta, hingga ratusan juta. Menyesuaikan porsi modifikasinya dan part-part yang digunakan.

Sebagai contoh, harga lampu rem Honda Brio model LED Bar Smoke mulai Rp 3,5 juta. Harga lampu interior ambient model atmosphere mulai Rp 1,2 juta, Rp 5,5 juta, hingga lebih besar lagi. Belum biaya untuk part lain yang berkaitan dan jasa pemasangannya.

2. Usia aki lebih pendek

Penambahan lampu variasi membuat konsumsi listrik kendaraan bermotor meningkat, baik itu pada mobil maupun sepeda motor. Efeknya usia aki menjadi lebih pendek. Mau tidak mau jika kebutuhan strum bertambah besar sumber listriknya juga harus ditambah.

3. Risiko bahaya

Memasang atau mengganti lampu standar pabrik dengan lampu variasi berpotensi meningkatkan risiko bahaya. Seperti terjadi korsleting yang bisa memicu kebakaran, atau mengurangi visibilitas pada malam hari karena pemasangan lampu smoke yang terlalu gelap.

Modifikasi lampu juga bisa membahayakan pengendara lain. Misalnya mengganti lampu rem dengan warna putih bisa menyilaukan pengendara lain di belakang, mengganti lampu utama dengan lampu lain yang berpendar terlalu terang bisa membahayakan pengendara lain karena silau.

4. Melanggar aturan lalu lintas

Beberapa jenis modifikasi lampu dan variasinya tidak diizinkan secara regulasi. Artinya pemasangannya masuk dalam kategori pelanggaran lalu lintas. Misalnya lampu rem dan lampu utama belakang diganti warna putih, lampu sein bukan warna kuning, atau lampu plat nomor diganti selain putih.

Penggantian warna lampu tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 48.

Modifikasi lain yang melanggar regulasi adalah memasang lampu strobo pada mobil pribadi. Berdasarkan Pasal 134 dan 135 UU LLAJ di atas lampu strobo dan sirine hanya boleh digunakan pada kendaraan yang memiliki hak utama di jalan raya, yaitu pemadam kebakaran, ambulans, kendaraan darurat kecelakaan lalu lintas, kendaraan pemimpin lembaga negara, kendaran pemimpin negara asing atau tamu negara, dan kendaraan tertentu atas pertimbangan pihak kepolisian.

Karena melanggar lalu lintas, mobil-mobil dengan lampu variasi bisa ditilang jika digunakan di jalan raya. Sanksinya beragam, dari denda ratusan ribu rupiah, hingga pidana kurungan. Selain itu, lampu variasi yang dipasang wajib dicopot agar pelanggaran tidak terulang.

5. Menghilangkan garansi

Garansi mobil berlaku syarat dan ketentuan, antara lain tidak ada ubahan yang disebabkan modifikasi. Memasang lampu variasi mobil sudah tentu ada bagian yang akan diubah. Karenanya garansi pabrikan untuk bagian tersebut gugur alias tidak berlaku. Pun demikian untuk hal yang berkaitan, seperti aki yang tekor karena pemasangan lampu variasi juga bisa menghilangkan garansi. Jadi, segala kerusakan yang timbul tidak dicover alias ditanggung sendiri oleh si pemilik.

6. Menurunkan harga jual mobil

Modifikasi hampir seluruhnya berdampak pada menurunnya harga jual. Termasuk memasang lampu variasi mobil, bisa menyebabkan harganya turun saat dijual dalam kondisi bekas. Bahkan sebagian besar dealer mobil bekas tidak mau membeli mobil bekas yang dimodifikasi. Alasan utamanya karena peminatnya kecil. Konsumen lebih suka dengan mobil bekas dalam kondisi orisinal meski mobil tersebut telah berusia lawas.

>>> Baca juga: Kelebihan Lampu LED Mobil dan Kekurangannya

III. Hati-hati memasang lampu variasi mobil

Hati-hati memasang lampu variasi mobil

Memasang lampu variasi pada mobil perlu teliti dan hati-hati

Karena kerugiannya yang lebih besar dari keuntungannya sebaiknya modifikasi dengan lampu variasi mobil tidak dilakukan. Tapi, kalau terpaksa atau ada tujuan tertentu seperti kontes modifikasi, maka harus dilakukan dengan hati-hati.

Hal paling penting dan harus diperhatikan adalah faktor keselamatan, mengingat perlampuan mobil tidak terpisah dari sistem kelistrikan. Jika Anda tidak mengetahui seluk beluknya, jangan pernah coba-coba melakukannya sendiri.

Serahkan pemasangan lampu variasi kepada ahlinya. Seperti bengkel modifikasi khusus lampu. Mereka biasanya punya teknisi handal yang benar-benar mengerti dan paham seluk beluk kelistrikan dan lampu mobil.

Anda juga berkonsultasi dan meminta rekomendasi lampu variasi terbaik dan kompatibel dengan spesifikasi mobil. Termasuk juga estimasi budget yang harus disiapkan.

IV. Kesimpulan

Ada untung rugi memasang lampu variasi mobil yang tidak kecil. Karenanya Anda harus mempertimbangkan masak-masak sebelum mengambil keputusan agar tidak menyesal di kemudian hari.

>>> Terus ikuti tips dan trik mobil hanya di OTOmurah.com

 

FAQ umum

1. Toko lampu variasi mobil?

Alamat toko lampu variasi mobil bisa diketahui menggunakan Google Search dan Google Maps

2. Lampu variasi mobil truk?

Lampu variasi mobil truk antara lain lampu rotari mini, lampu LED mata terang, lampu baik truk cembung, lampu rem LED, dan lain-lain

3. Lampu variasi mobil pick up?

Lampu variasi mobil pick up antara lain lampu blitz LED, lampu plafon, dan lain-lain

4. Lampu variasi mobil Avanza?

Lampu variasi mobil Avanza antara lain Projie HID untuk Grand New Avanza, Sill Plate dengan lampu LED, LED bumper mata kucing, dan lain-lain