Ini Dia, Pajak Tahunan Nissan Grand Livina

  • Anto
  • Tips & Trik
  • 07/12/2022
Selain menawarkan kenyamanan, efisiensi dan performa, Nissan Grand Livina juga memikat konsumen dengan besaran pajak tahunan yang relatif terjangkau. Boleh disebut bersaing dengan MPV sejenis lainnya di kelas yang sama.

Sejak tahun 2004, segmen pasar low MPV di pasar otomotif Indonesia didominasi oleh duet kembar Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Pada masa itu, konsumen hanya punya dua pilihan tersebut. Boleh disebut, pasangan Avanza-Xenia menjadi pilihan terbaik bagi konsumen yang ingin mencari mobil keluarga sekelas Toyota Kijang. Apalagi setelah Toyota Kijang naik kelas menjadi Toyota Kijang Innova.

Memasuki tahun 2007, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) merilis low MPV dengan nama Nissan Grand Livina. Boleh disebut, kehadiran Nissan Grand Livina menjadi gebrakan luar biasa dan banyak disebut kalangan sebagai antitesis. Bukan hanya menjadi pesaing langsung Avanza-Xenia, juga memberikan jalan bagi produsen lain untuk memasuki segmen pasar low MPV yang memang laris manis di Indonesia.

Secara teknis, mobil Nissan Grand Livina menawarkan platform mobil penumpang khas Perancis yang terkenal nyaman. Pada sisi lain, Nissan Grand Livina juga menjadi low MPV pertama dengan sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive, FWD) yang memiliki nilai jual tersendiri. Barulah kemudian bermunculan low MPV lainnya yang mengikuti sistem FWD seperti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

1. Harga Bekas dan Pajak Mobil Nissan Grand Livina  

Secara umum, kini harga bekas Nissan Grand Livina sangat terjangkau. Malah sebagian kalangan menyebutnya sebagai “terjun bebas” karena harga bekasnya lebih murah daripada pesaing sekelas dengan tahun yang sama. Untuk Nissan Grand Livina yang beredar sejak tahun 2007 hingga tahun 2018 sudah bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp 90 jutaan sampai Rp 135 jutaan tergantung kondisi dan model. Sedangkan pajak tahunan Nissan Grand Livina dimulai dari Rp 1,5 jutaan hingga Rp 3,5 jutaan.  

Harga Bekas dan Pajak Mobil Nissan Grand Livina Harga Bekas dan Pajak Mobil Nissan Grand Livina 

>>> Baca juga: 

2. Sejarah Nissan Grand Livina

Menilik perjalanannya, Nissan Grand Livina yang beredar di Indonesia masuk dalam generasi pertama yang terbagi menjadi seri L10 (2007-2010 sebelum facelift, 2011-2012 setelah facelift) dan seri L11 (2013-2018). Perbedaan mendasar antara seri L10 dan L11 terletak pada body style, mesin yang sudah di-upgrade dan transmisi CVT). Berikutnya mulai tahun 2019, muncul Nissan Livina (tanpa kata Grand) generasi kedua yang memakai platform Mitsubishi Xpander.

Selama masa edarnya, Nissan Grand Livina (generasi pertama) tersedia dengan pilihan mesin 1,5 liter (HR15DE) dan 1,8 liter (MR18DE) disertai opsi transmisi manual (5-speed & 6-speed) dan transmisi otomatis (4-speed & CVT). Transmisi manual 6-speed hanya tersedia untuk Nissan Grand Livina bermesin 1,8 liter. Sedangkan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed dipasangkan untuk Nissan Grand Livina bermesin 1,5 liter dan 1,8 liter. Selanjutnya mulai L11 yang masuk pasar Indonesia pada 2013, kombinasi mesin dan transmisi terdiri atas manual 5-speed dan CVT (Nissan Grand Livina 2013 1,5 liter) serta manual 6-speed dan otomatis 4-speed (Nissan Grand Livina 1,8 liter).

3. Pajak Tahunan Mobil Nissan Grand Livina

Untuk pembayaran besaran pajak tahunan Nissan Grand Livina, konsumen yang tinggal di provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya bisa mengetahui informasi lengkap di samsat-pkb2.jakarta.go.id. Selanjutnya Anda tinggal menyiapkan berkas asli dan foto kopi yang terdiri atas KTP dan STNK serta uang sesuai ketentuan. Bawa juga BPKB asli, siapa tahu dibutuhkan. Untuk besaran pajak tahunan Nissan Grand Livina, siapkan dana sesuai tabel pajak dan tambahan Rp 143.000. Sebagai contoh, Nissan Grand Livina tahun 2008 memiliki pajak tahunan Rp 1.764.000 dan SWDKLLJ Rp 143.000, sehingga totalnya menjadi Rp 1.907.000.

