Segini Besarnya Pajak Tahunan Mobil Mitsubishi Pajero Sport terbaru 2022

  • Anto
  • Tips & Trik
  • 12/10/2022
Memiliki mobil jelas membutuhkan banyak biaya. Selain biaya operasional seperti pembelian bahan bakar dan servis berkala, juga ada pajak tahunan yang harus dibayarkan secara rutin oleh pemilik kendaraan. Apalagi pajak tahunan untuk mobil jenis SUV memang tergolong tinggi.

Secara umum, pajak untuk mobil jenis SUV memang termasuk mahal. Terlebih secara rata-rata mobil SUV memiliki mesin bensin atau diesel dengan kapasitas besar. Contohnya seperti Mitsubishi Pajero Sport dengan mesin diesel berkapasitas 2,4 liter, lalu Toyota Fortuner dengan mesin diesel 2,4 liter dan 2,8 liter. Karena mobil jenis SUV memiliki badan berukuran besar dan bobot berat, jadi memang wajar jika membutuhkan mesin berkapasitas besar juga.

>>> Baca juga: Jual beli mobil Mitsubishi Pajero Sport bekas di Indonesia.

Besaran pajak tahunan yang tergolong tinggi wajib menjadi salah satu pertimbangan penting bagi Anda yang berminat untuk memiliki Mitsubishi Pajero Sport. Dalam pasar otomotif Indonesia, Pajero Sport menjadi salah satu pemimpin untuk segmen pasar medium SUV dan bersaing ketat dengan Toyota Fortuner.

Bicara soal pajak tahunan, besarannya disesuaikan dengan nilai jual kendaraan bermotor tersebut. Semakin mahal harga kendaraan bermotor maka berbanding lurus dengan pajaknya atau kata lainnya adalah semakin tinggi pajak tahunannya. Sebagai informasi, Mitsubishi Pajero Sport dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 537,6 juta hingga Rp 720,5 juta.

Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport, salah satu SUV kelas menengah yang populer di Indonesia

I. Besaran Pajak mobil Mitsubishi Pajero Sport

Secara umum, besaran pajak mobil Pajero Sport berlainan pada setiap wilayah. Ada beberapa unsur yang menentukan besaran pajak tahunan tersebut antara lain kapasitas (volume silinder) mesin, besarnya emisi gas buang, kebijakan perpajakan pemerintah daerah setempat dan harga OTR kendaraan bermotor di sebuah kawasan.

Menghimpun dari berbagai sumber, pajak tahunan untuk mobil Pajero Sport tahun produksi 2021 dan 2022 dimulai dari Rp 6 jutaan hingga Rp 10 jutaan. Yang membedakan adalah besaran di belakang angka pertama semisal Rp 6,2 juta menjadi 6,5 juta. Dengan demikian untuk varian entry level masih berada dalam batas psikologis kemampuan calon konsumen. Di bawah ini informasi besaran pajak tahunan untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport keluaran 2021 dan 2022.

Besaran Pajak mobil Mitsubishi Pajero Sport

Semakin tinggi nilai jual kendaraan bermotor (NJKB), semakin tinggi besaran pajaknya

II. Pajak Mobil Mitsubishi Pajero Sport 2021

Model Mitsubishi Pajero Sport 2021

Pajak Pajero Sport 2021

Mitsubishi Pajero Sport 2.4L Dakar 4×4

Rp. 8.457.750

Mitsubishi Pajero Sport 2.4L Dakar Ultimate

Rp. 7.119.000

Mitsubishi Pajero Sport 2.4L Dakar Ultimate 4×4

Rp 7.772.000

Mitsubishi Pajero Sport 2.5L GLX 4×4 :

Rp. 6.552.000

Mitsubishi Pajero Sport 2.5L Exceed 4×2

Rp. 6.032.250

Mitsubishi Pajero Sport 2.4L Dakar

Rp. 6.567.750

Pajak Mobil Mitsubishi Pajero Sport 2021

III. Pajak Mobil Mitsubishi Pajero Sport 2022

Model Mitsubishi Pajero Sport 2022

Pajak Pajero Sport 2022

Mitsubishi Pajero Sport 2.4L Dakar 4×4

Rp. 8.600.000

Mitsubishi Pajero Sport 2.4L Dakar Ultimate

Rp. 7.292.250

Mitsubishi Pajero Sport 2.4L Dakar Ultimate 4×4

Rp 8.678.250

Mitsubishi Pajero Sport 2.5L GLX 4×4 :

Rp. 6.709.500

Mitsubishi Pajero Sport 2.5L Exceed 4×2

Rp. 6.189.750

Mitsubishi Pajero Sport 2.4L Dakar

Rp. 6.725.250

Pajak Mobil Mitsubishi Pajero Sport 2022

IV. Harga Mobil Mitsubishi Pajero Sport baru

Berikut data harga mobil Pajero Sport sesuai dengan data pada situs resmi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Di Indonesia, MMKSI bertindak selaku APM (agen pemegang merek) Mitsubishi Motors.

