Cara Balik Nama Mobil Tanpa Lewat Calo

Secara garis besar cara balik nama mobil hanya dengan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan lalu datang ke Samsat untuk merampungkan proses hingga selesai.

Balik nama mobil penting dilakukan jika Anda memiliki mobil atas nama orang lain, alias nama di STNK dan BPKB tidak sesuai dengan nama Anda. Mengapa demikian, karena Anda memiliki legalitas yang kuat terhadap kepemilikan. Selain itu balik nama mobil bakal memudahkan segala urusan yang berkaitan dengan mobil itu sendiri.

Untuk balik nama mobil Anda terkadang tidak melakukannya. Alasannya karena enggan mengurus, enggan keluar biaya tambahan, atau bisa saja karena tidak mengerti pentingnya dan cara balik nama mobil. Walhasil Anda memiliki mobil namun tidak memiliki legalitas yang kuat.

Bagaimana Cara Balik Nama Mobil?

Beli mobil bekas, sebaiknya segera balik nama

Beli mobil bekas, sebaiknya segera balik nama

Secara garis besar cara balik nama mobil tidaklah rumit. Anda bahkan tidak perlu menggunakan ‘jasa’ calo karena prosesnya relatif mudah. Alurnya adalah melakukan balik nama STNK, baru kemudian balik nama BPKB. Cukup simpel, namun lumayan panjang untuk dijalani dan butuh kesabaran. Berikut cara balik nama mobil secara lebih detail.

Siapkan Dokumen

Poin pertama ini penting dalam proses balik nama mobil sebelum langkah-langkah berikutnya. Dokumen yang dibutuhkan harus Anda persiapkan terlebih dahulu, yaitu STNK, BPKB, KTP, dan bukti pembelian (nota / kwitansi / faktur / sejenisnya). Ditambah lagi untuk disiapkan yaitu materai.

Kecuali materai, seluruhnya harus siap dalam bentuk asli dan fotocopy minimal 2 rangkap (untuk berjaga-jaga barangkali dibutuhkan lebih dari satu). Lalu dimasukkan dalam satu wadah agar mudah ditemukan.

>>> Baca juga: Ini Cara Mengisi Air Aki Mobil yang Benar

Datang ke Kantor Samsat

  1. Datang ke kantor Samsat tempat STNK terdaftar untuk melakukan penggantian nama pada STNK terlebih dahulu. Ini penting karena balik nama mobil atau pembuatan BPKB baru bisa dilakukan dengan melampirkan STNK asli yang baru atas nama Anda.
  2. Ikuti cek fisik mobil yang dilakukan oleh petugas, meliputi cek nomor mesin, cek nomor rangka. Hasil pengecekan berupa stiker khusus yang telah digosokkan pada nomor mesin dan  nomor rangka tadi.
  3. Serahkan bukti cek fisik mobil beserta dokumen-dokumen yang telah disiapkan kepada petugas untuk dilegalisir dan diserahkan kembali.
  4. Pindah ke loket fiskal untuk melakukan pengecekan data pajak dan yang lain. Serahkan berkas-berkas tadi dan tunggu hingga nama dipanggil.
  5. Setelah dipanggil Anda akan diarahkan ke kasir untuk membayar biaya balik nama mobil, serta pajak tahunan bila masih ada yang belum terbayar.
  6. Berikutnya pindah ke loket mutasi. Semua berkas akan diminta petugas. Bila dinyatakan lengkap Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran mutasi dan balik nama mobil.
  7. Selanjutnya pindah ke loket cek fisik untuk pembuatan STNK baru. Serahkan seluruh berkas kepada petugas dan tunggu nama Anda dipanggil.
  8. Proses berikutnya sama Anda kembali diarahkan ke loket fiskal untuk membayar biaya penerbitan STNK baru dan menerima STNK baru atas nama Anda.

Untuk balik nama mobil harus memenuhi persyaratan

Untuk balik nama mobil harus memenuhi persyaratan

Pembuatan BPKB Baru

Tahap berikutnya dari cara balik nama mobil adalah pembuatan BPKB baru. Setelah STNK baru diserahkan, Anda menuju ke loket Ditlantas bagian pelayanan BPKB.

  1. Serahkan seluruh dokumen mutasi balik nama mobil ke petugas loket dan isi formulir yang diberikan. Dokumen berupa fotocopy BPKB dan BPKB asli, fotocopy STNK baru, fotocopy KTP, fotocopy hasil cek fisik yang telah dilegalisir, dan fotocopy bukti jual beli.
  2. Anda akan diarahkan ke kasir untuk membayar biaya penerbitan BPKB balik nama atau ganti kepemilikan.
  3. Setelahnya petugas akan memberikan tanda terima yang harus Anda bawa saat pengambilan BPKB.

Proses selesai, Anda tinggal menunggu saat pengambilan BPKB. Waktunya kira-kira satu minggu atau sesuai arahan petugas.

Untuk pengambilan bisa dilakukan sendiri atau diwakilkan. Namun sebaiknya diambil sendiri untuk meminimalisir biaya tambahan serta memastikan dokumen tetap aman.

BPKB bukti paling kuat kepemilikan kendaraan bermotor

BPKB bukti paling kuat kepemilikan kendaraan bermotor

Biaya Balik Nama Mobil

Berkaitan dengan cara balik nama mobil yaitu biaya yang harus dikeluarkan. Besarannya tentu beda dengan sepeda motor karena nilai barangnya pun berbeda.

Biaya balik nama mobil meliputi:

  1. Biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran berbeda-beda antara satu Samsat dengan Samsat lain, menyesuaikan kebijakan masing-masing. Biasanya sekitar Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu.
  2. Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) adalah beberapa persen dari harga beli mobil. Adapun nominalnya berbeda-beda antara daerah satu dengan yang lain.
  3. Administrasi STNK. Biaya administrasi STNK tidak mahal, yaitu sekitar Rp 50 ribuan.
  4. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Biaya ini salah satu elemen yang wajib pada saat balik nama mobil. Adapun besarnya bisa dilihat di lembar STNK. Di setiap tahun PKB hampir tidak pernah naik. Bahkan bisa menurun seiring usia mobil itu sendiri.
  5. Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). SWDKLLJ juga disertakan dalam biaya balik nama mobil. Saat ini besarnya hanya Rp 143.000.
  6. Biaya penerbitan STNK, TNKB, BPKB, dan Surat Mutasi. Secara rinci untuk biaya penerbitan STNK adalah Rp 200.000, TNKB Rp 100.000, BPKB Rp 375.000, dan Surat Mutasi Rp 250.000. Total biaya penerbitan yaitu Rp 925.000.

Jika dijumlahkan dengan biaya-biaya yang lain biaya balik nama mobil yang harus dikeluarkan tidak kurang dari Rp 2,5 juta. Itu belum ditambahkan dengan biaya-biaya lain yang kecil-kecil, seperti fotocopy, materai, parkir, dan lain-lain.

Meski tampak mahal biaya tersebut sepadan dengan yang Anda terima, yaitu legalitas kepemilikan kendaraan.

Demikian cara balik nama mobil dari atas nama orang lain menjadi atas nama Anda sendiri. Teknis di lapangan mungkin bisa berbeda, menyesuaikan kebijakan masing-masing daerah. Baca juga tip trik mobil di otomurah