Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Mobil Soak dengan Tepa

Semua orang tentu pernah mengalami kejadian mesin mobil tidak bisa hidup saat distarter. Jelas sangat menjengkelkan, apalagi sedang dalam keadaan mendesak dan penting. Apa yang harus dilakukan agar mesin mobil bisa dihidupkan kembali?

Menghadapi kondisi tersebut, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah baterainya pasti bermasalah alias aki soak. Padahal, aki berfungsi sangat penting bagi mobilitas kendaraan karena tidak mungkin mobil bergerak tanpa aki yang sehat. Jadi tidak salah lagi, penyebab utama mesin mobil  tidak bisa distarter karena memang akinya tekor. Tetapi sebenarnya, aki tidak langsung soak atau tekor begitu saja. Yang jelas, ada yang menyebabkan baterai tidak kuat start, di antaranya sebagai berikut. Baca juga Cara mengatasi aki mobil soak dengan tepa

 Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Mobil Soak dengan Tepat

Aki soak menjadi mimpi buruk yang sangat menjengkelkan 

Penyebab Aki mobil Soak

1. Mobil Jarang Digunakan

Saat mobil tidur di garasi, aki mengalami  “gradual discharge” berupa “natural discharge” dan “draining effect” karena perangkat tertentu yang butuh daya listrik (alarm, radio). Jadi, semakin lama mobil tidur di garasi dan jarang dipanaskan mesinnya, semakin cepat proses aki menjadi soak atau tekor. Untuk menghindari hal demikian, selalu panaskan mesin mobil secara berkala, minimal  satu kali seminggu agar asupan  daya listrik  aki terjaga dengan optimal.

2. Aksesoris Berlebihan

Sebagian pemilik mobil senang melakukan modifikasi seperti  merubah atau menambah komponen tertentu. Sayangnya mereka kerap lupa memperhatikan kapasitas aki, sementara penggunaan aksesoris menguras setrum baterai. Akibatnya, aki melemah  dan tidak kuat untuk menghidupkan mesin.  Jadi sebelum memasang perangkat tambahan, hitung dahulu kapasitas aki dan kebutuhan daya listrik aksesoris.

3. Intensitas Pemakaian  Mobil

Mobil yang dipakai setiap hari juga mempercepat pelemahan baterai karena terjadi pertukaran (lalu lintas) arus listrik yang masuk dan keluar dengan intensitas sangat tinggi. Kondisi itu  memaksa  aki mobil bekerja ekstrem  untuk menyimpan dan  menyalurkan daya listrik. Jangan heran kalau mobil dengan jam kerja tinggi seperti armada taksi rata-rata ganti aki setiap tahun.  Intinya, atur penggunaan mobil secara efisien dan efektif. 

4. Masalah Sistem Pengisian

Saat mesin mobil hidup, alternator menggantikan tugas baterai sebagai pemasok daya listrik untuk semua perangkat elektrikal. Sejalan usia pakai, alternator mulai bermasalah dalam hal pengisian (arus/Ampere dan tegangan/Volt) semisal  kebanyakan setrum (overcharge) atau kurang setrum (undercharge). Alhasil, daya tahan baterai lekas menurun karena faktor ketidak-stabilan pengisian (charging) oleh alternator.  

5. Kurang Perawatan

Saat ini semakin banyak pabrikan  mobil yang memilih aki kering karena pertimbangan faktor minim perawatan dibanding aki basah. Namun demikian harap diperhatikan, pakai aki basah atau aki kering, tetap ada prosedur perawatan yang harus dilakukan secara berkala. Apalagi  untuk aki basah yang memang membutuhkan perawatan secara berkala terutama pengisian air aki.  

6. Terminal kendur (longgar) dan kerak

Faktor “remeh” yang ternyata sangat sering terlupakan oleh pemilik mobil adalah terminal aki (positif & negatif) yang kendur dan dipenuhi kerak. Akibatnya, aliran daya listrik menuju  aki dan keluar dari aki mengalami hambatan. Semakin lama dibiarkan, semakin cepat aki jadi soak. Jadi, periksa kekencangan terminal baterai dan bersihkan kerak pada terminal dengan air panas.  

