Merek Mobil di Indonesia, Yang Terlaris Hingga Termewah

  • Fat
  • Tips & Trik
  • 26/09/2022
Ada puluhan merek mobil di Indonesia, dari yang laris dan sangat digemari hingga yang laku biasa-biasa saja. Dari yang menjual berbagai model hingga khusus mobil mewah berharga mahal.

Indonesia memiliki populasi mobil yang sangat besar. Berdasarkan data yang dihimpun Korp Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), lebih dari 146 juta kendaraan per Januari 2022. Tapi perlu diketahui bahwa data tersebut tidak 100% mengingat tidak adanya pendataan yang akurat di masa lampau. Sementara sejarah perkembangan mobil di Indonesia sendiri sudah dimulai sejak 1894 saat Benz Victoria Phaeton buatan Mercedes-Benz hadir menjadi mobil pertama.

Merek mobil di Indonesia

Kini merek mobil di Indonesia semakin banyak dan beragam. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat ada 35 merek yang terdaftar saat ini (Agustus 2022). Itu belum ditambah merek-merek di luar Gaikindo yang didatangkan importir umum, seperti Porsche, Lamborghini, Ferrari, Hummer, dan yang lain.

Dari seluruhnya, mobil-mobil merek Jepang paling besar populasinya dan sangat mendominasi. Seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Suzuki, dan merek Jepang lainnya.

Merek non-Jepang juga diminati, tapi tak semasif merek Jepang yang menguasai lebih dari 90% pasar. Ada merek Korea Selatan (Hyundai dan KIA), merek Eropa (Mercedes-Benz, BMW, MINI, VW, MG, Peugeot, dan Scania), merek China (Wuling dan DFSK), serta merek India (Tata).

Berikut ini beberapa model yang dipasarkan merek-merek di atas:

1. Toyota

Toyota mendominasi penjualan mobil di Indonesia

Toyota mendominasi penjualan mobil di Indonesia

Toyota punya pangsa pasar paling besar di atas 30%. Modelnya juga paling banyak, yaitu 30 model yang terbagi menjadi 7 kategori.SUV, Hatchback, Hybrid, MPV, Sedan, Commercial, dan Sport. Model paling laris masih dipegang Avanza, disusul model 7 seater lain seperti Rush, Innova, Calya dan Fortuner.

2. Daihatsu

Daihatsu menempati urutan kedua merek terlaris di Indonesia. Model hanya 9, yaitu Rocky, Ayla, Sigra, Xenia, Terios, Sirion, Luxio, Gran Max minibus dan Gran Max pick up.

Hampir semua model diminati dengan pangsa pasar yang berbeda-beda. Terkecuali Sirion yang sampai sekarang penjualannya sangat minim. Berbeda dengan Sirion di Malaysia yang sampai sekarang masih jadi mobil terlaris. Di negeri Jiran tersebut Sirion menggunakan nama merek Perodua Myvi.

3. Mitsubishi

Mitsubishi hanya memasarkan 7 model saat ini. Namun menjadi salah satu merek terlaris di Indonesia berkat model-model andalannya, yaitu Xpander, Pajero Sport, dan L300. Xpander cukup fenomenal sejak diluncurkan tahun 2017 karena desainnya anti mainstream. Lalu Pajero Sport disukai karena kegagahan dan performanya yang luar biasa.

Lalu L300 jadi model Mitsubishi paling legendaris. Mobil ini mulai dipasarkan tahun 1981 dan berlangsung hingga sekarang. Modelnya tidak pernah berubah, namun tetap laris. Beberapa faktor yang membuatnya sangat diminati adalah daya angkutnya yang besar, mesinnya tangguh, perawatannya mudah, serta harganya bersahabat.

4. Honda

Merek mobil di Indonesia berikutnya adalah Honda. Ada 10 model yang sekarang dipasarkan dan semuanya mobil penumpang. Yaitu BR-V, Civic RS, Brio, Mobilio, Accord, HR-V, CR-V, City Hatchback RS, Civic Type R, dan City.
Brio jadi model paling murah sekaligus paling laris. Harganya mulai Rp 156,9 juta hingga Rp 236,9 juta OTR Jakarta bulan Agustus 2022. Sedangkan model paling mahal adalah Civic Type R, yaitu Rp 1.177.000.000.

5. Suzuki

Line up Suzuki di Indonesia silih berganti. Hingga kini sebanyak 10 model dijual masih dipasarkan, yaitu XL7, XL7 Alpha FF, All New Ertiga Hybrid, All New Ertiga, New Ignis, New SX4 S-Cross, Jimny, APV New Luxury, Baleno, APV Arena, New Carry Pick-Up, dan Suzuki S-presso.

Model terakhir ini menggantikan Karimun Wagon R yang dihentikan akhir 2021. Harganya juga murah, yaitu Rp 155 juta untuk tipe manual dan Rp 164 juta untuk tipe matik.

