Cara Membuat Semir Ban Sendiri Dengan Mudah

Semir ban membantu menjaga penampilan ban tetap menarik. Berikut cara membuat semir ban sendiri dengan mudah dan biaya murah tanpa harus ke bengkel perawatan.

Penampilan mobil dipandang dari berbagai sisi eksterior dan interiornya. Agar tetap menarik seluruh bagian harus selalu bersih. Bodi, kaca, atap, grill, lampu-lampu, hingga ban harus bebas kotoran. Begitu pula di bagian interior, lantai kabin, jok, dashboard, hingga trim pintu harus bebas dari kotoran dan noda membandel. Oleh karena itu perawatan mutlak diperlukan.

Khusus untuk ban perawatan bisa dilakukan dengan mengecek kondisi ban, memastikan bebas kerikil dan benda keras yang menyelip, serta membuat tampilannya kinclong. Poin terakhir ini dilakukan dengan cara menyemir.

Cara Membuat Semir Ban Sendiri Dengan Mudah

Ada banyak tutorial cara membuat semir ban sendiri. Jadi, Anda tidak harus buru-buru membawa kendaraan ke bengkel hanya untuk satu tujuan tersebut.

Cara Membuat Semir Ban Sendiri

Sekali lagi untuk menyemir ban Anda tidak harus membawa kendaraan ke bengkel. Anda bisa melakukannya sendiri, bahkan semir ban-nya pun bisa Anda buat sendiri dengan mudah. Berikut cara membuat semir ban sendiri di rumah dengan biaya sangat murah.

Dengan Minuman Soda dan Sunlight

Minuman soda dan Sunlight bukan barang asing. Minuman soda untuk menghilangkan dahaga, sedangkan Sunlight dikenal sebagai sabun cuci piring cair yang sangat ampuh. Keduanya bisa didapatkan di warung-warung kecil, pasar, mini market hingga pusat perbelanjaan besar. Harganya juga sangat murah hanya beberapa ribu rupiah.

Kombinasi keduanya ternyata bisa dimanfaatkan sebagai semir ban mobil dan sepeda motor. Berikut caranya:

  • Bersihkan dulu ban dengan cara mencuci menggunakan air bersih. Jangan lupa disikat agar kotoran yang menempel hilang seluruhnya. Sambil menunggu ban kering kembali, persiapkan bahan semir.
  • Campurkan minuman soda sebanyak 250 ml dengan satu sendok makan Sunlight dalam satu wadah lalu aduk hingga merata. Jika menggunakan wadah botol, kocok sampai tercampur rata.
  • Oleskan bahan yang sudah tercampur ke bagian pinggir ban. Gunakan kuas, spons, atau sikat gigi agar mudah meratakan dan tidak mengotori tangan.
  • Tunggu beberapa saat hingga cairan mengering, lalu gosok lagi dengan sikat.
  • Selesai. Anda akan melihat ban mobil Anda jauh lebih mengkilap dari sebelumnya.

Cara Membuat Semir Ban Sendiri Dengan Mudah

Sunlight bisa dimanfaatkan untuk menyemir ban mobil

Baca juga: Memilih Ban Ertiga Yang Bagus

Dengan Minyak Goreng

Minyak goreng bisa juga dimanfaatkan sebagai semir ban karena daya kilapnya yang cukup baik. Barang ini hampir selalu ada di setiap rumah, tersedia di warung-warung kecil hingga supermarket, dan harganya sangat terjangkau.

Cara membuat semir ban dengan minyak goreng sangat mudah karena tidak memerlukan bahan-bahan yang lain.

  • Pastikan ban dalam kondisi bersih lebih dulu dengan cara dicuci menggunakan air bersih. Tujuannya untuk mengangkat kotoran yang masih menempel.
  • Siapkan minyak goreng yang belum terpakai alias bukan jelantah. Tuangkan dalam wadah yang bersih, secukupnya saja dan tidak perlu banyak-banyak.
  • Oleskan pada bagian pinggir ban menggunakan kuas atau spons secara merata. Ingat, hanya bagian pinggirnya saja, bukan pada tapaknya!
  • Selesai. Ban mobil Anda sudah kinclong sekarang.

Minyak goreng hampir ada di setiap rumah 

Minyak goreng hampir ada di setiap rumah

Baca juga Pentingnya Mengetahui Ukuran Mobil Avanza

Dengan Air Gula

Air gula melezatkan makanan sekaligus bisa menjadi sumber tenaga bagi manusia. Di sisi yang lain air gula bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, seperti menyemir ban.

Cara membuat semir ban dengan air gula sama simplenya dengan menggunakan minyak goreng. Sebelum menyemir ban harus dalam kondisi bersih. Cuci dengan air sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel.

  • Didihkan air kira-kira 1 gelas atau 250 ml dan gula pasir kurang lebih 4 sendok makan.
  • Aduk sampai gula benar-benar larut lalu tunggu sampai dingin.
  • Oleskan air gula ke bagian pinggir ban menggunakan kuas atau spons secara merata.

Proses pembuatan air gula cukup mudah

Proses pembuatan air gula cukup mudah

Dengan Oli Bekas

Berbeda dengan oli baru yang bagus untuk mesin, oli bekas sangat tidak bagus buat pelumas mesin. Namun demikian masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, seperti menyemir ban.

Apakah bisa bikin ban hitam mengkilap? Jelas bisa karena rupa olinya sendiri sudah hitam dan oli dikenal memiliki daya kilap yang baik. Untuk menggunakannya cukup dengan mengoleskan pada bagian pinggir ban menggunakan kuas, spon atau sikat.

Yang penting untuk diperhatikan bila menyemir ban menggunakan oli bekas adalah faktor keselamatan. Oli hanya boleh dioleskan pada bagian pinggir ban. Bukan pada tapaknya karena bisa membuat ban kehilangan traksi, selip, lalu tergelincir.

Tidak direkomendasikan untuk ban sepeda motor meski hanya bagian pinggirnya saja. Ini karena risiko tergelincir jauh lebih besar dibanding mobil.

Oli bekas masih bisa dimanfaatkan

Oli bekas masih bisa dimanfaatkan

Semir Ban Kualitas Super

Menggunakan bahan-bahan di atas adalah cara membuat semir ban secara mudah dengan harga murah. Untuk kualitas sudah tentu tidak bisa disamakan dengan dengan semir ban bermerek yang dirancang secara khusus. Semir ban pabrikan menjaga kepekatan warna karet ban lebih lama dan sesuai aslinya. Selain itu juga menjaga elastisitas ban lebih baik dibanding buatan sendiri.

Untuk harganya berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per kemasan. Beberapa semir ban mobil dengan merek terbaik diantaranya Kit PEG9115 Black Magic Tire Gel Pouch, Waxco Nano Tech Wet Look Tyre Shine, Meguiar's Endurance High Gloss Tire Gel G7516, Ikori Semir Ban, Sabusa Semir Interior & Eksterior, 3M 79042 Tire Restorer, Zone Semir Ban, Dobeli TS 48 Tire Shine, Otomen Dresser Semir Ban, dan ONE+ Tyre Polish.

Anda bisa mendapatkan produk-produk di atas di toko perawatan mobil, supermarket, atau melalui toko online.

>>>  Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya di otomurah