10 Aksesoris Mobil Ini Penting dan Sangat Bermanfaat

  • Fat
  • Tips & Trik
  • 31/10/2022
Aksesoris mobil terkadang sangat dibutuhkan karena fungsinya yang sangat besar, dari mempercantik penampilan hingga meningkatkan kenyamanan dan keselamatan.

Aksesoris mobil adalah part yang ditambahkan pada mobil. Part ini dijual secara terpisah dan tidak masuk dalam pembelian, meski sebagian dealer menyertakannya sebagai bonus. Aksesoris sendiri punya fungsi yang beragam. Dari meningkatkan penampilan, meningkatkan kenyamanan, hingga meningkatkan keselamatan.

Sebagai contoh Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah aksesoris untuk menunjang keselamatan. Sebelumnya alat ini harus dibeli sendiri jika ingin menyediakannya dalam mobil. Namun kini tidak lagi, APAR ditetapkan sebagai fitur standar yang harus ada pada mobil baru sehingga tidak perlu membeli sendiri.

Contoh lain yaitu talang air. Aksesoris yang dipasang di atas kaca pintu mobil ini tidak hanya mempercantik penampilan, tapi juga mencegah masuknya air hujan ke dalam kabin. Aksesoris ini biasa disertakan pada mobil tipe tertinggi. Sedangkan pada mobil tipe terendah harus dibeli sendiri karena tidak disertakan dalam pembelian mobil.

I. 10 aksesoris mobil paling bermanfaat

Dikarenakan fungsinya yang berbeda-beda sebelum menambahkan aksesoris perlu memperhatikan banyak hal. Antara lain; aksesoris harus sesuai kebutuhan. Jika tidak, aksesoris bisa jadi hal mubazir yang tidak ada faedahnya sama sekali.

Pemilihan aksesoris mobil juga harus menyesuaikan spesifikasi mobil. Jangan sampai emblem Lexus dipasang pada Daihatsu Xenia. Atau karpet Xenia dipasangkan pada Toyota Avanza. Meskipun cocok, tapi tidak eye catching.

Yang paling penting lagi dalam memilih aksesoris mobil adalah memperhatikan unsur keselamatan. Misalnya hiasan di atas dashboard jangan sampai mengganggu visibilitas pengemudi. Atau kaca film jendela samping jangan terlalu gelap sehingga mengurangi pandangan pada spion. Berikut adalah 10 aksesoris mobil yang penting dan sangat bermanfaat:

1. Organizer

Organizer

Car organizer untuk meletakkan barang-barang kecil dalam mobil

Organizer untuk meletakkan barang bawaan ringan agar lebih rapi dan tidak tercecer di dalam kabin. Misalnya tisu, pulpen, handphone, inhaler, botol minuman kecil, kotak makanan ringan, hingga payung lipat.

Aksesoris ini biasa ditempatkan di belakang sandaran kursi depan. Peletakannya tidak mengganggu akses dan kenyamanan penumpang baris kedua. Terlebih untuk mobil yang memiliki tiga baris, kursi baris kedua bisa digeser maju mundur. Harga aksesoris mobil ini tidak terlalu mahal, berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

2. Tempat sampah

Tempat sampah

Tempat sampah perlu disediakan dalam mobil agar sampah tidak tercecer

Tempat sampah di mobil tidak kalah penting dari organizer. Gunanya untuk meletakkan sampah agar tidak tercecer di kabin atau di buang sembarangan ke jalan raya. Misalnya bekas bungkus cemilan, makanan ringan, atau bekas tisu yang sudah dipakai.

Ada beragam model dan bentuk aksesoris mobil ini. Anda tinggal memilih yang paling sesuai dengan selera. Jika saat ini belum ada tempat sampah di mobil, Anda bisa menyediakan plastik untuk bisa digunakan sebagai tempat sampah sementara.

3. Kabel jumper

Kabel jumper

Siapkan kabel jumper untuk digunakan dalam kondisi darurat

Kabel jumper bermanfaat saat mobil mogok di jalan raya karena aki kehabisan setrum. Dengan menggunakan kabel jumper Anda bisa mengambil setrum dari aki lain untuk menyalakan mobil. Setelah itu mobil bisa dijalankan sampai tiba bengkel atau toko aki terdekat.

Sebaiknya Anda sediakan aksesoris satu ini agar hati dan pikiran lebih tenang. Jika sewaktu-waktu terjadi kendala seperti di atas bisa langsung digunakan.

4. Air purifier

Air purifier

Air purifier bikin udara dalam mobil semakin bersih dan sehat

Air purifier adalah alat untuk membersihkan udara dalam kabin mobil dan memprosesnya menjadi udara yang lebih bersih. Namun bukan itu saja fungsinya, air purifier juga bisa bermanfaat menghilangkan bau dan menjaga kelembaban udara.

Mengingat udara kabin yang berkualitas, sebaiknya Anda pasang alat ini dalam mobil. Anda bisa membelinya di toko aksesoris mobil atau membeli di toko online. Harganya beragam, Dari 100 ribuan, 500 ribuan, hingga jutaan rupiah.

