Honda BRV Modifikasi Minimalis Hingga Ekstrem

Meski hanya ubahan kecil penampilan Honda BRV modifikasi bisa lebih menarik. Berikut modifikasi low SUV 7 seater tersebut, yang minimalis dan yang ekstrem.

Pembahasan modifikasi kali ini menyasar pada low SUV Honda BRV. Salah satu sisi menariknya karena mobil ini belum lama di tanah air, yakni sejak 2015. Sementara versi terbarunya sudah hadir dengan tampilan yang berbeda.

Kehadiran All New Honda BRV resmi menggantikan model sebelumnya yang bentuknya mirip Mobilio. Tampilannya lebih berkarakter dan lebih menunjukkan cita rasa SUV yang dikenal gagah dan tangguh. Namun tentu saja bagi pecinta modifikasi, tangannya gatal jika membiarkan mobil dalam kondisi standar. Menurutnya, meski hanya sentuhan kecil Honda BRV modifikasi bisa tampil beda.

Untuk Honda BRV lama meskipun sudah digantikan, mobil tetap menarik. Untuk urusan modifikasi justru lebih banyak referensinya karena lebih dulu hadir.

Sekilas Honda BRV

All New Honda BR-V, lebih terlihat karakter SUV-nya

All New Honda BR-V, lebih terlihat karakter SUV-nya

Honda BRV hadir di Indonesia tahun 2015 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Mobil ini mengikuti keinginan pasar dimana model SUV semakin berkembang. Kelebihan yang ditawarkan diantaranya utilitas mobil keluarga 7 seater dan ketangguhan sebuah SUV.

Soal kemiripan dengan Honda Mobilio tak dipungkiri karena BRV menggunakan platform yang sama dengan low MPV tersebut. Pada 2018 facelift pertama dilakukan, disusul facelift kedua pada 2019. Tampilan BRV semakin menarik, tapi kemiripan dengan Mobilio tetap terlihat.

Baru di akhir 2021 lahir Honda BRV generasi kedua. Menggunakan basis Honda N7X Concept, tampilan BRV terbaru berubah total. Karakternya sebagai sebuah SUV lebih terlihat dari penampilannya yang gagah dan dimensinya yang lebih besar.

Honda BRV terbaru juga lebih canggih berkat fitur keselamatan Honda Sensing dan sistem kamera LaneWatch pada varian tertinggi. Baca juga Honda BR-V bekas di Kami

Honda BRV Modifikasi

Seperti disebut di depan untuk Honda BRV modifikasi lebih banyak menyasar pada model lama. Sedangkan untuk model terbaru belum banyak terlihat. Untuk porsi ubahannya pun beragam, dari minimalis, medium, hingga ekstrem. Berikut beberapa kategori Honda BRV modifikasi yang bisa Anda pilih.

1. Modifikasi Minimalis

Honda BRV bisa tampil beda dengan hanya ganti velg

Honda BRV bisa tampil beda dengan hanya ganti velg

Anda bisa mendapatkan Honda BRV modifikasi secara minimalis, dimana ubahan yang ada tidak sampai mengubah bentuk dasar kendaraan. Misalnya, menggunakan seni cutting sticker atau wrapping sticker. Menggunakan jasa profesional Anda bisa mendapatkan penampilan yang berbeda hanya dengan tempelan stiker.

Selain cutting stiker bisa juga dengan mengganti velg bawaan dengan velg after market. Untuk interior bisa dengan membuatkan cover jok yang berbeda tanpa harus mengubah desain jok itu sendiri. Trim pintu juga bisa diganti warna yang sesuai dengan cover jok supaya matching. Begitu pun dengan dashboard bisa dilapisi cover warna senada.

Keuntungan dari modifikasi minimalis ini, Anda tidak harus merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan tampilan yang berbeda. Selain itu mobil juga masih bisa dipakai sehari-hari di jalan raya tanpa takut ditilang.

Perlu diperhatikan, untuk wrapping atau menutup seluruh bodi mobil dengan stiker, warna stiker harus sama dengan warna yang tertera pada STNK. Jika tidak, maka perlu mengajukan permohonan identifikasi fisik dan pendataan ulang di kepolisian karena termasuk ubah warna.

Sedangkan untuk cutting sticker asal tidak menutup lebih dari 20 persen warna asli kendaraan masih diizinkan.

2. Modifikasi Medium

All New Honda BR-V bergaya touring

All New Honda BR-V bergaya touring

 

Honda BRV modifikasi medium lebih meningkat dari yang minimalis. Ubahan yang ada sudah mengubah bentuk asli kendaraan, namun tidak sampai ekstrem. Misalnya mengganti profil ban dan velg menjadi lebih besar, mengganti high mount stop lamp dengan produk aftermarket, mengganti grill asli, memasang bumper offroad, memasang roof rack, menambahkan pelindung bumper belakang,

Di bagian interior, mengganti desain jok bawaan pabrik atau standar seat diganti dengan model pilihan sendiri. Misalnya dengan model captain seat, bucket seat, semi bucket seat, atau dibikin ala-ala mobil premium, memasang sistem hiburan yang lebih yahud dengan menambahkan speaker besar, memasang roof monitor, atau headrest monitor dan yang lain.

Untuk modifikasi medium ini perlu memperhatikan sisi keselamatan dan kenyamanan. Jika tidak Anda bisa rugi sendiri. Alih-alih tampil beda malah mengurangi kenyamanan dan memperbesar risiko buruk keselamatan.

Sebagai contoh, mengganti ban Bridgestone Ecopia Ep150 195/60/R16 bawaan pabrik dengan ban jenis MT (Mud Terrain) bakal mengurangi sisi kenyamanan.

Contoh lain jika mengganti sistem audio yang lebih besar Anda perlu memperhatikan pasokan listrik. Pemasangannya juga tidak boleh asal-asalan. Begitupun jika mengganti atau menambahkan lampu-lampu perlu meningkatkan sistem kelistrikan agar sesuai dengan output yang dibutuhkan.

>>> Baca juga Beragam Modifikasi Baleno Keren

3. Modifikasi Ekstrem

Modifikasi Honda BR-V hellaflush

Modifikasi Honda BR-V hellaflush

Honda BRV modifikasi jenis ini paling bebas dibanding yang lain. Bisa dilakukan sesuai selera tanpa terikat aturan lalu lintas dan angkutan jalan.

Ubahan bisa menyasar sisi desain seperti mengubah bentuk eksterior standar menjadi lebih gahar atau jadi aneh. Misalnya memperpendek suspensi hingga mobil jadi ceper, mengganti ban dan memasangnya amblas ke dalam spakbor (hellaflush), mengganti pintu standar dengan butterfly doors atau model gullwing, hingga menambahkan ban belakang yang asalnya dua menjadi empat atau lebih.

Ubahan di interior misalnya mengganti konfigurasi 5 seater menjadi 2 seater, lalu memasang sistem entertainment besar di bagian belakang hingga penuh, serta memasang lampu ambient beragam jenis dan warna.

Modifikasi ketiga ini biasanya untuk keperluan kontes, balapan, atau yang sejenis. Bukan untuk dipakai sehari-hari di jalan umum karena melanggar aturan berlalu lintas dan angkutan jalan.

Dari ketiga kategori di atas Anda bebas memilih. Tapi sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan bengkel modifikasi agar mendapatkan rekomendasi yang sesuai selera dan budget. Anda juga harus memahami konsekuensi dan risikonya agar jangan ada penyesalan di belakang.

>>>  Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya di otomurah