Halte Busway Terdekat Tugu Muda dan Simpang Lima Semarang

  • Fat
  • Tips & Trik
  • 28/11/2022
Dari halte busway terdekat di kawasan Tugu Muda dan Simpang Lima, Anda bisa mengakses berbagai wilayah kota dan kabupaten Semarang Jawa Tengah dengan harga terjangkau.

Halte busway terdekat di Semarang tersebar di banyak titik. Namun masih banyak yang belum mengetahui lokasinya dikarenakan tidak semua warga memanfaatkannya.

Sebagai informasi, Semarang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dengan populasi penduduk sangat besar. Untuk mobilitas sehari-hari tersedia beragam sarana transportasi publik. Dari bus besar, minibus, taksi, angkutan kota (angkot), taksi online, ojek online, hingga BRT Trans Semarang atau busway.

Tidak seperti busway TransJakarta yang memiliki jalur sendiri, jalur busway Trans Semarang berbaur dengan kendaraan lain. Meski demikian perjalanan Trans Semarang tetap lancar karena tingkat kemacetan kota Semarang tidak seperti ibu kota.

Busway Trans Semarang beroperasi mulai pukul 05.30 WIB hingga 17.40 WIB dan memiliki 8 koridor utama, yaitu:

  1. Koridor 1 jurusan Terminal Mangkang – Terminal Penggaron,
  2. Koridor 2 jurusan Terboyo – Terminal Sisemut Ungaran,
  3. Koridor 3A dan 3B jurusan Pelabuhan Tanjung Emas – Elizabeth,
  4. Koridor 4 jurusan Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang via Ngaliyan,
  5. Koridor 5 jurusan Meteseh – Bandara – Marina,
  6. Koridor 6 jurusan Undip Tembalang – Unnes Sekaran,
  7. Koridor 7 jurusan Terboyo – Pemuda Balaikota Semarang via Genuk, dan
  8. Koridor 8 jurusan Terminal Cangkiran – Simpang Lima via Gunungpati.

I. Sekilas tentang halte busway

Sekilas tentang halte busway

Halte memudahkan penumpang mengakses busway

Halte busway menjadi fasilitas vital beroperasinya Trans Semarang. Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009, halte merupakan fasilitas pendukung terselenggaranya lalu lintas dan angkutan jalan. Fungsinya sebagai tempat pemberhentian angkutan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

II. Halte busway dekat Tugu Muda

Halte busway terdekat di Semarang tersebar di banyak titik, tergantung dari mana penumpang ingin mengaksesnya. Tugu Muda misalnya, kawasan ini salah satu yang paling ramai dan banyak dilewati Trans Semarang.

Ada 5 halte Trans Semarang di kawasan ikonik ini dengan banyak jurusan, yaitu :

1. Halte RST / Katedral

Halte ini terletak di Jl. Dr. Sutomo atau sebelah selatan Tugu Muda. BRT yang melewati halte ini adalah Trans Semarang jurusan PRPP-Meteseh, jurusan Terboyo – Terminal Sisemut (Ungaran). Lalu ada Trans Jateng jurusan Terminal Bawen – Tourist Information Center (TIC) Pemuda yang juga menaik turunkan penumpang di halte ini.

2. Halte Imam Bonjol

Sesuai namanya halte ini terletak di Jl. Imam Bonjol atau sebelah utara Tugu Muda. Trans Semarang yang melewati halte ini jurusan PRPP-Meteseh, Terboyo – Terminal Sisemut (Ungaran), Terminal Mangkang – Terminal Penggaron, Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang, Pelabuhan Tanjung Emas – Elisabeth/Kagok (searah jarum jam), Pelabuhan – Elisabeth (berlawanan jarum jam), Terboyo - Balaikota

3. Halte Balai Kota

Halte Balai Kota terletak di dekat gedung walikota Jl. Pemuda. Halte ini dilewati seluruh Trans Semarang seluruh koridor, yaitu jurusan PRPP-Meteseh, Terboyo – Terminal Sisemut (Ungaran), Terminal Mangkang – Terminal Penggaron, Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang, Pelabuhan Tanjung Emas – Elisabeth/Kagok (searah jarum jam), Pelabuhan – Elisabeth (berlawanan jarum jam), Terboyo – Balaikota, Terminal Cangkiran – Simpang Lima. Trans Jateng jurusan Terminal Bawen – TIC Pemuda juga menaik turunkan penumpang di halte ini.

Halte busway dekat Tugu Muda

Kawasan Tugu Mudah paling banyak dilewati armada bus Trans Semarang

4. Halte Pasar Bulu

Berikutnya halte busway terdekat Tugu Muda adalah Halte Pasar Bulu di Jl. MGR Sugiyopranoto. Armada yang melewatinya jurusan Terminal Mangkang – Terminal Penggaron, Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang via Ngaliyan, Terminal Cangkiran – Simpang Lima via Gunungpati.