6. Isuzu

Isuzu hanya hanya menyisakan satu model mobil penumpang, yaitu MU-X pasca dihentikannya penjualan SUV Panther awal 2021. Selebihnya adalah mobil-mobil niaga, dari pick up, truk ringan, truk menengah, hingga truk berat.
Model unggulannya yaitu Traga yang menempati segmen mobil niaga ringan atau pick up. Lalu Elf NMR 71 di kelas truk ringan dan Elf NLR 55 yang banyak dipakai microbus.

7. Wuling

Wuling luncurkan mobil listrik paling murah di Indonesia

Wuling luncurkan mobil listrik paling murah di Indonesia

Wuling masuk daftar mobil terlaris di Indonesia. Merek China ini belum lama hadir di Indonesia, yaitu tahun 2017 dengan Confero S sebagai model pertama. Salah satu yang membuatnya sukses mengambil hati konsumen adalah harga mobilnya yang murah dengan kenyamanan yang baik dan dibekali teknologi canggih.
Selain itu layanan after salesnya sangat diperhatikan. Lebih dari 135 bengkel resmi tersebar di seluruh Indonesia memudahkan para pelanggan mendapatkan perawatan dan suku cadang.
Saat ini Wuling punya 4 model, yaitu Confero, Cortez, Formo, dan Almaz. Confero dan Cortez menjadi pilihan utama untuk mobil keluarga 7 seater.

8. Hyundai dan KIA

Hyundai dan KIA, hanya dua merek Korea itu yang memasarkan mobilnya di Indonesia. Hyundai memasarkan 8 model, yaitu Palisade, Creta, Santa Fe, Ioniq 5, Kona Electric, Ioniq Electric, Staria dan model terbaru Stargazer. Sedangkan KIA memasarkan 10 model, yaitu Picanto, Rio 5-Door, Grand Sedona, Seltos, Sonet, Sportage, Sorento, Carnival, Carens, dan K2700 pick up.

9. BMW

BMW salah satu dari dua merek mobil mewah asal Jerman di Indonesia. Semua modelnya masuk kategori mewah dan harganya semua mahal. Tercatat ada 25 model yang dipasarkan. Saat ini yang paling murah Rp 811.000.000 (OTR Jakarta Agustus 2022), yaitu BMW 218i Gran Coupé Sport. Sedangkan yang termahal Rp 2.861.000.000, yaitu BMW 840i Coupé M Sport Pro.

10. Mercedes-Benz

Model Mercedes-Benz selalu mahal dan berkelas

Model Mercedes-Benz selalu mahal dan berkelas

Mercedes-Benz merek mobil mewah lain asal Jerman. Sebagaimana BMW, semua model Mercedes-Benz atau Mercy juga masuk kategori mewah dan mahal. Ada 20 model yang saat ini dipasarkan. Paling murah adalah Rp 755.000.000, yaitu A 200 Sedan Progressive Line. Sedangkan yang termahal Rp 6.520.000.000, yaitu New Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC+.

Merek mobil terbaik di Indonesia

Selain model 8 merek di atas, masih banyak yang belum disebutkan. Seperti merek mobil niaga Mitsubishi FUSO, UD Truck, Mercedes-Benz CV, FAW dan yang lain. Lalu model yang tidak terdaftar di data Gaikindo, seperti model-model premium asal Eropa dan Amerika. Lantas, apa merek terbaik di Indonesia?

Cukup relatif untuk menilai merek mobil terbaik di Indonesia. Jika melihatnya dari sisi penjualan, Toyota adalah yang terbaik. Jika yang dinilai harganya yang bersahabat dengan produk berkualitas, Wuling bisa jadi merek terbaik. Atau yang dinilai kemewahan dan mahalnya, Mercedes-Benz dan BMW adalah yang terbaik.

Menurut rekomendasi kami, merek terbaik adalah yang bisa memenuhi kebutuhan dan selera Anda.

Terus ikuti tips dan trik mobil hanya di OTOmurah.com

>>>Baca juga: Daftar Merek Mobil Buatan Indonesia

 

FAQ umum

1. Merek mobil ada apa saja?

Merek mobil ada Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi Motors, Mitsubishi FUSO, Isuzu, HINO, Hyundai, Wuling, Mazda, BMW, Mercedes-Benz, Nissan, KIA, Volkswagen dan yang lain.

2. Mobil apa yang terkenal di Indonesia?

Mobil yang terkenal di Indonesia adalah Toyota Avanza mobil penumpang dan Suzuki Carry pick up untuk mobil niaga ringan

3. Apa nama mobil yang terkenal?

Nama mobil yang terkenal di Indonesia adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Kijang Innova, Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner

4. Budget 50 juta dapat mobil apa?

Budget 50 juta bisa dapat mobil bekas dengan usia 15 tahun ke atas. Diantaranya Suzuki Carry Futura pick up 2007, KIA Visto 2003, hyundai Atoz 2006, Suzuki Katana 1992, dan Honda Accord 1993