Cara Menghilangkan Baret di Mobil

Meski tidak berpengaruh pada performa kendaraan, baret bisa merusak penampilan dan mengurangi nilai jual. Simak cara menghilangkan baret di mobil berikut!

Banyak hal bisa mempengaruhi nilai jual mobil, seperti usia pemakaian, jarak tempuh, riwayat perawatan, kelengkapan dokumen, hingga kondisi fisik. Yang terakhir ini terkait juga dengan penampilan dan kebersihannya. Mobil yang kotor atau terdapat baret-baret nilai jualnya bakal turun. Berbeda dengan mobil yang bersih, seperti baru dan tanpa baret harga jualnya bakal terjaga. Lantas bagaimana cara menghilangkan baret di mobil agar penampilannya tetap menarik?

Penyebab Baret di Mobil

Sebelum membahas cara menghilangkan baret di mobil, sebaiknya ketahui dulu penyebab baret itu sendiri karena hal tersebut berkaitan.

Senggolan

Senggolan menjadi penyebab utama baret pada mobil. Dan objek yang jadi lawan biasanya benda keras, seperti kendaraan lain, dinding, kayu, dan ranting. Benda cair seperti hujan dan embun tidak akan menyebabkan baret.

Baret bisa merusak penampilan mobil

Baret bisa merusak penampilan mobil

Terkena kerikil jalan

Seringkali kerikil jalanan terlempar saat terinjak ban kendaraan bermotor. Jika sampai mengenai bodi mobil, sangat mungkin merusak cat dan menimbulkan baretan tajam.

Terkena aspal baru

Saat mobil melewati aspal baru terkadang terdengar bunyi percikan di bagian bawah. Itu adalah percikan aspal yang terbawa ban karena belum sempurna merekat di jalanan. Terkadang percikan ini justru menempel erat di spakbor dan fender. Walhasil saat dilepas secara paksa meninggalkan baret-baret.

>>> Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Di Kaca Mobil

Kena lap kotor

Mencuci atau mengelap mobil pakai lap kotor bisa jadi sebab baret di mobil. Ini karena lap kotor membawa partikel keras seperti debu-debu kasar. Kemoceng bulu juga demikian. bulu-bulu halusnya yang rontok bakal menyisakan gagang berujung lancip. Mobil bisa baret jika dibersihkan pakai itu.

Dijailin orang lain

Mobil sering jadi objek iseng orang lain, terutama oleh anak-anak. Dengan alasan yang tidak jelas mereka menggesek mobil sampai baret-baret.

Cara Menghilangkan Baret di Mobil

Baret besar atau halus pada bodi mobil sama saja dampaknya, merusak penampilan. Dan seperti disebut di depan bakal menurunkan nilai jual. Jadi, sebaiknya segera dihilangkan.

Ada beragam cara menghilangkan baret di mobil. Yang paling mudah tinggal bawa ke salon atau car detailing. Mobil akan digarap sampai kinclong. Namun konsekuensinya ada biaya yang harus dikeluarkan dari dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kalau ingin lebih efisien, gunakan cara kedua, yaitu lakukan secara mandiri. Siapkan barang-barang yang dibutuhkan seperti lap halus serta piranti pendukungnya. Berikut cara menghilangkan baret di mobil dan beberapa barang yang bisa digunakan.

Scratch Remover

Scratch Remover merupakan produk khusus penghilang goresan. Bentuknya bermacam-macam. Ada yang krim (gel), cair, hingga spidol. Anda bisa mendapatkannya di toko perawatan mobil, di supermarket, atau membelinya secara online. Harganya mulai yang murah Rp 50 ribuan hingga yang mahal Rp 800 ribuan.

Untuk menggunakannya ikuti petunjuk pada kemasan. Rata-rata sama, bersihkan dulu bagian yang baret atau tergores, oleskan Scratch Remover, bersihkan lagi dengan lap kering.

Cara Menghilangkan Baret di Mobil

Beret di mobil bisa dihilangkan secara mandiri

Kompon

Kompon berupa krim kimia dan sudah terbukti ampuh mengatasi baret pada bodi kendaraan, seperti mobil dan sepeda motor. Ada banyak jenis kompon dan yang paling populer warna putih. Daya kikis kompon dipercaya paling kuat dibanding bahan yang lain.

Cara penggunaannya; bersihkan dulu bagian mobil yang tergores menggunakan air bersih. Lalu keringkan dengan lap sampai benar-benar kering. Oleskan kompon sampai merata dan gosok secara perlahan. Gunakan alat bantu berupa kain halus atau microfiber untuk memudahkan dalam menggosok.

Cat ulang

Mengecat ulang jadi cara menghilangkan baret di mobil paling ampuh. Namun konsekuensinya, cat mobil tidak lagi ori. Untuk mengecat ulang Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Diantaranya; menyiapkan dana yang cukup karena biayanya tidak murah, hanya dilakukan jika baret dan goresan mobil cukup parah, gunakan jasa pengecatan atau body repair professional untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cat ulang bisa membuat mobil tampil seperti baru

Cat ulang bisa membuat mobil tampil seperti baru

Pasta gigi

Barang ini dikenal sebagai pembersih gigi dari karang dan plak. Ternyata bukan hanya itu, pasta gigi bisa jadi salah satu cara menghilangkan baret di kaca mobil. Sama seperti menggunakan kompon, bersihkan dulu bagian mobil yang baret menggunakan air dan keringkan.

Oleskan pasta gigi hingga merata, gosok secara halus dengan gerakan melingkar untuk mendapatkan hasil yang rapi.

Perlu diketahui; secara kualitas pasta gigi lebih rendah dibanding kompon. Pasta gigi hanya efektif untuk goresan halus atau baret yang tidak terlalu parah.

Obat nyamuk cair

Obat nyamuk cair tidak hanya ampuh membunuh nyamuk tapi juga efektif menghilangkan baret di mobil. Basahkan pada lap halus lalu gosokkan ke bagian yang baret dengan gerakan memutar. Lakukan sampai baret tereduksi. Setelah itu bersihkan dengan air dan keringkan dengan lap.

Minyak rem

Minyak rem juga efektif menghilangkan goresan bodi mobil. Namun mengaplikasikannya harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai meluber ke bagian lain karena bisa mengurangi kualitas cat mobil.

Gunakan kain kering atau kanebo yang kering dan bersih. Basahi dengan sedikit minyak rem lalu gosok ke bagian yang baret.

Pakai Wax

Waxing bukan salah satu cara menghilangkan baret di mobil. Melainkan melindungi cat agar selalu bersih, mengkilap, serta terhindar dari baret-baret tipis. Untuk mobil baru yang baru keluar dari dealer bisa langsung dilakukan waxing di salon atau auto detailing. Sedangkan untuk mobil yang sudah dipakai lama akan dilakukan pemolesan untuk menghilangkan baret yang ada. Setelahnya baru dilakukan waxing.

>>> Baca juga Tips Trik Mobil di Otomurah.com