Penyebab Aki Soak 

Hal remeh seperti ini jangan sampai luput dari perhatian pemilik mobil

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Ketika aki mobil Anda mengalami soak atau tekor, perhatikan baik-baik kondisinya, merek mobilnya dan tahun mobilnya. Mengapa? Karena semakin muda usia mobil maka semakin canggih teknologinya. Dengan demikian berbeda pula metodenya untuk menyelesaikan aki soak.  

Jump start

Jika aki soak terjadi di rumah, Anda bisa menerapkan metode jump start dengan kabel jump start. Yang penting ada mobil donor dan siapkan kabel jump start. Sebelum melakukan jump start, perhatikan benar-benar petunjuk dalam buku manual pemakai. Terdapat tiga metode untuk menghubungkan baterai mobil donor dan mobil penerima.   

1. Baterai ke baterai

Metode ini paling sederhana, tinggal menghubungkan kabel positif dan negatif dari terminal baterai donor ke terminal baterai penerima. Awas, jangan sampai terbalik!  

2. baterai ke baterai dan bodi/sasis

Pada mobil yang teknologinya semakin canggih, kabel positif aki donor dihubungkan ke terminal positif baterai penerima. Sedangkan kabel negatif baterai donor disambungkan ke bodi/sasis seperti pengait mesin, komponen suspensi, atau bagian bodi/sasis yang ditandai “-“

3. baterai ke bodi/sasis

Teknik nomer tiga ini mewajibkan kabel positif dan negatif dari baterai donor dihubungkan pada tanda-tanda khusus dalam ruang mesin. Jadi kabel positif ke tanda positif dan begitu juga kabel negatif ke tanda negatif. Dengan demikian, aliran listrik dari baterai donor tidak langsung menuju ke aki penerima agar tidak terjadi korsleting. 

Kalau aki soak sudah mampu menghidupkan mesin, biarkan mesin menyala sekitar 5 menit. Setelah itu matikan mesin dan tunggu 5 menit, lalu hidupkan mesin. Jika mesin bisa hidup, artinya mobil Anda siap bertugas. Kalau mesin tidak bisa hidup, lanjutkan ke tahap berikutnya.  

Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Mobil Soak dengan Tepat

Jump start menjadi pertolongan pertama untuk kasus baterai soak

Charging

Cara ini bisa dilakukan hanya jika Anda memiliki battery charger dan mobilnya masih menganut teknologi relatif lama (konvensional). Sebab, proses charging sebaiknya dilakukan dengan kondisi baterai dilepas dari mobil. Pada mobil modern dengan teknologi elektronika canggih, proses melepaskan baterai harus mengikuti prosedur khusus  dan kompleks.    

 Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Jangan sembarangan melakukan battery charging karena banyak peralatan elektronik yang peka

Ganti aki

Pada beberapa mobil dengan teknologi elektronika relatif sederhana, penggantian aki lebih  mudah. Dimulai dari melepas kabel negatif baterai, diikuti  dengan melepas kabel positif. Lalu aki lama dikeluarkan dan digantikan oleh aki baru. Pasang kabel positif lebih dahulu dan kemudian kabel negatif sebagai penutup. Selanjutnya adalah proses “reset”. Biasanya cukup dengan mengatur ulang memori radio pada sistem audio dan reset ulang sistem power window. Sebagian merek mobil lainnya menerapkan metode reset berupa buka tutup pintu dan reset remote locking.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

 Sebaiknya proses ganti aki hanya dilakukan di bengkel yang terpercaya  

Storing

Ini pilihan terakhir, tinggal telepon operator truk gendong untuk membawa mobil ke bengkel dealer. Biasanya langkah ini diterapkan pada mobil-mobil dengan tingkat teknologi elektronika yang sangat canggih. Karena untuk melepas baterai pada mobil canggih membutuhkan prosedur khusus yang runtut dan tidak boleh ada tahap yang terlewatkan.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak  

Storing menjadi pilihan karena teknologi canggih membutuhkan perlakuan khusus 

Kesimpulan

Aki mobil Anda soak? Baca dulu buku manual pemakai untuk mencari tahu cara mengatasi aki mobil soak. Apabila hal itu tidak disinggung dalam buku manual pemilik, berarti Anda harus storing ke bengkel dealer. Ya daripada mobil jadi semakin rusak karena Anda mencoba-coba mengatasi masalah baterai tekor.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trick mobil terbaru lainnya di Otomurah