Model Mitsubishi Pajero Sport

Harga Pajero Sport baru

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4WD

Rp 720.500.000

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 2WD

Rp 660.800.000

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2WD

Rp 611.200.000

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 2WD AT

Rp 552.800.000

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 2WD AT

Rp 537.600.000

Mitsubishi Pajero Sport GLX 4WD MT

Rp 562.900.000

Harga Mobil Mitsubishi Pajero Sport terbaru di indonesia

>>> Jual beli Mitsubishi bekas harga termurah, kondisi terbaik | OTOmurah.com

Harga tersebut adalah OTR untuk wilayah Jabodetabek selama bulan September 2022. Harga tidak mengikat sehingga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

V. Cara offline bayar pajak tahunan mobil Mitsubishi Pajero Sport

Untuk membayar pajak tahunan mobil Mitsubishi Pajero Sport tersedia cara online maupun offline. Jika memilih pembayaran pajak tahunan secara offline, Anda langsung datang ke Samsat.

1. Kantor Samsat

Kantor Samsat melayani pembayaran pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Selain itu tersedia jasa layanan lengkap STNK dan BPKB seperti perpanjangan 5 tahunan, penerbitan, mutasi, pembuatan plat nomor (TNKB), cek fisik, blokir, buka blokir, hingga balik nama.

2. Gerai Samsat

Layanan yang tersedia adalah perpanjangan SIM (A & C) dan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. Tidak melayani STNK yang terblokir atau telat PKB-nya. Umumnya, lokasi Gerai Samsat berada dalam mal besar sehingga memudahkan pengunjung untuk melakukan pembayaran pajak tahunan. Karena menyatu dengan mal besar, maka jam buka mengikuti peraturan setempat, sedangkan jam tutup sesuai ketentuan operasional Samsat.

3. Samsat Keliling

Hanya melayani perpanjangan SIM A & C dan pembayaran pajak tahunan. Biasanya lokasi Samsat Keliling berada di tempat ramai seperti lapangan parkiran, taman, pasar, kantor setempat. Informasi lokasi dan jam kerja Samsat Keliling bisa dilihat di internet dengan menuliskan “samsat keliling”. Sesuai namanya, Samsat Keliling memakai minibus versi modifikasi berupa mobil kantor untuk layanan mobile.

4. Gerai Indomaret Alfamart

Jika ingin lebih praktis, Anda dapat membayar pajak tahunan kendaraan bermotor di gerai Alfamart atau Indomart. Silakan datang ke gerai Alfamart atau Indomaret terdekat pada jam operasional dan bicara dengan kasir untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Untuk memudahkan proses pembayaran pajak tahunan di gerai-gerai tersebut, Anda wajib melengkapi sejumlah dokumen sesuai persyaratan berupa KTP asli, STNK asli, dan uang

Cara online bayar pajak tahunan mobil Mitsubishi Pajero Sport

Tentunya lebih praktis memakai cara online untuk pembayaran pajak tahunan mobil Mitsubishi Pajero Sport. Berikut caranya

5. SIGNAL (Samsat Digital Nasional)

Melalui SIGNAL yang dimiliki oleh Korlantas Polri, Anda dapat melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor. Bagi konsumen di daerah lain, tersedia aplikasi perpajakan milik Samsat setempat untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. Prosesnya relatif cepat dan mudah. Pilih menu bayar pajak dan isikan data kendaraan bermotor seperti plat nomor, nomor mesin, atau nomor rangka. Setelah lengkap, Anda menerima kode untuk pembayaran yang bisa dilakukan melalui aplikasi antara lain Bukalapak, Tokopedia, PosPay, Klik Indomaret, BCA Mobile, Livin Mandiri, Brimo BRI.

Usai pembayaran, Anda menerima Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) yang digunakan sebagai bukti pengesahan. Jangan buang tanda bukti tersebut sebagai arsip penting bagi Anda.

>>> >>> Baca juga:

Cara offline bayar pajak tahunan mobil Mitsubishi Pajero Sport

Pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor bisa dilakukan secara offline dan online

VI. Kesimpulan

Besaran pajak tahunan untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport menjadi salah satu aspek “cost of car ownership” yang wajib Anda perhitungkan sebelum mengambil keputusan untuk membelinya. Sebab pajak tahunannya tergolong besar dan mahal. Belum lagi hitungan biaya servis berkala. Namun hal itu terbayar dengan performa jempolan dan ketangguhan istimewa. Pada sisi lain, kini pembayaran pajak tahunan mobil semakin dipermudah karena bisa dilakukan di Samsat maupun secara online.

 

FAQ umum

1. Berapa pajak mobil Mitsubishi Pajero Sport 2021?

Pajak tahunan untuk Mitsubishi Pajero Sport 2021 dimulai dari Rp 6 juta hingga Rp 8,4 juta.

2. Berapa pajak mobil Mitsubishi Pajero Sport 2022?

Pajak tahunan untuk Mitsubishi Pajero Sport 2022 dimulai dari Rp 6,2 juta hingga Rp 8,6 juta.

3. Berapa pajak mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016?

Pajak tahunan untuk Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016 adalah Rp 5,9 juta

4. Berapa pajak mobil Mitsubishi Pajero Sport 2013?

Pajak tahunan untuk Mitsubishi Pajero Sport 2013 berkisar Rp 4,6 juta - Rp 6,1 juta. Sedangkan pajak tahunan untuk Mitsubishi Pajero 2013 dimulai dari Rp 9,5 juta hingga Rp 15,8 juta