5. Halte Pandanaran I

Halte Pandanaran I hanya berjarak 300 meter dari Tugu Muda. Armada Trans Semarang yang melewatinya yaitu jurusan Terminal Mangkang – Terminal Penggaron, Pelabuhan Tanjung Emas – Elizabeth, Meteseh – Bandara – Marina, dan Terminal Cangkiran – Simpang Lima via Gunungpati.

Itulah halte busway terdekat di kawasan Tugu Muda. Kemanapun tujuannya, Anda yang berada di kawasan ini bisa memanfaatkannya. Kalaupun tidak ada bus ke tempat tujuan Anda, Anda tetap bisa memanfaatkannya, lalu oper/transit di halte lain yang dilewati koridor bus tujuan Anda.

>>> Baca juga: Inilah Rekomendasi Toko Ban Mobil Terdekat Dan Terbaik Di Jakarta

III. Halte busway terdekat Simpang Lima

1. Halte Simpang Lima

Halte Simpang Lima berada tepat di depan Hotel Ciputra. Halte ini dilewati Trans Semarang jurusan Terminal Mangkang – Pelabuhan Tanjung Emas – Elisabeth via Kagok (searah jarum jam), Pelabuhan Tanjung Emas – Elisabeth (berlawanan jarum jam), Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang via Ngaliyan, Terminal Cangkiran – Simpang Lima via Gunung Pati, PRPP – Meteseh, serta Trans Jateng jurusan Terminal Bawen – TIC.

Halte busway terdekat Simpang Lima

Halte Simpang Lima berada tepat di depan Hotel Ciputra

2. Halte Gramedia Pandanaran A

Halte ini terletak di depan Hotel Santika Premiere. Trans Semarang yang melewatinya jurusan Terminal Mangkang – Simpang Lima (Layanan Malam), Terminal Mangkang – Terminal Penggaron, Pelabuhan Tanjung Emas – Elisabeth, Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang, Terminal Cangkiran – Simpang Lima via Gunung Pati, dan PRPP – Meteseh. Lalu ada Trans Jateng jurusan Terminal Bawen – TIC.

3. Halte RRI

Halte RRI I dan RRI II terletak di Jl. Ahmad Yani, berjarak sekitar 400 meter dari Simpang Lima arah Purwodadi. Hanya ada satu koridor Trans Semarang yang lewat di halte ini, yaitu koridor 1 jurusan Terminal Mangkang – Terminal Penggaron.

4. Halte Imam Barjo

Selanjutnya halte busway terdekat Simpang Lima yaitu halte Imam Barjo Pleburan, dekat gerbang masuk UNDIP. Hanya ada satu koridor Trans Semarang di halte ini, yaitu jurusan Pelabuhan Tanjung Emas – Elisabeth.

Buat Anda yang berada di kawasan Simpang Lima, itulah 4 halte terdekat di kawasan tersebut. Anda bisa memilih halte sesuai jurusan Anda.

IV. Keuntungan naik busway

Busway atau BRT Trans Semarang merupakan sarana transportasi umum paling populer di Semarang. Beberapa keuntungan naik BRT ini antara lain:

1. Hemat biaya

Pemerintah Kota Semarang menetapkan tarif BRT Trans Semarang mulai 1 Juli 2022 adalah Rp 4.000 untuk penumpang umum dan Rp 1.000 untuk pelajar, mahasiswa, lansia, veteran, dan disabilitas. Tarif ini jauh lebih hemat dibanding naik transportasi lain seperti bus umum, taksi, maupun ojek online.

2. Banyak Jurusan

Trans Semarang menjelajah lebih dari 70% wilayah kota hingga ke perbatasan. Ke barat hingga Terminal Mangkang, timur hingga Terminal Penggaron, selatan hingga Terminal Sisemut Ungaran, barat daya hingga Terminal Cangkiran. Sejumlah kawasan yang tidak terjangkau armada bus disediakan kendaraan minibus sebagai feeder.

3. Terintegrasi dengan Trans Jateng

Halte Trans Semarang banyak yang terintegrasi dengan Trans Jateng jurusan Semarang – Kendal, Semarang – Bawen, dan Semarang – Grobogan. Ini memudahkan penumpang berpindah dari Trans Semarang ke Trans Jateng.

Terus ikuti tips dan trik mobil hanya di OTOmurah.com

 

 

FAQ umum

1. Halte busway kota dimana?

Halte busway terbanyak ada di kota Jakarta

2. Apakah di Tangerang ada busway?

Busway juga beroperasi di Kota Tangerang dengan nama Trans Kota Tangerang

3. Koridor busway ada berapa?

Busway Trans Jakarta memiliki 13 koridor, Trans Kota Tangerang 4 koridor dan Trans Semarang 8 koridor

4. Apakah Transjakarta sama dengan busway?

Transjakarta disebut juga busway