4. Pajak 5 Tahunan Mobil Nissan Grand Livina

Tidak hanya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan yang menjadi kewajiban para pemilik mobil Nissan Grand Livina. Juga ada kewajiban setiap lima tahun berupa pajak 5 tahunan dan prosedur lainnya yang mencakup pemutakhiran data kepemilikan kendaraan bermotor. Secara teknis, pajak 5 tahunan ini sama dengan pajak tahunan yang disertai biaya tambahan.

Jenis

Biaya

Pajak Tahunan

Sesuai tabel PKB

SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan)

Rp 143.000

Penerbitan STNK baru

Rp 200.000

Penerbitan TNKB (plat nomor) baru

Rp 100.000

Penerbitan BPKB (jika ada perubahan data kepemilikan)

Rp 375.000

Total tambahan

Rp 818.000

Pajak 5 Tahunan Mobil Nissan Grand Livina

5. Pembayaran Pajak mobil Nissan Grand Livina

Untuk menghindari sanksi berupa denda, sebaiknya pembayaran pajak tahunan untuk mobil Nissan Grand Livina dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo. Apalagi sanksi denda keterlambatan pembayaran cukup lumayan jumlahnya. Saat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor semakin mudah karena tersedia banyak gerai yang berlokasi dekat perumahan. Selain itu juga tersedia metode online maupun offline untuk kenyamanan konsumen.

Pembayaran Pajak mobil Nissan Grand LivinaPembayaran Pajak mobil Nissan Grand Livina

  • Kantor Samsat terdekat. Memiliki layanan sangat lengkap mulai pembayaran pajak tahunan dan 5 tahunan, registrasi kendaraan baru, mutasi kendaraan, balik nama, cek fisik, penerbitan BPKB/STNK/TNKB baru. Umumnya, kantor Samsat berada di wilayah kota atau kadang-kadang digabung untuk efisiensi pelayanan.
  • Kantor Samsat pendukung seperti gerai Samsat di pusat belanja (mall) dan Samsat keliling. Layanan yang tersedia adalah pembayaran pajak tahunan dan perpanjangan SIM. Untuk pembayaran pajak 5 tahunan, registrasi, mutasi, balik nama, cek fisik, penerbitan BPKB/STNK/TNKB baru dilakukan di kantor Samsat.
  • Gerai Alfamart/Indomaret dan Kantor Pos menyediakan layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor.
  • Online melalui aplikasi. Contohnya aplikasi sistem Samsat seperti Signal, Sakpole dan Sambara. Bisa juga melalui aplikasi pembayaran lainnya seperti BCA, BRI, Mandiri, OVO, Gopay, DANA, Bukalapak, Tokopedia.
  • Secara umum, pembayaran dengan metode online lebih mudah, praktis dan hemat waktu karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asal ada koneksi internet.

6. Kesimpulan

Secara keseluruhan, besaran pajak tahunan untuk mobil Nissan Grand Livina boleh disebut relatif terjangkau bagi konsumen. Malah karena pajak tahunan mobil Nissan Grand Livina tidak sampai Rp 4 jutaan, tentunya konsumen dapat menyiapkan anggaran untuk keperluan tersebut sejak jauh hari. Apalagi kini suku cadang aftermarket semakin banyak dan harganya kompetitif.   

Terus ikuti tips dan trik mobil hanya di OTOmurah.com

 

FAQ umum

1. Berapa pajak tahunan Nissan Grand Livina?

Nissan Grand Livina beredar di Indonesia pada kurun waktu tahun 2007-2018 dan pajaknya berkisar Rp 1,5 jutaan (2007) hingga Rp 3,5 jutaan (2019, sisa stok 2018 akhir).

2. Berapa pajak tahunan Nissan Grand Livina 2017?

Pajak tahunan mobil Nissan Grand Livina 2017 mulai dari Rp 2,8 jutaan hingga Rp 3,2 jutaan.

3. Apakah benar spare part Nissan Grand Livina mahal?

Saat awal Nissan Grand Livina beredar di Indonesia pada tahun 2007, harga suku cadangnya tergolong relatif mahal karena hanya ada suku cadang asli (genuine parts) dan populasi suku cadang aftermarket relatif sedikit. Sekarang, suku cadang aftermarket untuk Nissan Grand Livina sudah semakin berlimpah dan harganya bersaing dengan mobil lain di kelas yang sama.

4. Berapa pajak tahunan mobil Nissan Grand Livina 2019?

Pajak tahunan mobil Nissan Grand Livina 2017 mulai dari Rp 3,1 jutaan hingga Rp 4,1 jutaan.

5. Berapa pajak tahunan mobil Nissan Grand Livina 2008?

Pajak tahunan mobil Nissan Grand Livina 2017 mulai dari Rp 1,5 jutaan hingga Rp 1,9 jutaan.

6. Berapa pajak tahunan mobil Nissan Grand Livina 2007?

Pajak tahunan mobil Nissan Grand Livina 2017 mulai dari Rp 1,5 jutaan hingga Rp 1,9 jutaan.