5. Parfum

Parfum

Parfum mobil meningkatkan kenyamanan berkendara

Parfum mobil juga bermanfaat menambah kenyamanan berkendara. Terutama karena kabin mobil adalah ruangan tertutup. Terkadang aroma kurang sedap karena sirkulasi udara kurang baik dan hanya mengandalkan AC.

Ada beragam jenis dan model parfum mobil, seperti model gantung, model tempel di atas dashboard, atau diletakkan di depan kisi AC. Harganya juga beragam, Anda bisa memilih sesuai selera.

6. Kaca film

Kaca film

Kaca film melindungi kabin dari sinar UV

Kaca film menjadi salah satu aksesoris mobil paling penting. Piranti tambahan ini memiliki fungsi sangat besar, antara lain mengurangi intensitas cahaya dan hawa panas dalam kabin, menjaga privasi penumpang, meningkatkan keamanan, meminimalisir risiko kejahatan, serta bikin penampilan lebih menarik.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih kaca film mobil antara lain menyesuaikan tingkat kegelapannya. Kaca depan tidak boleh lebih dari 40 persen karena akan terlalu gelap dan mengganggu visibilitas. Sedangkan untuk kaca penumpang jangan lebih dari 60 persen.

Berikutnya pilih kaca film yang punya fitur UV 400, yaitu perlindungan sinar ultraviolet matahari hingga 99 persen. Ini lebih menyehatkan dibanding kaca film biasa. Lalu pilih kaca film dari merek ternama karena kualitasnya sudah teruji.

7. Dashcam

Dashcam

Rekaman dashcam mobil bisa jadi bukti sebuah peristiwa

Dashcam atau dashboard camera adalah alat perekam yang biasa diletakkan di dashboard mobil. Fungsinya sangat besar karena bisa merekam momen-momen penting di jalan raya. Bahkan bisa jadi bukti pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara lain, atau jadi bukti terjadinya kecelakaan dan kejahatan.

Ada banyak model dashcam di pasaran dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah, Anda bisa memilihnya sesuai selera dan budget.

8. APAR

APAR

APAR sekarang jadi fitur keselamatan standar

Sebagaimana disinggung di depan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan adalah alat penunjang keselamatan kendaraan. Ukurannya mini tidak memakan banyak ruangan kabin.

Alat ini menjadi fitur keselamatan standar pada mobil-mobil keluaran terbaru, namun belum ada pada mobil-mobil lama atau mobil baru tipe terendah. By the way, Anda bisa membelinya sendiri di toko aksesoris mobil, toko perlengkapan pemadam kebakaran, atau di berbagai toko online. Harganya mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

9. Karpet

  Karpet

Karpet mobil melindungi mobil dari kotoran alas kaki

Karpet mobil juga sangat penting dipasang. Fungsinya menambah menjaga kebersihan kabin dari kotoran alas kaki atau kotoran lain seperti remah makanan. Karpet juga meningkatkan estetika interior, lebih elok dibanding tanpa karpet.

Secara default karpet tidak masuk dalam paket pembelian mobil. Tapi sebagian besar dealer menjadikannya sebagai bonus sehingga pembeli tidak perlu membelinya lagi. Kalaupun tidak jadi bonus, aksesoris ini bisa dibeli sendiri di toko aksesoris mobil atau toko online. Harganya bervariasi mulai 500 ribuan hingga jutaan rupiah menyesuaikan kualitas dan bahan.

10. Talang air

Talang air

Talang air pada mobil Mitsubishi Xpander

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trick mobil terbaru lainnya di Otomurah

Talang air dipasang di atas pintu mobil. Gunanya sangat besar dari mempercantik penampilan, mencegah air hujan dari atap tidak langsung masuk kedalam mobil, hingga membantu sirkulasi udara dalam kabin.

Sebaiknya Anda pasang aksesoris mobil ini jika belum memiliki. Anda bisa mencari aksesoris originalnya sesuai merek mobil atau produk bikinan pihak ketiga. Harganya mulai 300 ribu hingga jutaan rupiah.

Selain 10 aksesoris mobil di atas, masih banyak aksesoris lain yang cukup bermanfaat. Seperti kotak perkakas, kunci stir, cover mobil, tongkat e-toll, USB charger, phone holder, GPS, portable vacuum cleaner, dongkrak roda, kotak P3K, senter, layar monitor, pompa angin portable, bantal mobil, dan sarung jok mobil.

 

 

FAQ umum

1. Aksesoris mobil yang lagi trend?

Aksesoris mobil yang lagi trend adalah air purifier atau pembersih udara dalam kabin

2. Apa saja aksesoris mobil?

Jenis aksesoris mobil antara lain aksesoris untuk keselamatan, untuk kenyamanan, untuk kebersihan, dan untuk mempercantik penampilan

3. Aksesoris yang harus ada di mobil?

Tempat sampah, car organizer, USB charger, P3K

4. Aksesoris mobil yang wajib ada?

Aksesoris mobil yang wajib ada yaitu APAR dan P3K

5. Aksesoris interior mobil yang penting?

Aksesoris mobil yang penting adalah yang meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara